Jadi WNI, Karier Jay Idzes di Serie B Terancam?

Ada aturan FIGC yang bisa membuat Jay cabut dari Venezia

Jakarta, IDN Times - Bek Venezia FC, Jay Idzes, baru saja menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI), Kamis (28/12/2023). Namun, keputusannya menjadi WNI ternyata memiliki risiko besar terhadap kariernya bersama Venezia.

Itu karena Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) punya aturan yang ketat soal pemain asing, khususnya di divisi kedua ke bawahnya. Serie B dan Serie C dilarang keras merekrut pemain non-Uni Eropa.

1. Bagaimana nasib Jay Idzes?

Jadi WNI, Karier Jay Idzes di Serie B Terancam?Jay Idzes usai resmi menjadi WNI, Kamis (28/12/2023). (IDN Times/Tino).

Pada 2002 lalu, UEFA merilis aturan FIGC yang melarang klub Serie B dan Serie C untuk merekrut pemain non-UE. Aturan ini mulai berlaku sejak musim 2003/04.

Jay bisa diboyong Venezia dari Go Ahead Eagles pada Juli 2023 lalu karena Belanda bagian dari Uni Eropa. Bek 23 tahun itu menandatangani kontrak empat musim, hingga 2027 mendatang.

Nah, karena Jay kini berstatus WNI yang bukan bagian dari Uni Eropa pun membuat tempatnya di Serie B terancam. Tak diketahui apakah kontraknya yang masih berlangsung hingga 2027 itu bisa membuatnya selamat dari aturan tersebut. IDN Times sudah mengonfirmasi Venezia lewat surat elektronik, namun belum ada jawaban terkait nasib Jay.

"FIGC menerapkan larangan total terhadap pemain non-Uni Eropa yang memasuki Serie B dan Serie C, yang juga berlaku sejak awal musim 2003/04," bunyi laporan di laman resmi UEFA.

Baca Juga: Lini Belakang Timnas Indonesia Sesak, Jay Idzes Santai

2. Apa alasan aturan itu dibuat?

Jadi WNI, Karier Jay Idzes di Serie B Terancam?legaseriea.it

FIGC memperketat aturan legiun asing di semua kompetisi untuk mendongkrak kualitas pemain lokal. Aturan ini juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas Timnas Italia.

Pembatasan ini tak lepas dari menurunnya prestasi Italia di level internasional. Pemain lokal kalah bersaing, karena klub mengandalkan pemain asing di sektor vital.

3. Venezia punya pemain dari non-Uni Eropa musim ini

Jadi WNI, Karier Jay Idzes di Serie B Terancam?Venezia terdegradasi dari Serie A 2021/2022. (football-italia.net)

Uniknya, di tengah aturan tersebut, Venezia ternyata tetap diperkuat oleh sejumlah pemain yang berasal dari non-Uni Eropa. Menilik Transfermarkt, ada lima pemain non-Uni Eropa yangg bermain secara reguler di Venezia musim ini.

Mereka adalah Tanner Tessmann (Amerika Serikat) dan Maximilian Ullmann (Austria). Tiga pemain non-Uni Eropa lainnya berasal dari Islandia, yakni Hilmir Rafn Mikaelsson, Bjarki Bjarkason, serta Mikael Egill Ellertsson.

Menarik untuk ditelusuri bagaimana nasib Jay Idzes di Venezia setelah resmi menjadi WNI. Bertahan atau tersingkir karena pembatasan pemain non-Uni Eropa?

Baca Juga: Senyum Jay Idzes Usai Sah Jadi Amunisi Baru Timnas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya