Jepang Bantai Thailand, Timnas Masih Mau Sesumbar?

Jepang tunjukkan levelnya sebagai Raja Asia

Jakarta, IDN Times - Jepang berhasil menggilas Thailand dengan skor 5-0 dalam laga uji coba di Japan National Stadium, Tokyo, Senin (1/1/2024). Thailand dibuat tak berkutik dengan permainan agresif Samurai Biru.

Hasil ini bak peringatan buat para pesaingnya di Grup D Piala Asia 2023, pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Khususnya, Indonesia dan Vietnam yang berstatus wakil Asia Tenggara.

1. Belum komplet, tapi bisa bantai Thailand

Jepang Bantai Thailand, Timnas Masih Mau Sesumbar?Wataru Endo (liverpoolfc.com)

Gol-gol kemenangan Jepang lahir dari Ao Tanaka (50'), Keito Nakamura (72'), Takumu Kawamura (82') dan Takumi Minamino (90+2'). Tak hanya permainan terbuka, skema bola mati Jepang juga berbahaya yang memaksa Elias Dolah mencetak gol bunuh diri menit 74.

Tim besutan Hajime Moriyasu sebenarnya belum berlaga dengan kekuatan penuh karena sederet pemain bintangnya di Eropa seperti Wataru Endo hingga Takefusa Kubo belum bergabung. Namun, dengan skuad yang ada, Jepang tetap garang.

Baca Juga: Mimpi Tinggi 2 Pemain Timnas Kalahkan Jepang dan Irak di Piala Asia

2. Ada pelajaran berharga yang bisa dipetik Timnas

Jepang Bantai Thailand, Timnas Masih Mau Sesumbar?Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 (Instagram.com/japanfootballassociation)

Hasil ini sebenarnya jadi pelajaran buat Timnas Indonesia. Itu karena Thailand berhasil membuat lini depan yang digalang Ritsu Doan dan kolega frustrasi, setidaknya hingga jeda turun minum.

Permainan agresif dan tekanan tinggi yang dilancarkan Jepang memang berhasil memaksa Thailand untuk bertahan cukup dalam. Namun, hingga babak pertama rampung, Jepang belum bisa memecahkan kebuntuan.

Pertahanan Thailand akhirnya runtuh saat paruh kedua baru berjalan lima menit. Ao Tanaka berhasil membuka keran gol, sekaligus menjadi awal dari petaka buat Gajah Perang.

Kegagalan mengantisipasi kombinasi umpan cepat dan pergerakan tanpa bola yang diterapkan Jepang menjadi awal mula kehancuran Thailand. Timnas pun wajib fokus andai tak ingin menjadi korban di fase grup Piala Asia nanti.

3. Masih mau sesumbar, Timnas?

Jepang Bantai Thailand, Timnas Masih Mau Sesumbar?Potret latihan Timnas Indonesia di Turki. (pssi.org).

Sebelum Thailand dibantai Jepang, Timnas sesumbar bisa memberi kejutan di Piala Asia. Bukan tak mungkin, menurut Ivar Jenner, Pasukan Garuda mampu membungkam dua raksasa Asia, Jepang dan Irak.

"Kami punya tim kuat dan bagus. Saya pikir, kami bisa mengalahkan mereka. Jadi, itu juga yang membuat saya bersemangat. Jadi, kita lihat saja nanti!" ujar Ivar.

Baca Juga: Waduh, Pelatih Sandy Walsh Doakan Timnas Gagal di Piala Asia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya