Mimpi Tinggi 2 Pemain Timnas Kalahkan Jepang dan Irak di Piala Asia

Optimistis kalahkan semua lawan di Grup D

Jakarta, IDN Times - Optimisme tinggi dikobarkan oleh dua pemain naturalisasi di Timnas Indonesia, Rafael Struick dan Ivar Jenner, jelang Piala Asia 2023. Mereka merasa yakin Timnas bisa bersaing di Grup D yang diisi oleh dua raksasa Asia, Jepang dan Irak.

Bagi Rafael, peluang Timnas buat melaju ke fase gugur memang cukup berat. Jepang dan Irak sudah tentu jadi favorit, apalagi ada seteru abadi Indonesia, Vietnam, di grup yang sama. Tapi, fakta itu tak bikin nyali Rafael ciut.

"Lawan kami memang kuat. Tapi, kami juga memiliki tim yang kuat dan bagus. Jadi, saya kira kami punya peluang. Semoga bisa lolos hingga fase gugur lebih dahulu," ujar Rafael Struick dilansir laman resmi PSSI.

1. Wajib kerja keras untuk sempurnakan diri

Mimpi Tinggi 2 Pemain Timnas Kalahkan Jepang dan Irak di Piala AsiaPotret Rafael Struick dalam TC Timnas Indonesia di Turki. (pssi.org).

Rafael merasa Timnas harus bekerja lebih keras selama pemusatan latihan (TC) di Turki. Sebab, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pasukan Garuda.

Tim pelatih Timnas sudah menilai jika fisik para pemain loyo. Solusinya adalah memperkuat otot-otot kecil, meski hasilnya tak akan terlalu maksimal. Sementara, secara performa, Timnas sedang dilanda tren negatif karena gak bisa menang dalam dua laga terakhir, kalah dari Irak dengan skor telak 1-5 dan imbang saat jumpa Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, November 2023 lalu.

"Jika kami bekerja keras, peluang lolos ke babak 16 besar bisa diraih," ujar Rafael.

Baca Juga: Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia Baru Komplet Tahun Depan

2. Mimpi ketinggian kalahkan Jepang dan Irak

Mimpi Tinggi 2 Pemain Timnas Kalahkan Jepang dan Irak di Piala AsiaRafael Struick dan Ivar Jenner. (IDN Times/Sandy)

Sementara, Ivar merasa Timnas bisa saja memberi kejutan. Bukan tak mungkin, menurut gelandang 19 tahun itu, dua raksasa Asia, Jepang dan Irak, bisa dikalahkan oleh Timnas.

"Saya pikir, kami bisa mengalahkan mereka. Jadi, itu juga yang membuat saya bersemangat. Jadi, kita lihat saja nanti!" ujar Ivar.

3. Rafael dan Ivar telat gabung

Mimpi Tinggi 2 Pemain Timnas Kalahkan Jepang dan Irak di Piala AsiaPotret Ivar Jenner dalam TC Timnas Indonesia di Turki. (pssi.org).

Rafael dan Ivar sebenarnya telat bergabung dalam TC di Turki. Keduanya baru menyusul Marc Klok dan kawan-kawan pada Kamis (28/12/2023) lalu.

Kedua pemain tersebut pun menyatakan kalau kondisinya siap tempur untuk Piala Asia. Khusus untuk Ivar, ajang yang dihelat pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang menjadi titik baliknya usai mengalami cedera yang cukup parah.

"Kondisi saya semakin membaik. Namun,  saya belum bermain lagi selama cedera. Jadi, sekarang saya bisa bermain. Laga comeback nanti bersama Timnas, jadi saya sangat senang," kata Ivar.

Baca Juga: Waduh, Pelatih Sandy Walsh Doakan Timnas Gagal di Piala Asia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya