Mac Allister Terancam Sanksi Gegara Sindir Wasit di Medsos

Niat bercanda, bisa berujung sanksi

Jakarta, IDN Times - Bintang Liverpool, Alexis Mac Allister, terancam sanksi dari Federasi Sepak bola Inggris (FA). Itu setelah Mac Allister menyindir wasit di media sosial usai laga Tottenham Hotspur kontra Liverpool di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (30/9/2023).

Memang, dalam duel itu kepemimpinan wasit Simon Hooper jadi sorotan. Sejumlah keputusannya dianggap kontroversial bahkan berujung pada permintaan maaf dari Asosiasi Perangkat Pertandingan Inggris (PGMOL) kepada Liverpool.

Mereka mengakui ada kesalahan fatal dari perangkat pertandingan, ketika gol Luis Diaz yang seharusnya sah, malah dianulir. Dari fakta inilah, Mac Allister bersuara di media sosial.

1. Gak ragu sindir wasit di akun temannya

Mac Allister Terancam Sanksi Gegara Sindir Wasit di MedsosAlexis Mac Allister (liverpoolfc.com)

Sindiran itu dilontarkan Mac Allister saat mengomentari unggahan pemain Spurs, Cristian Romero, di akun instagram usai menang atas Liverpool. Sebenarnya, komentar Mac Allister nyeleneh dan terkesan bercanda. Namun, komentarnya malah dianggap menyudutkan wasit.

"Tim ini punya semangat dan hati yang luar biasa. Semoga selalu begini, semuanya kompak," tulis Romero.

"Wajar, mainnya 12 orang sih," timpal Allister di kolom komentar.

Baca Juga: Liverpool Kecam PGMOL dalam Kontroversi VAR

2. Mac Allister langgar aturan

Mac Allister Terancam Sanksi Gegara Sindir Wasit di MedsosAlexis Mac Allister (Instagram.com/alemacallister)

Liverpool Echo melansir, sikap Mac Allister ternyata melanggar aturan, meski niatnya hanya untuk bergurau. Dalam aturan FA yang baru diperkenalkan awal musim ini, pemain tidak boleh mempertanyakan kredibilitas wasit dalam sebuah wawancara atau di media sosial.

FA tak melarang andai pemain mengkritisi kinerja wasit. Namun, kalau bentuknya bias dan bermaksud mengintimidasi, akan ada sanksi yang diberikan.

3. Memang separah apa wasit dalam laga Spurs vs Liverpool?

Mac Allister Terancam Sanksi Gegara Sindir Wasit di MedsosPotret duel Tottenham vs Liverpool, Sabtu (30/9/2023). (premierleague.com).

Wasit Simon Hooper memang membuat Liverpool geram. Manajer Liverpool, Juergen Klopp, menilai ada tiga kesalahan fatal dari wasit Simon Hooper dan kawan-kawan. Selain menganulir gol Diaz, Klopp merasa kartu merah Curtis Jones dan dua kartu kuning Diogo Jota tak layak.

"PGMOL akan melakukan peninjauan penuh terhadap situasi yang menyebabkan kesalahan tersebut. PGMOL akan mengontak Liverpool setelah pertandingan untuk mengakui kesalahan tersebut," begitu bunyi pernyataan PGMOL.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya