Liverpool Kecam PGMOL dalam Kontroversi VAR

Kesalahan manusia bukan jadi alasan

Jakarta, IDN Times - Liverpool akhirnya buka suara soal kontroversi yang terjadi dalam duel kontra Tottenham Hotspur, Sabtu (30/9/2023). Mereka tak terima ketika hasil yang muncul didasari atas alasan "kesalahan manusia".

Memang, Liverpool dirugikan kala jumpa Spurs. Gol Luis Diaz yang seharusnya sah, malah dianulir. Parahnya, gol dianulir ketika VAR mengonfirmasi adanya indikasi offside.

Belakangan, ternyata gol Diaz sah. Asosiasi Perangkat Pertandingan Inggris (PGMOL) juga sudah mengonfirmasi kalau ada kesalahan. PGMOL menyatakan hal tersebut terjadi karena kesalahan manusia. Alasan ini, ternyata tak diterima Liverpool.

"Ini menjadi vital untuk keandalan dalam mengambil keputusan yang diaplikasikan kepada semua klub agar terjadi peningkatan proses, menghindari situasi serupa tak lagi terjadi," begitu pernyataan resmi Liverpool.

1. Berharap eskalasi mereda, solusi ditemukan

Liverpool Kecam PGMOL dalam Kontroversi VARPotret duel Tottenham Hotspur vs Liverpool, Sabtu (30/9/2023). (premierleague.com).

Atas kasus ini, Liverpool akan mengeksplorasi opsi-opsi yang ada agar kasus serupa tak terulang. Mereka berharap kinerja perangkat pertandingan membaik, eskalasi mereda, serta resolusi atas masalah ini ter.

"Kami akan mengeksplorasi opsi yang tersedia, demi meredakan eskalasi dan menemukan resolusi," lanjut Liverpool.

Baca Juga: Klopp Ngamuk Usai Liverpool Kalah dalam Laga Kontroversial

2. Klopp ngamuk

Liverpool Kecam PGMOL dalam Kontroversi VARManajer Liverpool, Juergen Klopp (Instagram @liverpoolfc)

Kontroversi VAR di laga Spurs versus Liverpool memang sudah membuat sejumlah pihak marah. Manajer Liverpool, Juergen Klopp, kesal karena kinerja wasit Simon Hooper yang buruk diperparah lewat performa perangkat VAR.

Menurut Klopp, ada tiga kesalahan yang dibuat para perangkat pertandingan dalam duel melawan Spurs. Kartu merah Curtis Jones, dua kartu kuning Diogo Jota, serta gol Diaz yang dianulir, menurut Klopp, jadi bukti bobroknya performa perangkat laga saat itu.

"Gol dibilang offside. Itu bukan offside kalau kita lihat lagi. Mereka gambar garis yang salah," sindir Klopp.

3. Postecoglou juga sebut VAR gak becus

Liverpool Kecam PGMOL dalam Kontroversi VARAnge Postecoglou (Twitter.com/SpursOfficial)

Masalah VAR di laga Spurs versus Liverpool juga disorot oleh Ange Postecoglou. Berstatus sebagai manajer Spurs, Postecoglou sepakat dengan Klopp. VAR, disebutnya, bukan berarti menihilkan potensi kesalahan wasit atau perangkat pertandingan.

"Saya orang yang bicara bukan fans dari teknologi ini sejak lama. Buat alasan lain, memang kompleks dalam setiap laga. Tapi, saya bisa melihat alasan kenapa teknologi macam ini hadir," ujar Postecoglou dilansir Football London.

Baca Juga: Liverpool Apes, PGMOL Akui Gol Luis Diaz Harusnya Sah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya