Misi PSSI dan FAS Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia U-20 2025

Indonesia dan Singapura akan bersinergi

Jakarta, IDN Times - PSSI dan federasi sepak bola Singapura (FAS) akan bersinergi untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia U-20 2025. Dokumen komitmennya pun telah ditandatangani kedua belah pihak, Senin (4/12/2023).

Komitmen yang tengah dijajaki telah terkonfirmasi dalam laman resmi FAS. Tak hanya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Indonesia dan Singapura akan bersinergi menggelar Piala Dunia U-17 pada edisi yang akan datang.

"FAS telah menandatanganiuntuk membahas dan mempertimbangkan untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia U-20 atau U-17 dengan PSSI mulai 2025 dan seterusnya," bunyi pernyataan FAS.

1. PSSI dan FAS berniat ajukan diri ke FIFA

Misi PSSI dan FAS Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia U-20 2025Logo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Terkait menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia U-20 dan U-17, komitmen yang dibangun PSSI dan FAS masih bersifat penjajakan. Pembahasan lebih lanjut akan digelar kedua belah pihak sebelum mengajukan diri ke FIFA.

"Dokumen ini telah disampaikan kepada FIFA. Letter of intent ini masih bersifat penjajakan pada tahap ini dan tawaran tersebut, jika ada, perlu dikembangkan lebih lanjut dengan FIFA, PSSI, dan untuk mencapai konsensus dengan lembaga-lembaga di Singapura," bunyi pernyataan FAS.

Baca Juga: Usai Piala Dunia U-17, FIFA Tawari Indonesia Ajang Besar Lain

2. Jokowi sudah berikan restu

Misi PSSI dan FAS Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia U-20 2025Presiden RI, Jokowi dan Presiden FIFA, Gianni Infantino. (Dok. PSSI).

Rencana ini ternyata sudah sampai di telinga Presiden RI, Joko 'Jokowi' Widodo. Pria kelahiran Solo itu telah memberikan restu dan langsung memerintahkan Kemenpora hingga PSSI menyiapkan segalanya untuk bisa jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di 2025 dan Piala Dunia U-17 untuk 2025-2029, dan bidding bersama-sama dengan Singapura," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/12/2023).

3. Indonesia punya modal positif

Misi PSSI dan FAS Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia U-20 2025Presiden Jokowi berkunjung ke Kantor FIFA. (Dok. PSSI).

Jokowi menambahkan, Indonesia punya modal positif menggelar Piala Dunia U-20 yang sempat batal digelar di Palembang, Bandung, Jakarta, Solo, Surabaya dan Bali pada Mei 2023 lalu. Itu karena FIFA terkesan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia yang baru rampung 2 Desember 2023.

"Alhamdulillah pada 2 Desember lalu telah selesai diadakan Piala Dunia U-17. Telah sukses dan penyelenggaraan sangat baik dan ini diapresiasi oleh FIFA sebagai salah satu penyelenggaraan terbaik," ujar Jokowi.

Baca Juga: Piala Dunia U-17 2023 Sukses, Jokowi Bidik Piala Dunia U-20

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya