Peringkat Timnas Indonesia Turun Usai Limbung di 2 Laga Terakhir

Untung cuma turun satu peringkat

Jakarta, IDN Times - Laju kurang apik Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia langsung berdampak di peringkat FIFA. Setelah beberapa periode mengalami kenaikan, peringkat Pasukan Garuda turun.

Hasil itu tak lepas usai Sandy Walsh dan kawan-kawan digasak Irak 1-5 dan ditahan imbang Filipina dengan skor 1-1 pada pertengahan November 2023. Poin Indonesia pun berkurang 5,81 angka.

Baca Juga: Timnas U-23 Masuk Grup Berat di Piala Asia U-23 2024

1. Turun satu peringkat

Peringkat Timnas Indonesia Turun Usai Limbung di 2 Laga TerakhirTimnas Indonesia lawan Filipina. (Dok. PSSI)

Beruntung, limbungnya tim asuhan Shin Tae Yong di Kualifikasi Piala Dunia tak berdampak signifikan. Pengurangan poin itu hanya membuat Indonesia turun satu peringkat, dari urutan 145 ke posisi 146.

Sedangkan, Irak berhasil naik lima tingkat, ke peringkat 63. Filipina yang sempat dikalahkan Vietnam sebelum ditahan Indonesia juga turun dua peringkat, ke urutan 140.

Baca Juga: Shin Tae Yong Kesal Main di Filipina: Benahi Lapangan!

2. Mampukah Indonesia dulang banyak poin di Piala Asia?

Peringkat Timnas Indonesia Turun Usai Limbung di 2 Laga TerakhirTimnas Indonesia menghadapi Irak. (Dok. PSSI)

Piala Asia 2023 pada Januari-Februari 2024, bisa jadi momentum untuk Pasukan Garuda mengatrol peringkat. Sebab, mereka akan menghadapi Jepang, Irak dan Vietnam yang peringkatnya jauh di atas Pasukan Garuda.

Kemenangan atau hasil imbang bisa membantu Marc Klok dan kawan-kawan meraup banyak poin. Namun, misi ini akan sulit.

Baca Juga: Kesalahan Sistematis yang Harus Diperbaiki Timnas Indonesia

3. Janji Timnas Indonesia

Peringkat Timnas Indonesia Turun Usai Limbung di 2 Laga TerakhirShayne Pattynama dalam jumpa pers usai dikalahkan Irak 1-5, Kamis (16/11/2023). (Dok. PSSI).

Demi bersaing di Piala Asia, bek Timnas Indonesia, Shayne Pattynama mengajak rekan-rekannya untuk meningkatkan level permainannya. Hal itu dibutuhkan agar tak menjadi bulan-bulanan Irak dan Jepang.

"Kami harus menampilkan performa yang lebih baik dan percaya diri. Sebab, kami adalah yang tim bagus," kata Shayne Pattynama beberapa waktu lalu.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya