Premier League Kampanyekan Boot Out Piracy, Ingatkan Dampak Bahayanya

Yuk, jangan nonton Premier League lewat situs ilegal!

Jakarta, IDN Times - Premier League tak bosan-bosannya mengkampanyekan Boot Out Piracy. Mereka terus mengingatkan pecinta sepak bola di dunia, soal berbahayanya streaming ilegal.

Kali ini, Premier League menggandeng sederet bintang, seperti Casemiro (Manchester United), Diogo Jota (Liverpool), Julio Enciso (Brighton and Hove Albion), Abdoulaye Doucoure (Everton), dan Taiwo Awoniyi (Nottingham Forest).

Kelima pemain tersebut menjadi ujung tombak dalam kampanye memerangi konten bajakan. Untuk di Indonesia, penggemar Premier League bisa menikmatinya secara legal di Vidio.

1. Bahayanya nonton dari situs ilegal

Premier League Kampanyekan Boot Out Piracy, Ingatkan Dampak BahayanyaSelebrasi pemain Liverpool usai membobol gawang Fulham, Minggu (3/12/2023). (premierleague.com).

Premier League menegaskan kalau mengakses pertandingan mereka via streaming ilegal rentan terhadap ancaman serangan siber. Termasuk malware dan ransomware yang amat berbahaya.

Itu bisa menimbulkan bahaya penipuan dan pencurian data yang merugikan secara finansial.

Pada Juni 2023 lalu, Digital Citizens Alliance sempat merilis laporan berjudul Giving Piracy Operators Credit. Terdapat 44 persen pengguna pernah mengalami kasus pencurian identitas, karena menonton Premier League lewat situs ilegal.

Baca Juga: The Big 6 Premier League Mundur dari European Super League

2. Antivirus pun tak bisa menolong

Premier League Kampanyekan Boot Out Piracy, Ingatkan Dampak BahayanyaGol Salto Alejandro Garnacho (www.instagram.com/premierleague)

Memang ada perangkat lunak yang bisa mencegah pengguna dari serangan siber, yakni antivirus. Namun, efektivitasnya masih minim dan tidak menjamin 100 persen.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Profesor Paul Waltters, seorang konsultan dan peneliti keamanan siber terkemuka di internasional.

"Meskipun perangkat lunak antivirus dapat membantu konsumen, namun perangkat lunak ini tidak mampu mengimbangi banyaknya varian malware yang muncul setiap harinya," kata Paul Waltters.

"Obat terbaik adalah pencegahan, hindari situs-situs yang menyimpan dan mendistribusikan malware," ucapnya," imbuhnya.

Baca Juga: 5 Pertemuan Terakhir Liverpool dan Manchester United di Premier League

3. Ayo Indonesia, jangan mental bajakan!

Premier League Kampanyekan Boot Out Piracy, Ingatkan Dampak BahayanyaErling Haaland dan pemain Manchester City saat melakukan selebrasi gol dalam duel laga pertama melawan Bunley yang berakhir dengan skor 0-3. (Twitter/@ManCity)

Karena penggemar sepak bola Inggris di Indonesia begitu besar, Kevin Plumb selaku Penasihat Umum Premier League mengajak menjaga kesadaran bersama akan bahaya serangan siber. Terkait kampanye ini, Vidio pun mengapresiasi tinggi yang dilakukan Premier League.

"Tindakan pelaku pembajakan konten tersebut menghalangi berkembangnya industri ekonomi kreatif dan ekonomi digital di Indonesia. Vidio juga hendak mengimbau masyarakat untuk melaporkan segala bentuk upaya pembajakan dan pelanggaran hak intelektual milik Vidio, dengan mengirimkan laporan ke piracy@vidio.com," kata Gina Golda.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya