Ragnar Oratmangoen, Calon Pemain Naturalisasi yang Lagi Mandek Gol

Ragnar Oratmangoen segera bela Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia segera memiliki penyerang naturalisasi anyar. Pemain keturunan Belanda, Ragnar Oratmangoen menjadi pilihan Shin Tae Yong untuk memberikan warna baru di lini depan skuad Garuda.

Memang, Ragnar bukan sosok baru dalam proyek naturalisasi juru taktik asal Korea Selatan tersebut. Namanya sudah masuk radar sejak akhir 2021.

Ragnar sebelumnya diproyeksikan menyandang status WNI bareng Jordi Amat dan Sandy Walsh. Hanya saja, proses naturalisasi pemain kelahiran Oss itu mandek hingga batal mengambil sumpah kewarganegaraan bareng Jordi dan Sandy.

Baca Juga: 10 Fakta Ragnar Oratmangoen, Calon Pemain Naturalisasi Berdarah Maluku

1. Ragnar Oratmangoen berdarah Maluku

Ragnar Oratmangoen, Calon Pemain Naturalisasi yang Lagi Mandek GolRagnar Oratmangoen (instagram.com/0ratmangoen)

Ragnar lahir di Oss, Belanda pada 21 Januari 1998. Pemain 25 tahun itu memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Tanimbar, Maluku.

Bakat Ragnar ditemukan akademi NEC Nijmegen pada 2013, saat berusia 15 tahun. Selang lima tahun kemudian, Ragnar berhasil menembus tim utama NEC Nijmegen, tetapi langsung dipinjamkan ke TOP Oss.

Setelah dipinjamkan semusim, Ragnar dilepas ke SC Cambuur secara gratis pada 2019. Performanya yang apik membuat Go Ahead Eagles memboyongnya dua tahun kemudian, tepatnya musim 2021/22.

Baca Juga: Viking FK, Klub yang Diperkuat Shayne Pattynama

2. Ragnar debut di Eredivisie pada 2021

Ragnar Oratmangoen, Calon Pemain Naturalisasi yang Lagi Mandek GolRagnar Oratmangoen (instagram.com/0ratmangoen)

Saga transfer tersebut membantu Ragnar mengukir debutnya di kasta tertinggi Belanda, Eredivisie. Namun, Ragnar hanya bertahan semusim usai dilepas Go Ahead Eagles ke FC Groningen di akhir musim.

Kini, Ragnar berseragam Fortuna Sittard dengan status pinjaman dari Groningen hingga akhir musim 2023/24 dengan opsi permanen di akhir musim.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Borong 2 Gol, FC Groningen Terkesima

3. Ragnar lagi mandek gol

Ragnar Oratmangoen, Calon Pemain Naturalisasi yang Lagi Mandek GolRagnar Oratmangoen (instagram.com/0ratmangoen)

Performa Ragnar memang merosot dalam tiga musim terakhir yang membuatnya gagal bersaing mendapatkan tempat utama. Pun, Ragnar belum mampu mencetak gol di Eredivisie sejak mengukir debut pada musim 2021/22.

Menilik laman Transfermarkt, Ragnar merupakan pemain yang serba bisa. Dia bisa bermain di berbagai posisi, yakni sayap kiri, playmaker, dan gelandang tengah.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya