Comscore Tracker

Sesumbar Shin Tae Yong: Timnas Butuh Lawan yang Lebih Kuat

Demi dongkrak kualitas Pasukan Garuda

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia sukses membungkam Curacao secara back to back. Dengan kemenangan ini, pelatih Indonesia, Shin Tae Yong, merasa lebih percaya diri dan yakin anak-anak asuhnya butuh tantangan lebih berat.

Shin berharap Indonesia bisa mendapatkan lawan yang lebih tangguh dan peringkatnya tinggi. Sebab, bagi Shin, kemenangan atas Curacao dengan agregat 5-3 dalam dua pertemuan yang digelar 24 dan 27 September 2022, sudah cukup menjadi bukti kalau Indonesia mengalami peningkatan kualitas.

1. Agar makin berkembang pesat

Sesumbar Shin Tae Yong: Timnas Butuh Lawan yang Lebih KuatEgy Maulana Vikri (kiri) sedang berduel dengan pemain Curacao. Dalam laga uji coba FIFA Matchday ini, Timnas Indonesia menang 2-1 dalam duel yang digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Shin merasa Indonesia butuh lawan yang lebih berat dari Curacao agar kemampuan para pemainnya kian terasah. Pengalaman para pemain Indonesia, saat menghadapi lawan yang lebih tangguh, pastinya akan semakin kaya.

Dengan begitu, kualitas teknik Rachmat Irianto dan kawan-kawan akan terdongkrak. Selain itu, mereka juga bisa ditempa mentalnya, karena akan mendapat tekanan tinggi dari lawan yang tangguh.

"Saya memang mau lawan negara yang peringkatnya lebih tinggi, agar lebih kuat," kata Shin di Stadion Pakansari, Selasa malam WIB (27/9/2022).

Baca Juga: Pentolan Jakmania dan Viking Mesra Nonton Timnas: Bawa Pesan Damai

2. Level Indonesia sudah naik

Sesumbar Shin Tae Yong: Timnas Butuh Lawan yang Lebih KuatPara penggawa Timnas Indonesia berfoto bersama official di belakang para pendukung usai sukses mengalahkan Curacao dalam laga FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Shin merasa memang sudah waktunya Indonesia dapat lawan yang lebih tangguh. Sebab, dia melihat kalau kualitas para pemainnya sudah mulai meningkat, terutama sejak kalah dari Thailand di final Piala AFF 2020, akhir 2021 lalu.

Sejak Januari 2022 hingga sekarang, Indonesia cuma kalah sekali. Itu terjadi kala berhadapan melawan Yordania di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Begitu lolos ke Piala Asia, kepercayaan diri pemain meningkat. Terima kasih kepada pemain, karena sudah bekerja keras. Saya bangga," kata Shin.

3. Shin punya trik jitu gugah kepercayaan diri pemain

Sesumbar Shin Tae Yong: Timnas Butuh Lawan yang Lebih KuatTimnas Indonesia saat kalahkan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Salah satu anak asuh Shin, Rachmat Irianto, mengakui kalau kepercayaan diri Indonesia memang sedang meningkat. Rian (sapaannya) merasa kepercayaan diri para pemain Indonesia bisa terjaga karena kepiawaian Shin dalam menangani situasi di ruang ganti.

"Coach Shin minta kami untuk berani main bola pendek, lalu lebih percaya diri meski menghadapi tim yang memiliki peringkat FIFA lebih tinggi," kata Rian.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Sikat Curacao

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya