Shin Tae Yong Minta Justin Hubner dan Ivar Jenner Segera Diproses WNI

Proyeksi Shin Tae Yong untuk Piala Dunia U-20

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong, dipastikan mendapatkan dua amunisi keturunan Eropa. Dia sudah meminta PSSI agar segera memproses perpindahan kewarganegaraan dua pemain menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Kedua pemain itu adalah Justin Hubner, bek milik Wolverhampton Wanderers U-21, dan Ivar Jenner, gelandang Utrecht U-21. Pengalaman mereka di Eropa bisa menguatkan Timnas U-20 di Piala Dunia U-2023.

"PSSI akan melanjutkan proses berikutnya, Shin Tae Yong juga sudah mengirim surat resmi ke federasi buat urus kedua pemain ini," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, kepada IDN Times, Minggu (23/10/2022).

Baca Juga: Justin Hubner dan Ivar Jenner Tiba di Indonesia, Segera Jadi WNI?

1. Fokus selesaikan proses administrasi

Shin Tae Yong Minta Justin Hubner dan Ivar Jenner Segera Diproses WNIJustin Hubner Saat Diresmikan Klub Wolverhampton Wanderes ( www.wolves.co.uk )

Hubner dan Ivar kini sudah berada di Indonesia sejak Minggu (23/10/2022) siang. Kedatangan mereka diumumkan melalui Twitter PSSI.

Maksud kedatangan Hubner dan Ivar adalah untuk menjalani proses administrasi demi menjadi WNI. Namun, Indra belum bisa memastikan kapan mereka bisa memakai jersi Garuda.

"Fokus dulu masalah administrasi buat memenuhi aturan perpindahan kewarganegaraan mereka. Kalau proses semua harus sabar menunggu karena ada undang-undang yang mengatur, dan itu harus dipatuhi," kata mantan pelatih Timnas U-19 tersebut.

2. Kualitasnya sudah dipantau

Shin Tae Yong Minta Justin Hubner dan Ivar Jenner Segera Diproses WNIinstagram/justinhubner5

Pada akhir September 2022, Indra sudah terbang ke Belanda untuk memantau kualitas dua pemain tersebut. Dia ditugaskan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, untuk membantu Shin.

Dari hasil pantauannya, sebenarnya ada empat nama yang direkomendasikan pria berusia 59 tahun tersebut kepada Shin. Namun, arsitek asal Korea Selatan itu kepincut dengan Hubner dan Ivar.

"Saya ke Belanda memastikan kualitas mereka, dan memastikan bahwa benar-benar keturunan Indonesia. Tapi keputusan terakhir ada di tangan STY," ujar Indra.

Baca Juga: Diabaikan Indonesia, Justin Hubner Dipanggil Timnas U-19 Belanda

3. Prosesnya bisa berjalan cepat

Shin Tae Yong Minta Justin Hubner dan Ivar Jenner Segera Diproses WNIIvar Jenner saat membela Jong Utrecht (instagram.com/ivarjnr)

Hubner dan Ivar bakal divalidasi garis keturunannya oleh kementerian yang berwenang. Jika memang benar ada keturunan Indonesia, mereka tak butuh waktu lama untuk berseragam timnas.

Sebab, kedua pemain ini tinggal memilih kewarganegaraan lantaran usianya belum melebihi 19 tahun. Maka itu, proses membela Timnas Indonesia tak sesulit Jordi Amat dan Sandy Walsh yang naturalisasinya masih menggantung.

"Keturunan mereka akan dicek ulang oleh yang berwenang. Saat ini, fokus dulu menyelesaikan masalah administrasi," kata Indra.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya