Sikat Ekuador, Brasil Tembus Perempat Final Piala Dunia U-17

Brasil sempat kewalahan bongkar pertahanan Ekuador

Jakarta, IDN Times - Brasil melaju ke perempat final Piala Dunia U-17 2023. Kepastian itu didapat usai menggilas Ekuador dengan skor 3-1 di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023).

Brasil dan Ekuador sejatinya berduel ketat sejak peluit kick-off dibunyikan. Namun, serangan yang lancarkan Tim Samba lebih efektif.

Hasilnya, tim asuhan Phelipe Leal mampu memecahkan kebuntuan saat duel baru berusia 14 menit. Estevao Willian mampu mencatatkan namanya di papan skor usai meneruskan umpan dari Kaua Elias.

Gol tersebut memaksa Ekuador untuk tampil lebih agresif. Intensitasnya meninggi dan serangan yang dibangun lebih efektif.

Ekuador beberapa kali nyaris menggetarkan jala Brasil. Tapi, barisan pertahanan La Tri juga terus mendapatkan teror dari Rayan Khalid dan kawan-kawan.

Upaya Ekuador akhirnya berbuah manis di menit 45+4. Gol Michael Bermudez membuat duel menjadi 1-1 hingga jeda.

Brasil bermain lebih sabar pada awal paruh kedua. Mereka disiplin dalam memberikan tekanan kepada Ekuador dan mampu menguasai bola dengan kuat.

Pun, ketika membangun serangan, Brasil selalu klinis. Willian benar-benar menjadi momok bagi lini belakang Ekuador. Namun, Brasil kesulitan membongkar soliditas tim asuhan Martinez Carrera.

Tembok kokoh Ekuador akhirnya runtuh di menit 70. Willian kembali memaksa Loor Santamaria untuk kembali memungut bola dari sarangnya.

Ekuador yang fokusnya menurun kembali dihukum pada menit krusial. Kali ini, giliran Luighi Hanri Sousa Santos yang mencatatkan namanya di papan skor, menit 90. Skor 3-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Brasil masih menanti calon lawannya di perempat final. Calon lawan mereka adalah Argentina atau Venezuela yang bakal kick-off pada Selasa (21/11/2023).

Baca Juga: Pelatih Brasil U-17 Putuskan Belajar Bahasa Indonesia

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya