TC Timnas U-17 di Jerman Dipersingkat, Lakoni 6 Uji Coba

Hanya berguru di Jerman selama lima pekan

Jakarta, IDN Times - Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-17 di Jerman terpaksa dipersingkat. Tim asuhan Bima Sakti berguru ke Negara Industri selama lima minggu, sepekan lebih cepat dari rencana awal.

Rencananya, Garuda Muda bakal bertolak ke Jerman pada pertengahan September 2023. Jadwal keberangkatan pun belum bisa dipastikan hingga sekarang.

1. Gegara suhu di Jerman lebih dingin dari biasanya

TC Timnas U-17 di Jerman Dipersingkat, Lakoni 6 Uji CobaMenpora Dito Ariotedjo dan Ketum PSSI Erick Thohir menandatangani Perjanjian Kerjasama untuk Piala Dunia U-17, Selasa (12/9/2023). (IDN Times/Tino Satrio)

Alasan PSSI memangkas waktu TC Timnas U-17 karena suhu di Jerman sat ini lebih dingin dari biasanya. Mereka khawatir Garuda Muda justru kesulitan beradaptasi ketika kembali ke Indonesia.

"Suhu di Jerman cukup dingin, 19 derajat celsius. Makanya, mereka kembali lebih awal dari sebelumnya satu menjadi dua pekan sebelum Piala Dunia U-17. Jangan sampai pemain-pemain kita mengalami kendala karena perbedaan suhu," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Kemenpora, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: PSSI Terima Rp399,5 Miliar Demi Piala Dunia U-17 2023

2. Lakoni enam uji coba

TC Timnas U-17 di Jerman Dipersingkat, Lakoni 6 Uji CobaTimnas U-17lawan Korea Selatan U-17. (Dok. PSSI)

Erick menyampaikan lqbal Gwijangge dan kolega bakal melakoni enam uji coba. Namun, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu belum bisa menjelaskan calon lawan Timnas U-17.

"Bundesliga menyiapkan empat pertandingan dan ada dua dari tim nasional negara lain. Tapi, ini lebih baik diumumkan oleh Kepala BTN ya, karena dalam beberapa hari ke depan bisa saja ada perubahan," ujar Erick.

3. Timnas U-17 bakal cicipi fasilitas Dortmund dan Moenchengladbach

TC Timnas U-17 di Jerman Dipersingkat, Lakoni 6 Uji Cobapotret Signal Iduna Park (twitter.com/Bundesliga_EN)

Sebelumnya, manajer Timnas, Endri Erawan, sempat menyatakan dua kota di Jerman yang akan jadi lokasi TC Timnas U-17. Kedua kota itu adalah Dortmund dan Moenchengladbach.

"Kami akan TC di Moenchengladbach dan Dortmund. Awalnya, rencana tiga kota, selama enam pekan. Tapi, ternyata karena cuma lima pekan, jadi dua kota saja," kata Endri.

Baca Juga: Shin Kuliti Kekuatan Turkmenistan, Timnas U-23 Siap Menang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya