3 Pemain Akademi Benfica yang Membela Manchester City pada 2023/2024

Semua jadi penggawa penting Manchester City

Benfica merupakan salah satu tim raksasa yang ada di Portugal. Tim berjuluk As Aguias ini sering mendominasi berbagai kompetisi domestik dan tercatat sebanyak dua kali menjadi juara Liga Champions Eropa. Selain mentereng dari segi prestasi, mereka juga bisa mengelola akademi sepak bola dengan sangat baik. Ini membuat Benfica tidak pernah kekurangan talenta menjanjikan.

Banyak tim raksasa Eropa mengarahkan radarnya untuk memburu talenta berbakat jebolan Benfica. Manchester City menjadi salah satu yang sering mendatangkan pesepak bola lulusan As Aguias. Pada 2023/2024, ada tiga pemain The Citizen yang pernah menimba ilmu di akademi tim asal Portugal tersebut. Siapa saja mereka dan bagaimana kontribusinya sejauh ini? Mari simak tulisan di bawah ini!

1. Ederson Moraes jadi pilihan utama dalam mengawal pertahanan Manchester City

https://www.youtube.com/embed/nAOyfFeN9xA

Ederson Moraes adalah kiper yang gabung dengan Benfica setelah diboyong dari Sao Paulo pada musim dingin 2010. Tak langsung membela tim utama, dirinya harus mengasah kemampuan dengan tampil di berbagai kelompok umur bersama As Aguias. Bahkan, dia pernah dilepas secara gratis sehingga bertualang membela GD Ribeirao dan Rio Ave.

Kiper asal Brasil ini mampu menunjukkan performa yang menjanjikan sehingga Benfica memutuskan untuk membelinya lagi dari Rio Ave pada musim panas 2015. Ederson perlahan mampu menjadi pilihan utama dalam menjaga pertahanan tim asal Portugal tersebut. Dirinya bahkan ikut mempersembahkan berbagai gelar domestik untuk As Aguias.

Bertahan kurang lebih selama dua musim bersama skuad senior Benfica, Ederson Moraes memilih menerima pinangan dari Manchester City pada musim panas 2017. Kiper kelahiran Osasco ini langsung dipercaya oleh Pep Guardiola untuk jadi pilihan utama mengawal pertahanan The Citizens. Selain mempunyai refleks yang bagus, dirinya bisa membangun serangan dari lini belakang tim. Pesepak bola 30 tahun ini masih menyisakan kontrak sampai 2026 demi bertahan di Etihad Stadium.

Pada 2023/2024, posisi Ederson masih sulit tergeser dari skuad utama Manchester City. Dirinya sering dipasang sebagai starter dan tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Hingga minggu ke-8, dia telah bermain dalam 11 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 9 gol. Pesepak bola asal Brasil ini sukses jadi salah satu kunci kokohnya pertahanan The Citizens.

2. Bernardo Silva mendapat perpanjangan kontrak sampai 2026 bersama Manchester City

3 Pemain Akademi Benfica yang Membela Manchester City pada 2023/2024Bernardo Silva (instagram.com/mancity dan bernardocarvalhosilva)

Bernardo Silva merupakan gelandang serang yang sudah menimba ilmu di akademi sepak bola Benfica. Dirinya telah bermain di berbagai kelompok umur dan sukses menunjukkan permainan yang hebat. Ini membuatnya mendapat promosi ke skuad utama As Aguias pada 2014.

Hanya singkat tampil bersama skuad senior Benfica, Bernardo Silva langsung diboyong oleh AS Monaco dengan status pinjaman pada musim panas 2014. Dirinya ternyata cepat menyatu dengan sistem permainan. Silva lantas dipermanenkan oleh Rouges et Blancs pada musim dingin 2015. Pemain kelahiran Lisboa ini sukses menjelma jadi salah satu instrumen penting. Dia ikut berjasa mengantarkan tim asal Monaco tersebut menjadi juara Ligue 1 2017.

Performa impresif saat membela AS Monaco menjadikannya target banyak klub. Bernardo Silva lantas menerima tawaran dari Manchester City pada musim panas 2017. Pemain 29 tahun ini langsung dipercaya oleh Pep Guardiola masuk dalam skuad utama The Citizens. Selain gelandang serang, Silva sendiri mampu bermain dalam beberapa posisi di skema taktik tim. Peran yang begitu penting membuatnya mendapat perpanjangan kontrak sampai 2026.

Pada 2023/2024, Bernardo Silva masih sering dipercaya untuk jadi starter Manchester City. Kehadirannya mampu membantu menambah daya dobrak dan produktivitas lini depan The Citizens. Sampai pekan ke-8, pemain kebangsaan Portugal ini sudah berkontribusi dengan torehan 1 gol dan 1 assist dalam 8 pertandingan di berbagai kompetisi.

3. Ruben Dias jadi andalan di lini pertahanan Manchester City

3 Pemain Akademi Benfica yang Membela Manchester City pada 2023/2024Ruben Dias (instagram.com/rubendias)

Ruben Dias adalah bek tengah lulusan akademi Benfica. Dirinya bisa menampilkan permainan yang menawan di berbagai kelompok umur. Ini mengantarkannya mendapat jatah promosi ke skuad senior As Aguias pada 2017. Benar saja, pesepak bola 26 tahun ini bisa bertransformasi sebagai tembok kokoh di jantung pertahanan tim asal Portugal tersebut. 

Performa solid Ruben Dias berhasil memikat perhatian dari Manchester City. Pemain kelahiran Amadora ini akhirnya didaratkan ke Etihad Stadium pada musim panas 2020. Tak butuh waktu lama, dia langsung jadi salah satu andalan di lini pertahanan The Citizens. Dirinya dianggap memiliki masa depan yang menjanjikan sehingga mendapat perpanjangan kontrak sampai 2027.

Pada 2023/2024, Ruben Dias masih sulit tergeser dari skuad utama Manchester City. Bek tengah 26 tahun ini sering diplot sebagai starter dan tampil selama 90 menit bersama The Citizens. Sampai pekan ke-8, dia sudah berkontribusi dalam sepuluh pertandingan di berbagai kompetisi.

Ketiga pemain jebolan akademi Benfica di atas memperkuat Manchester City pada 2023/2024. Mereka semua sukses menjadi tulang punggung permainan The Citizens. Selain itu, para pesepak bola ini sudah mempersembahkan banyak gelar bergengsi untuk tim asal Inggris tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben Dias

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya