3 Jebolan Akademi Manchester City yang Langsung Pindah ke Chelsea

Cole Palmer jadi yang paling baru

Chelsea tak henti-hentinya berburu pemain yang dianggap cocok dengan skema taktik pada musim panas 2023. Cole Palmer menjadi penggawa yang bergabung dengan The Blues pada deadline transfer. Penyerang sayap kebangsaan Inggris ini ditebus dengan harga yang mahal sekitar 42,5 juta pound sterling atau sekitar Rp811 miliar demi mendaratkannya ke Stamford Bridge.

Kepindahan Cole Palmer ternyata menambah daftar pemain jebolan akademi Manchester City yang langsung pindah ke Chelsea. Termasuk dirinya, ada tiga penggawa lulusan The Citizens yang membela tim London Barat tersebut. Siapa saja pesepak bola yang dimaksud?

1. Cole Palmer masuk rencana jangka panjang Chelsea

https://www.youtube.com/embed/riW_uVXi2dg

Cole Palmer merupakan penyerang sayap jebolan akademi Manchester City. Pemain kelahiran Manchester ini sudah tampil di berbagai kelompok umur dan menunjukkan performa impresif. The Citizens lantas memberikannya promosi ke skuad utama pada 2021.

Palmer ternyata kesulitan mendapat menit bermain dan lebih sering menghuni bangku cadangan Manchester City. Meski bukan pilihan utama, penyerang sayap 21 tahun ini masih bisa mencuri perhatian ketika diberikan kesempatan oleh Pep Guardiola. Dirinya sudah tampil dalam 41 pertandingan dengan menyumbang 6 gol dan 2 assist bersama The Citizens. 

Secara mengejutkan, Chelsea membeli Cole Palmer dari Manchester City menjelang penutupan transfer musim panas 2023. Penyerang sayap asal Inggris ini dianggap menjadi bagian proyek jangka panjang sehingga langsung disodori kontrak sampai 2030 dengan opsi tambahan 1 tahun. Dirinya sudah melakukan debut bersama The Blues saat menghadapi Nottingham Forest di ajang English Premier League (EPL). Dia saat itu hadir sebagai pemain pengganti dan tampil kurang lebih selama 28 menit.

Baca Juga: 7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023

2. Daniel Sturridge sempat dipinjamkan kepada Bolton Wanderers

3 Jebolan Akademi Manchester City yang Langsung Pindah ke ChelseaDaniel Sturridge (uefa.com)

Daniel Sturridge saat itu menjadi talenta muda menjanjikan sehingga Chelsea tertarik memboyongnya dari Manchester City pada musim panas 2023. The Blues harus membayar sekitar 6,5 juta pound sterling atau Rp124 miliar. Selain itu, pemain kelahiran Birmingham ini setuju menandatangani kontrak dengan durasi 4 tahun untuk bertahan di Stamford Bridge.

Daniel Sturridge awalnya sulit untuk menembus skuad utama karena ketatnya persaingan lini depan Chelsea. Dirinya bahkan sempat menjalani masa peminjaman ke Bolton Wanderers demi mendapat menit bermain. Cara tersebut terbukti ampuh untuk meningkatkan performanya.

Penyerang 34 tahun ini juga ikut mengantarkan The Blues meraih gelar domestik dan Eropa. Dia sudah tampil dalam 96 laga dengan mencetak 24 gol dan 9 assist di berbagai ajang. Sturridge lantas memilih pergi secara permanen dengan menerima tawaran Liverpool pada musim dingin 2013.

3. Shaun Wright-Phillips gagal menunjukkan performa terbaiknya di Chelsea

3 Jebolan Akademi Manchester City yang Langsung Pindah ke ChelseaShaun Wright-Phillips (uefa.com)

Shaun Wright-Phillips merupakan mantan pesepak bola yang pernah memperkuat Chelsea setelah diboyong dari Manchester City pada musim panas 2005. The Blues harus merogoh kocek yang dalam sekitar 21 juta pound sterling atau Rp401 miliar demi menebus talenta kelahiran London tersebut. Dirinya dianggap sebagai aset penting sehingga mendapat kontrak selama lima tahun.

Penyerang sayap ini menjalani karier yang tidak terlalu gemilang saat membela Chelsea. Shaun Wright-Phillips sudah banyak diberikan kesempatan. Namun, tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya.

Meski begitu, dia ikut mempersembahkan berbagai gelar domestik untuk The Blues. Dirinya bermain dalam 125 pertandingan dengan mengukir 10 gol dan 18 assist. Tampil tak sesuai harapan, Wright-Phillips kemudian dijual kembali kepada Manchester City pada musim panas 2008.

Ketiga pemain jebolan akademi Manchester City di atas memilih langsung pindah ke Chelsea. Cole Palmer menjadi yang paling baru gabung pada musim panas 2023. Penyerang sayap asal Inggris tersebut memiliki peluang besar untuk jadi faktor pembeda dalam skema taktik The Blues.

Baca Juga: 5 Gelandang yang Kariernya Menurun usai Bergabung dengan Chelsea

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya