7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023

Ada Erling Haaland hingga Josko Gvardiol

Majalah France Football telah resmi merilis nama-nama pesepak bola yang masuk nominasi Ballon d'Or 2023. Manchester City menjadi klub yang paling banyak menyumbang nama. Dari 30 nama yang masuk nominasi, The Citizens mendominasi dengan mengirim 7 pemain.

Dominasi tersebut tidak lepas dari performa sensasional mereka bersama Manchester City pada 2022/2023 lalu. Para pemain tersebut berhasil mengantarkan The Citizens meraih treble winners. Mereka sukses menjuarai English Premier League, Piala FA, dan Liga Champions Eropa.

Pencapaian itu bisa terjadi berkat konsistensi yang ditunjukkan para pemain ini. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut tujuh pemain Manchester City yang masuk nominasi Ballon d'Or 2023!

1. Erling Haaland jadi favorit pemenang

7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023Erling Haaland (premierleague.com)

Erling Haaland menjadi kandidat favorit untuk memenangi penghargaan Ballon d'Or 2023. Ia bersaing dengan megabintang asal Argentina, Lionel Messi. Keduanya punya peluang sama untuk bisa memenangi trofi bergengsi ini.

Keberhasilan Manchester City menuai kesukesan pada 2022/2023 lalu tidak terlepas dari peran Haaland. Bomber berusia 23 tahun ini langsung tampil moncer pada musim debutnya. Ia tampil produktif dengan 52 gol dan 9 assist dari 53 pertandingan di semua kompetisi. Haaland juga baru saja mendapatkan penghargaan PFA Players' Player of the Year dan UEFA Men's Player of the Year.

2. Kevin De Bruyne merupakan sosok vital kesuksesan Manchester City

7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023Kevin De Bruyne (mancity.com)

Kevin De Bruyne berperan penting dalam keberhasilan Manchester City pada 2022/2023 lalu. Pemain internasional Belgia ini menjadi kreator lini serang The Citizens. Tugasnya sebagai seorang playmaker berhasil membawa The Citizens merengkuh treble winners.

Gelandang berusia 32 tahun ini bermain produktif dalam 49 pertandingan. De Bruyne berkontribusi lewat 10 gol dan 31 assist di berbagai kompetisi. Ia juga menerima penghargaan Playmaker of the Season 2022/2023 di English Premier League sebagai peraih assist terbanyak dengan jumlah 18 kali.

3. Bernardo Silva berkontribusi lewat kreativitas di lini tengah

7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023Bernardo Silva (twitter.com/BernardoCSilva)

Bernardo Silva masuk nominasi Ballon d'Or untuk yang ketiga kalinya sepanjang karier. Hal tersebut terjadi berkat kontribusi kreatifnya di lini tengah Manchester City pada 2022/2023. Pemain asal Portugal ini hampir tak tergantikan di dalam skuad.

Secara keseluruhan, Silva bermain dalam  55 pertandingan di berbagai ajang. Ia mampu mengemas 7 gol dan menghasilkan 8 assist. Kondisi kebugaran yang selalu fit membuatnya terus diandalkan di lini tengah Manchester City. Berkat kiprah gemilangnya tersebut, ia baru diberi perpanjangan kontrak hingga 2026 mendatang.

Baca Juga: Haaland Lebih Layak dapat Ballon d'Or 2023 Dibanding Messi

4. Ruben Dias jadi tembok kokoh di lini pertahanan

7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023Ruben Dias (twitter.com/rubendias)

Ruben Dias merupakan sosok kokoh di lini pertahanan Manchester City. Pada 2022/2023 lalu, ia mampu bermain konsisten dalam 43 pertandingan di semua ajang. Bek berusia 26 tahun ini menahbiskan diri sebagai salah satu pemain tangguh di lini pertahanan.

Pemain asal Portugal ini berperan penting dalam keberhasilan Manchester City meraih trofi Liga Champions. Dias selalu bermain dari fase gugur hingga ke babak final. Peran vitalnya tersebut yang membuat The Citizens sukses menorehkan sejarah merebut trofi Si Kuping Besar pertama kalinya.

5. Julian Alvarez menuai kesuksan di Manchester City dan Timnas Argentina

7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023Julian Alvarez (instagram.com/juliaanalvarez)

Julian Alvarez bisa disebut sebagai salah satu pemain yang paling sukses di Manchester City. Bagaimana tidak, di usianya yang baru 23 tahun, ia sudah menuai keberhasilan merengkuh treble winners. Ia terlibat dalam 49 pertandingan dengan menyumbang 17 gol dan menghasilkan 5 assist.

Kesuksesan Alvarez bersama Manchester City merupakan pelengkap musim impresifnya. Sebelum itu, ia sudah berhasil mengangkat trofi Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina. Ia turut membawa La Albiceleste merengkuh titel ketiganya sepanjang sejarah. Ia berkontribusi dalam 7 pertandingan dan berhasil mengemas 4 gol serta 1 assist di turnamen yang digelar di Qatar tersebut.

6. Rodri menjadi sosok tak tergantikan di Manchester City

7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023Rodri (uefa.com)

Rodri untuk pertama kalinya masuk dalam nominasi Ballon d'Or sepanjang kiprahnya sebagai pesepak bola. Ia merupakan pemain yang tak tergantikan di dalam skuad Manchester City pada 2022/2023. Ia bermain dalam 56 pertandingan di semua ajang, terbanyak dibandingkan pemain lainnya. 

Rodri menjadi sosok gelandang bertahan yang berperan vital menjaga stabilitas permainan tim. Ia merupakan pencetak gol satu-satunya di partai final menghadapi Inter Milan yang membawa Manchester City juara Liga Champions. Kiprah impresifnya tersebut membuatnya dinobatkan sebagai UEFA Champions League Player of the Season. Selain itu, di level internasional bersama Timnas Spanyol, ia juga berhasil meraih juara UEFA Nations League 2023.

7. Josko Gvardiol masuk nominasi berkat kiprahnya bersama RB Leipzig dan Timnas Kroasia

7 Pemain Manchester City yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023Josko Gvardiol (instagram.com/mancity)

Josko Gvardiol merupakan bek yang baru didatangkan Manchester City pada musim panas 2023. Ia masuk dalam nominasi Ballon d'Or berkat kiprah impresifnya bersama RB Leipzig pada 2022/2023 lalu. Ia terlibat dalam 41 pertandingan dan menyumbang 4 gol.

Tak cuma di klub, Gvardiol juga punya peran penting di level internasional. Ia mencuri perhatian berkat penampilan apiknya bersama Timnas Kroasia di ajang Piala Dunia 2022. Bek berusia 21 tahun ini mampu membawa negaranya meraih tempat ketiga di ajang tersebut.

Manchester City sukses mengirimkan tujuh pemain masuk ke dalam nominasi Ballon d'Or 2023. Hal tersebut berkat penampilan konsisten dan impresif mereka sepanjang 2022/2023. Akankah salah satu dari para pemain di atas mampu memenangi penghargaan tersebut?

Baca Juga: Erling Haaland dan Pep Guardiola Sabet Penghargaan UEFA

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya