Kinerja 6 Eks Jupiler Pro League di Eredivisie 2023

Banyak yang membela Feyenoord Rotterdam

Jupiler Pro League menjadi kompetisi yang mulai diperhitungkan di Eropa. Kasta tertinggi Liga Belgia ini mampu mengorbitkan pemain dengan bakat yang luar biasa. Ini membuat banyak tim raksasa memasukkan pemain dari sana ke radar transfer.

Eredivisie Belanda menjadi salah satu pelabuhan untuk para pemain Jupiler Pro League dalam melanjutkan karier. Ada sekitar enam pesepak bola yang hengkang ke kasta tertinggi Liga Belanda tersebut pada musim panas 2023.

1. Noa Lang tidak asing dengan atmosfer Eredivisie

https://www.youtube.com/embed/VRIzKA5rMJc

Noa Lang memutuskan untuk kembali ke Eredivisie setelah menerima tawaran dari PSV Eindhoven pada musim panas 2023. Tim berjuluk Boeren ini harus merogoh kocek sekitar 15 juta euro atau Rp246 miliar dari Club Brugge. Selain itu, dia juga setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028. Penyerang sayap ini tentu tidak asing dengan atmosfer kasta teratas Liga Belanda karena sebelumnya pernah bermain untuk Ajax Amsterdam.

Noa Lang sukses menjelma jadi bagian penting dalam skema permainan Club Brugge. Dirinya sering mendapat kesempatan untuk tampil menjadi starter. Pemain kelahiran Capelle aan den IJssel ini mampu ditempatkan di berbagai posisi penyerangan Blauw-Zwart. Dirinya telah berkontribusi dalam 125 laga dengan mencetak 38 gol dan 34 assist. Catatan tersebut membuat PSV Eindhoven menebusnya dan memecahkan rekor transfer tim.

Tak memerlukan waktu lama adaptasi, pesepak bola 24 tahun ini bisa menembus skuad utama dari PSV Eindhoven. Noa Lang sering dipercaya Peter Bosz untuk bermain menjadi starter di berbagai ajang. Sampai pekan ke-7, dirinya sudah mencatatkan 11 penampilan dengan menyumbang 5 gol dan 1 assist pada 2023/2024.

2. Gaston Avila mendapat kontrak jangka panjang bersama Ajax Amsterdam

Kinerja 6 Eks Jupiler Pro League di Eredivisie 2023Gaston Avila (kiri) (twitter.com/AFCAjax)

Gaston Avila adalah bek kiri yang didatangkan Ajax Amsterdam dari Royal Antwerp pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Rosario ini dibanderol dengan harga sebesar 12,5 juta euro atau sekitar Rp205 miliar. Dirinya juga dianggap sebagai aset menjanjikan sehingga langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028.

Gaston Avila hanya tampil singkat bersama Royal Antwerp setelah gabung pada musim panas 2022. Dirinya tak selalu menjadi pilihan utama untuk menjaga area kiri pertahanan tim asal Belgia tersebut. Pemain 21 tahun ini sudah bermain dalam 29 pertandingan dengan menyumbang 2 assist. Potensinya ini mampu masuk radar transfer dari Ajax Amsterdam.

Pemain kebangsaan Argentina ini sudah mendapat kesempatan untuk tampil membela Ajax Amsterdam. Gaston Avila harus siap bersaing dengan Borna Sosa dan Anass Salah-Eddine untuk memperebutkan tempat secara reguler bersama De Godenzonen. Sampai minggu ke-7, dia telah bermain dalam tiga pertandingan di Eredivisie 2023/2024.

3. Alec Van Hoorenbeeck membela FC Twente dengan status pinjaman

Kinerja 6 Eks Jupiler Pro League di Eredivisie 2023Alec Van Hoorenbeeck (instagram.com/alecvanhoorenbeeck)

Alec Van Hoorenbeeck menerima tawaran untuk pindah ke FC Twente dengan status pinjaman dari KV Mechelen pada musim panas 2023. Bek tengah 24 tahun ini rencananya akan bertahan di De Grolsch Veste sampai 2024 dengan opsi pembelian. Kehadirannya diplot menjadi tembok kokoh di jantung pertahanan tim berjuluk The Tukkers tersebut.

Alec Van Hoorenbeeck merupakan produk akademi dari KV Mechelen. Kariernya tak langsung mulus, dia kesulitan menembus skuad utama sehingga harus dipinjamkan ke tim lain untuk mencari jam terbang. Cara tersebut sukses membuatnya mendapat menit bermain bersama De Kakkers. Selain sebagai bek tengah, pemain 24 tahun ini juga mampu diplot jadi bek kiri dalam sistem permainan tim. Dirinya telah berkontribusi dalam 55 laga dengan mencetak 2 assist. Performa ini bisa mendapat perhatian dari FC Twente.

Pemain kelahiran Mortsel ini belum menjadi pilihan utama di FC Twente. Sejauh ini, Van Hoorenbeeck lebih sering datang sebagai pelapis dalam sistem permainan tim asal Belanda tersebut. Sampai minggu ke-7, dia baru tampil dalam empat laga di berbagai ajang pada 2023/2024. Meski begitu, dirinya masih berpeluang jadi faktor pembeda untuk The Tukkers.

Baca Juga: Performa 3 Pemain Jupiler Pro League yang Merapat ke EPL pada 2023

4. Ayase Ueda tampil impresif saat membela Cerlcle Brugge

Kinerja 6 Eks Jupiler Pro League di Eredivisie 2023Ayase Ueda (instagram.com/bee18_official)

Ayase Ueda adalah penyerang yang merapat ke Feyenoord Rotterdam setelah dibeli dari Cercle Brugge pada musim panas 2023. Pemain kebangsaan Jepang ini ditebus dengan harga 9 juta euro atau Rp148 miliar dan mendapat kontrak sampai 2028. Kedatangannya menambah pilihan dan kedalaman, terutama di lini depan tim.

Penyerang kelahiran Ibaraki ini mampu menunjukkan performa yang impresif selama berseragam Cerlcle Brugge. Meski hanya satu musim, dirinya bisa menembus skuad utama dan sering diturunkan sebagai starter di berbagai ajang. Ayase Ueda telah berkontribusi dalam 42 laga dengan mengukir 23 gol dan 2 assist. Kegemilangannya bisa memikat perhatian dari Feyenoord Rotterdam.

Ayase Ueda sudah diberikan kesempatan untuk debut bersama Feyenoord Rotterdam. Sejauh ini, dirinya lebih sering datang dari bangku cadangan sehingga minim menit bermain. Hingga minggu ke-7, penyerang 25 tahun ini telah mengukir 1 gol dalam 6 pertandingan di Eredivise 2023/2024.

5. Bart Nieuwkoop kembali memperkuat Feyenoord Rotterdam

Kinerja 6 Eks Jupiler Pro League di Eredivisie 2023Bart Nieuwkoop (kanan) (instagram.com/bartnieuwkoop)

Selain memperkuat lini depan, Feyenoord Rotterdam tak ketinggalan menambah amunisi di sektor belakang dengan mendatangkan Bart Nieuwkoop dari Union Saint-Gilloise pada musim panas 2023. Bek kanan 27 tahun ini bukanlah sosok asing karena pernah memperkuat tim berjuluk De club aan de Maas tersebut. Dirinya hadir lagi dengan mendapat kontrak sampai 2027.

Bart Nieuwkoop menjadi penggawa yang sulit tergantikan di sektor kiri pertahanan saat masih berseragam Union Saint-Gilloise. Selain bek sayap, dirinya juga mampu diplot jadi gelandang. Dirinya sering dipercaya untuk sebagai starter dan tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Pesepak bola 27 tahun ini sudah bermain dalam 92 laga dengan mencetak 8 gol dan 11 assist. Catatan tersebut sukses membuat Feyenoord Rotterdam merekrutnya lagi.

Pemain kelahiran Bergen op Zoom ini menambah kedalaman di sektor kanan pertahanan Feyenoord Rotterdam. Dirinya lebih sering hadir dari bangku cadangan sehingga kurang menit bermain. Sampai pekan ke-7, bek 27 tahun ini telah bermain dalam tiga laga di Eredivisie 2023/2024. Sejauh ini, Nieuwkoop total mencatatkan 84 pertandingan dengan mencetak 6 assist bersama De club aan de Maas.

6. Timon Wellenreuther menjadi pilihan utama Feyenoord Rotterdam

Kinerja 6 Eks Jupiler Pro League di Eredivisie 2023Timon Wellenreuther (instagram.com/timonwelle)

Timon Wellenreuther datang pertama kali ke Feyenoord Rotterdam dengan status sebagai pinjaman dari RSC Anderlecht. Kiper asal Jerman ini dianggap menunjukkan performa sesuai ekspektasi sehingga dipermanenkan pada musim panas 2023. Dirinya setuju untuk menandatangani kontrak sampai 2025 untuk bertahan di Feyenoord Stadium.

Timon Wellenreuther awalnya lebih sering berperan sebagai penghangat bangku cadangan Feyenoord Rotterdam. Dirinya baru mendapat menit bermain setelah Justin Bijlow mengalami cedera. Wellenreuther sukses memanfaatkan momentum.

Sejauh ini, pesepak bola kelahiran Karlsruhe tersebut masih menjadi pilihan utama Feyenoord Rotterdam karena Justin Bijlow belum sembuh dari cedera pergelangan tangan pada 2023/2024. Hingga pekan ke-7, dia bermain dalam 7 laga dengan kebobolan sebanyak 6 gol di berbagai ajang. Dirinya total mencatatkan kontribusi dalam 21 pertandingan dengan kemasukan sebanyak 25 gol.

Keenam pemain Jupiler Pro League di atas hengkang ke Eredivisie pada musim panas 2023. Hanya Alec Van Hoorenbeeck yang datang dengan status sebagai pinjaman. Meski begitu, mereka semua sudah tampil membela tim barunya masing-masing pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Eredivisie Direkrut Klub EPL pada Musim Panas 2023

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya