Kinerja 5 Penyerang Baru Fenerbahce pada Awal 2023/2024, Ada Dzeko!

Sebagian besar gabung secara cuma-cuma

Fenerbahce sebenarnya tidak mengalami performa buruk sepanjang 2022/2023. Sari Kanaryalar ini bisa menduduki peringkat kedua Super Lig sehingga berhak mengikuti Kualifikasi Liga Konferensi Eropa 2023/2024. Selain itu, mereka juga berhasil menjadi juara Ziraat Turkish Cup. Namun, Jorge Jesus memilih meninggalkan jabatan pelatih untuk menerima tawaran dari Al Hilal. Tim asal Turki tersebut lantas menunjuk Ismail Kartal sebagai juru taktik baru dengan kontrak sampai 2024.

Fenerbahce kemudian jadi sangat aktif bergerak pada musim panas 2023 yang lalu. Tim asal Turki ini tak ragu untuk melepas banyak penggawa dan beberapa ada yang memiliki peran penting. Kepergian para pemain tersebut tentu menghasilkan dana segar bagi Sari Kanaryalar untuk membangun kekuatan.

Benar saja, Fenerbahce mendaratkan banyak pemain ke Uker Fenerbahce Sukru Saracoglu Stadium. Ismail Kartal membenahi berbagai posisi dan salah satu yang menjadi fokus adalah lini depan. Hal ini membuat Fenerbahce mendatangkan sekitar lima penyerang baru demi mengarungi kompetisi 2023/2024. Siapa saja ujung tombak yang dimaksud tersebut dan seperti apa kinerjanya pada awal musim? Yuk, baca tulisan berikut ini!

1. Edin Dzeko langsung dipercaya jadi kapten Fenerbahce

Kinerja 5 Penyerang Baru Fenerbahce pada Awal 2023/2024, Ada Dzeko!Edin Dzeko (instagram.com/edindzeko)

Edin Dzeko dan Inter Milan gagal menemui kesepakatan sehingga Dzeko harus hengkang secara gratis pada musim panas 2023. Tak sampai menganggur, penyerang tengah kebangsaan Bosnia ini menerima tawaran dari Fenerbahce. Dirinya setuju dengan durasi kontrak sampai 2025. Pengalamannya berguna untuk meningkatkan daya dobrak dan produktivitas gol lini depan Sari Kanaryalar.

Benar saja, Edin Dzeko langsung menjadi salah satu instrumen penting dalam permainan Fenerbahce pada 2023/2024. Dirinya sering diturunkan sebagai starter untuk tim asal Turki tersebut. Selain itu, penyerang tengah 37 tahun ini juga dipercaya menjabat jadi kapten dari Sari Kanaryalar. Sampai minggu ke-13, Dzeko sendiri telah tercatat tampil sebanyak 18 laga dengan mencetak 12 gol dan 7 assist di berbagai kompetisi.

2. Cengiz Under lebih sering berperan jadi pengganti dalam skema taktik Fenerbahce

Kinerja 5 Penyerang Baru Fenerbahce pada Awal 2023/2024, Ada Dzeko!Cengiz Under (instagram.com/cengizunder)

Cengiz Under adalah penyerang sayap yang diboyong Fenerbahce dari Olympique Marseille pada musim panas 2023. Pemain kelahiran Balikesir ini telah menandatangani kontrak sampai 2027. Kehadirannya berpotensi menambah daya kreativitas lini depan Sari Kanaryalar.

Cengiz Under ternyata lebih sering berperan jadi pengganti dalam skema taktik Fenerbahce 2023/2024. Pemain 26 tahun ini juga sempat mengalami cedera paha sehingga makin memperkecil peluangnya untuk menembus skuad inti Sari Kanaryalar. Meski begitu, dia bisa menjalankan tugas menjadi penyerang sayap kanan dan kiri tergantung kebutuhan tim. Hingga pekan ke-13, Under telah bermain sebanyak 10 laga dengan mengukir 1 assist di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Gantung Sepatu Bersama Fenerbahce

3. Dusan Tadic jadi bagian penting di lini depan Fenerbahce

Kinerja 5 Penyerang Baru Fenerbahce pada Awal 2023/2024, Ada Dzeko!Dusan Tadic (fenerbahce.org)

Dusan Tadic memutuskan untuk mengakhiri kesepakatan lebih cepat dengan Ajax Amsterdam sehingga dilepas secara gratis pada musim panas 2023. Penyerang sayap asal Serbia ini lantas memilih bergabung dengan Fenerbahce. Pesepak bola 35 tahun ini mendapat kontrak sampai 2025 untuk bertahan di Uker Fenerbahce Sukru Saracoglu Stadium.

Meski sudah veteran, Dusan Tadic masih jadi bagian penting di lini depan Fenerbahce pada 2023/2024. Dirinya sering mendapat kesempatan sebagai starter dan tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Selain penyerang sayap, dia beberapa kali bertugas jadi gelandang serang untuk Sari Kanaryalar. Hingga minggu ke-13, Tadic bermain dalam 24 pertandingan dengan membuat 10 gol dan 4 assist.

4. Ryan Kent tak selalu jadi pilihan utama untuk Fenerbahce

Kinerja 5 Penyerang Baru Fenerbahce pada Awal 2023/2024, Ada Dzeko!Ryan Kent (fenerbahce.org)

Ryan Kent dan Rangers tidak menemui kesepakatan terkait masa depan sehingga harus hengkang secara gratis pada musim panas 2023. Penyerang sayap kebangsaan Inggris ini memutuskan untuk melanjutkan karier bersama Fenerbahce. Dirinya langsung disodori kontrak sampai 2027 bersama Sari Kanaryalar.

Ryan Kent sering jadi pelapis sehingga kesulitan mendapat menit bermain saat Fenerbahce tampil di Super Lig 2023/2024. Namun, dirinya selalu diturunkan sebagai starter di Liga Konferensi Eropa. Dia bisa mengemban peran menjadi penyerang sayap kanan dan kiri untuk Sari Kanaryalar. Sampai pekan ke-13, Kent sudah berkontribusi dalam 15 laga dengan menyumbang 1 gol dan 2 assist di berbagai ajang.

5. Umut Nayir sering menjadi penghangat bangku cadangan Fenerbahce

Kinerja 5 Penyerang Baru Fenerbahce pada Awal 2023/2024, Ada Dzeko!Umut Nayir (fenerbahce.org)

Umut Nayir adalah penyerang tengah yang malang melintang di sepak bola Turki. Pemain 30 tahun ini merapat secara gratis ke Fenerbahce dari Eyupspor pada musim panas 2023. Dirinya menandatangani kontrak sampai 2025 dengan opsi perpanjangan 1 tahun bersama Sari Kanaryalar. Dia diplot menjadi ujung tombak untuk membantu meningkatkan kekuatan lini depan.

Sejauh ini, Umur Nayir sering menjadi penghangat bangku cadangan Fenerbahce pada 2023/2024. Dirinya belum pernah diturunkan sebagai starter untuk Sari Kanaryalar sehingga mendapat menit bermain yang minim. Ini terjadi karena ketatnya persaingan di lini depan. Hingga pekan ke-13, penyerang kelahiran Kayseri ini baru berkontribusi dalam sepuluh laga di berbagai ajang.

Edin Dzeko dan Dusan Tadic mampu menunjukkan kinerja yang solid untuk Fenerbahce pada awal 2023/2024. Mereka menjelma instrumen penting di lini depan Sari Kanaryalar. Sementara itu, penyerang baru yang lain sering dirotasi sehingga belum menampilkan kontribusi optimal. Meski begitu, tim asal Turki tersebut masih berpeluang membuat kejutan musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua di Skuad Fenerbahce 2023/2024, Jadi Andalan?

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya