Kiprah 3 Pemain Baru yang Dipinjam PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024

Penuh pemain muda potensial

PSV Eindhoven berhasil menunjukkan performa yang impresif sepanjang 2022/2023. Klub berjuluk Boeren ini mampu berada di peringkat kedua Eredivise dan memenangkan KNVB Cup. Meski mentereng secara prestasi, Ruud van Nistlerooy yang saat itu menjabat sebagai pelatih memilih mundur karena merasa kurang ada dukungan dari jajaran manajemen tim asal Belanda tersebut.

PSV Eindhoven lantas menunjuk Peter Bosz sebagai pelatih dan mendapat kontrak selama tiga tahun pada musim panas 2023 yang lalu. Di bawah komando juru taktik baru, Boeren melakukan banyak perubahan demi mendapat komposisi skuad yang diharapkan. Mereka melepas beberapa penggawa lama yang tidak masuk rencana masa depan.

Tim asal Belanda ini lantas mendaratkan tenaga baru yang dirasa lebih cocok dan berpeluang melanjutkan performa mengesankan pada 2023/2024. Di antara penggawa baru yang berhasil didaratkan ke The Philips Stadion, ada sebanyak tiga pemain yang berstatus sebagai pinjaman dari klub lain. Siapa saja yang dimaksud tersebut dan seperti apa kiprahnya pada awal musim? Mari baca tulisan di bawah ini, ya!

1. Armel Bella-Kotchap tengah mengalami cedera bahu

Kiprah 3 Pemain Baru yang Dipinjam PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024Armel Bella-Kotchap (instagram.com/armel.bella82)

Armel Bella-Kotchap gagal menyelamatkan Southampton dari jurang degradasi pada 2022/2023. Bek tengah kebangsaan Jerman ini lantas setuju untuk dipinjamkan ke PSV Eindhoven pada deadline musim panas 2023. Dia rencananya berseragam Boeren sampai 2024. Kedatangannya menjadi sebuah keuntungan untuk memperkokoh kekuatan lini belakang tim asal Belanda tersebut.

Armel Bella-Kotchap tak selalu menjadi pilihan utama bagi PSV Eindhoven pada 2023/2024. Bek 21 tahun ini juga tengah menderita cedera bahu sehingga harus menjalani operasi dan melewatkan banyak pertandingan bersama Boeren. Hal tersebut makin membuatnya sulit menembus skuad inti. Sampai pekan ke-13, dirinya baru diturunkan dalam lima laga di berbagai kompetisi.

2. Malik Tillman bergantian dengan Guus Til mengisi posisi gelandang serang PSV Eindhoven

Kiprah 3 Pemain Baru yang Dipinjam PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024Malik Tillman (instagram.com/psv dan malik.tillman)

Malik Tillman adalah gelandang serang jebolan akademi Bayern Munich. Pemain kelahiran Nurnberg ini ternyata kesulitan mendapat kesempatan reguler sehingga pernah dipinjamkan ke Rangers. Pada musim panas 2023, The Bavarians memutuskan untuk kembali meminjamkan Tillman ke PSV Eindhoven. Pesepak bola 21 tahun tersebut rencananya memperkuat Boeren sampai 2024 dengan opsi pembelian. Kedatangannya berguna untuk membantu area tengah dan meningkatkan kreativitas lini depan.

Malik Tillman lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan PSV Eindhoven pada 2023/2024. Dirinya beberapa kali harus bergantian dengan Guus Til. Selain gelandang serang, Peter Bosz juga pernah menugaskannya sebagai gelandang tengah dan penyerang sayap tergantung kebutuhan taktik Boeren. Hingga minggu ke-13, Tillman sudah berkontribusi dalam 14 pertandingan degan mencetak 5 gol dan 4 assist di berbagai kompetisi.

3. Sergino Dest menjelma sebagai salah satu instrumen penting di jantung pertahanan

Kiprah 3 Pemain Baru yang Dipinjam PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024Sergino Dest (twitter.com/PSV)

Sergino Dest tersisih dari skuad utama Barcelona. Blaugrana kemudian memilih untuk meminjamkannya ke PSV Eindhoven pada musim panas 2023. Bek kanan kebangsaan Amerika Serikat ini recananya membela Boeren sampai 2024 dengan opsi pembelian. Dirinya tentu tidak asing dengan atmosfer sepak bola Belanda karena pernah merumput bersama Ajax Amsterdam.

Meski berstatus pinjaman, Sergino Dest mampu menjelma jadi salah satu instrumen penting di jantung pertahanan PSV Eindhoven pada 2023/2024. Dirinya sering diturunkan menjadi starter di berbagai kompetisi. Selain bek kanan, pesepak bola 23 tahun ini bisa menjalankan peran sebagai bek kiri. Hingga pekan ke-13, dia sudah mencatatkan penampilan sebanyak 14 pertandingan dengan mengukir 1 assist.

Ketiga pemain baru yang dipinjam PSV Eindhoven di atas sudah menunjukkan kontribusi pada awal 2023/2024. Sejauh ini, hanya Sergino Dest yang sering mendapat kesempatan untuk tampil sebagai starter. Meski begitu, para penggawa tersebut bisa menambah kekuatan sehingga memudahkan Peter Bosz dalam meramu strategi. Bukan tidak mungkin, Boeren akan memberi kejutan di berbagai ajang musim ini!

Baca Juga: 6 Pemain PSV Selalu Tampil di Eredivisie 2023/2024 hingga Pekan Ke-12

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya