3 Pemain Asia yang Menghiasi Serie A pada 2023/2024, Ada Kamada!

Didominasi oleh pemain dengan posisi penyerang

Bursa transfer musim panas Serie A Italia resmi ditutup pada 1 September 2023 lalu. Para tim yang berada di kasta tertinggi sepak bola Italia tersebut melakukan pembenahan dengan melepas dan mendatangkan pemain baru. Ini bertujuan agar menambah kedalaman kekuatan sehingga bisa bersaing di berbagai kompetisi. 

Ternyata, beberapa pesepak bola asal Benua Asia ikut menghiasi Serie A 2023/2024. Setidaknya ada tiga pemain Asia yang berkompetisi di kasta tertingi sepak bola Italia tersebut. Siapa saja mereka dan bagaimana performanya sejauh ini? Mari simak lewat artikel berikut ini, ya!

1. Eldor Shomurodov membela Cagliari dengan status pinjaman dari AS Roma

https://www.youtube.com/embed/XnwedJKKutg

Cagliari berhasil promosi ke Serie A 2023/2024. Tak ingin hanya sebagai penggembira, tim asuhan Claudio Ranieri ini aktif mendatangkan penggawa baru pada musim panas 2023. Eldor Shomurodov menjadi salah satu rekrutan yang dipinjam dari AS Roma. Pesepak bola kebangsaan Uzbekistan tersebut rencananya akan berseragam Gli Isolani sampai 2024 dengan opsi pembelian.

Eldor Shomurodov memiliki karier yang tidak terlalu cemerlang selama berseragam AS Roma. Penyerang 28 tahun ini lebih sering diplot sebagai pelapis dalam skema permainan tim. Posisinya makin tergusur sehingga sempat menjalani masa peminjaman ke Spezia. Dirinya tercatat sudah tampil dalam 48 laga dengan menyumbang 6 gol dan 6 assist bersama I Giallorossi.

Mulai tersisih dari AS Roma, penyerang kelahiran Jarkurgan, Uzbekistan, ini dipinjamkan ke Cagliari. Sejauh ini, Eldor Shomourdov lebih sering hadir sebagai pengganti dalam taktik Gli Isolani. Dia sudah bermain dalam 4 pertandingan di berbagai ajang pada 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain Anyar Primeira Liga Portugal yang Datang dari Serie A Italia

2. Daichi Kamada gabung Lazio secara gratis

3 Pemain Asia yang Menghiasi Serie A pada 2023/2024, Ada Kamada!Daichi Kamada (twitter.com/OfficialSSLazio)

Daichi Kamada adalah gelandang serang yang gabung Lazio secara gratis dari Eintracht Frankfurt pada musim panas 2023. Pemain kebangsaan Jepang ini dianggap sebagai rekrutan berharga sehingga langsung disodori kontrak durasi jangka panjang sampai 2027. Kehadirannya berguna menambah kedalaman lini tengah dan membantu meningkatkan produktivitas lini depan.

Daichi Kamada mampu menunjukkan performa impresif saat membela Eintracht Frankfurt. Pesepak bola 27 tahun ini sukses bertransformasi jadi salah satu instrumen penting permainan tim Jerman tersebut. Dirinya bahkan ikut mengantarkan Die Adler meraih juara DFB Pokal dan Europa League. Dia tercatat sudah tampil dalam 179 laga dengan menyumbang 40 gol dan 33 assist.

Tak butuh waktu adaptasi, gelandang serang kelahiran Ehime ini langsung mendapat kepercayaan Maurizio Sarri untuk masuk skuad utama Lazio. Sejauh ini, Kamada selalu dipasang sebagai starter. Dirinya sudah bermain dalam 3 laga dengan sumbangan 1 gol sejauh musim 2023/2024 yang baru seumur jagung ini.

3. Sardar Azmoun belum melakukan debut bersama AS Roma

3 Pemain Asia yang Menghiasi Serie A pada 2023/2024, Ada Kamada!Sardar Azmoun (twitter.com/OfficialASRoma)

Sardar Azmoun merupakan penyerang yang merapat ke AS Roma dengan status pinjaman dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Dirinya akan membela I Giallorossi sampai 2024 dengan opsi permanen. Pemain kebangsaan Iran ini diproyeksikan untuk menambah opsi bagi Jose Mourinho untuk meracik lini depan.

Pesepak bola kelahiran Golestan ini sulit mendapat kesempatan secara reguler selama membela Bayer Leverkusen. Sardar Azmoun lebih sering tampil sebagai pengganti. Meski posisi aslinya penyerang tengah, dirinya juga beberapa kali harus ditempatkan sebagai penyerang sayap dalam skema permainan Die Werkself. Pemain 28 tahun ini telah bermain dalam 44 laga dengan mengukir 5 gol dan 5 assist.

Penampilan yang tidak terlalu cemerlang membuatnya tersisih dan harus menjalani masa peminjaman ke AS Roma. Namun, Sardar Azmoun masih belum bisa melakukan debut bersama I Giallorossi. Ini terjadi karena dirinya masih berkutat dengan cedera.

Sebagian besar pemain Asia yang menghiasi Serie A 2023/2024 ini bergabung dengan status pinjaman. Menurutmu, siapakah yang akan memberikan kontribusi besar untuk timnya musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Anyar Serie A 2023/2024 yang Digaet dari Serie B

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya