5 Pemain yang Hengkang Permanen dari Liverpool pada Musim Panas 2023

Jordan Henderson jadi yang paling baru

Liverpool menjalani musim yang berliku pada 2022/2023. Ini terjadi karena sebagian besar pemain harus mengalami cedera. Hal tersebut tentu mengganggu kedalaman skuad The Reds. Tim kota pelabuhan ini untungnya bisa bangkit dan bercokol di peringkat kelima English Premier League (EPL).

Tak mau berdiam diri, Liverpool langsung melakukan perombakan besar-besaran pada musim panas 2023. Ini bertujuan untuk meningkatkan kedalaman agar lebih kompetitif dalam mengarungi ketatnya musim 2023/2024. Sejauh ini, The Reds resmi melepas lima penggawa secara permanen. Siapa saja pemain yang harus meninggalkan tim kota pelabuhan tersebut? Berikut ulasannya!

1. Jordan Henderson

5 Pemain yang Hengkang Permanen dari Liverpool pada Musim Panas 2023Jordan Henderson (intagram.com/jordanhenderson dan ettifaq)

Jordan Henderson merupakan gelandang tengah yang didatangkan oleh Liverpool dari Southampton pada musim panas 2011. Dirinya saat itu jadi bakat muda dengan potensi menjanjikan. Kehadirannya diplot untuk memperdalam kekuatan di lini tengah The Reds.

Perlahan tapi pasti, Jordan Henderson mampu memberi pengaruh di lini tengah Liverpool. Dirinya bahkan diplot sebagai kapten setelah Steven Gerrard memilih untuk hengkang pada 2015. Henderson sendiri sukses berkontribusi mempersembahkan berbagai gelar domestik dan Eropa selama berkarier di Anfield. Dia sudah tampil dalam 492 laga dengan mengukir 33 gol dan 61 assist di berbagai ajang.

Jordan Henderson membuat keputusan yang mengejutkan pada musim panas 2023. Dirinya memilih melanjutkan karier di Arab Saudi dengan menerima tawaran Al-Ettifaq. Gelandang 33 tahun ini ditebus seharga 12 juta pound sterling atau sekitar Rp232 miliar dengan kontrak sampai 2026. Dia akan reuni dengan Steven Gerrard yang saat ini menjadi pelatih tim berjuluk Faris Ad-Dahna tersebut.

2. Roberto Firmino

5 Pemain yang Hengkang Permanen dari Liverpool pada Musim Panas 2023Roberto Firmino (instagram.com/alahliclub.sa)

Roberto Firmino adalah penyerang yang bergabung dengan Liverpool yang dibeli dari TSG Hoffenheim pada musim panas 2015. Kehadirannya untuk menambah produktivitas lini depan The Reds. Benar saja, pemain asal Brasil ini sukses menjadi salah satu penggawa kunci dalam sistem permainan tim.

Pemain kelahiran Maceio ini mempunyai naluri mencetak gol dan visi permainan yang luar biasa. Ini terbukti karena dirinya sudah berkontribusi mempersembahkan berbagai gelar bergengsi selama membela Liverpool. Roberto Firmino telah tampil dalam 362 laga dengan mengukir 111 gol dan 79 assist bersama The Reds.

Liverpool dan Firmino tidak menemui kesepakatan masalah kontrak sehingga dilepas gratis pada musim panas 2023. Sempat dikaitkan dengan beberapa tim raksasa Eropa, penyerang 31 tahun ini memutuskan untuk membela Al-Ahli. Dirinya setuju untuk bergabung dengan tim asal Arab Saudi tersebut hingga 2026.

Baca Juga: 5 Striker yang Pernah Dilepas Gratis oleh Liverpool, Termasuk Firmino!

3. Naby Keita

5 Pemain yang Hengkang Permanen dari Liverpool pada Musim Panas 2023Naby Keita (instagram.com/keitanabydeco)

Naby Keita merupakan gelandang tengah yang berkarier membela Liverpool setelah didatangkan dari RB Leipzig pada musim panas 2018. Dirinya dianggap sebagai rekrutan penting sehingga mendapat kontrak selama lima tahun. Pemain tim nasional Guinea ini diplot untuk menambah daya kreativitas di lini tengah The Reds.

Kariernya ternyata tak berjalan sesuai harapan, Naby Keita lebih sering berkutat dengan masalah cedera sehingga kurang maksimal memberikan kontribusi terhadap Liverpool. Dirinya tampil dalam 129 pertandingan dengan menyumbang 11 gol dan 7 assist di berbagai ajang. The Reds lantas memilih tidak memperpanjang kontraknya sehingga dilepas pada musim panas 2023. Tak lama menganggur, gelandang 28 tahun ini setuju menerima pinangan Werder Bremen hingga 2026.

4. James Milner

5 Pemain yang Hengkang Permanen dari Liverpool pada Musim Panas 2023James Milner (instagram.com/jamesmilnerofficial)

James Milner merupakan gelandang veteran yang pernah membela Liverpool setelah didatangkan secara gratis dari Manchester City pada musim panas 2015. Pengalamannya berguna untuk membantu kekuatan lini tengah The Reds. Benar saja, dirinya langsung bisa menyatu dengan sistem permainan tim.

Selain sebagai gelandang, James Milner juga sering diplot menempati berbagai posisi selama membela Liverpool. Kehadirannya bisa menjadi solusi ketika penggawa lain tengah mengalami cedera. Dirinya telah tampil dalam 332 pertandingan dengan mencetak 26 gol dan 46 assist.

Liverpool ternyata melakukan peremajaan skuad khususnya di sektor lini tengah. Ini membuat James Milner harus dilepas secara gratis pada musim panas 2023. Gelandang kelahiran Leeds ini lantas menerima tawaran dari Brighton and Hove Albion dengan durasi kontrak sampai 2024.

5. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Pemain yang Hengkang Permanen dari Liverpool pada Musim Panas 2023Alex Oxlade-Chamberlain (instagram.com/alexoxchamberlain)

Alex Oxlade-Chamberlain adalah gelandang tengah yang dibeli Liverpool dari Arsenal pada musim panas 2017. Pemain kelahiran Portsmouth ini setuju menandatangani kontrak berdurasi lima tahun bersama The Reds. Dirinya diproyeksikan untuk memperkuat sektor tengah tim.

Alex Oxlade-Chamberlain sering mendapat kesempatan untuk tampil sebagai starter bersama Liverpool. Performa tersebut membuatnya diberikan perpanjangan kontrak sampai 2023. Namun, dirinya harus mengalami cedera sehingga mulai tersisih dari skuad utama The Reds. Dia lantas kerap diplot jadi pelapis dalam skema permainan tim. 

Gelandang 29 tahun ini sudah tampil dalam 146 laga dengan menyumbang 18 gol dan 15 assist di berbagai ajang. Liverpool ternyata memilih untuk tidak memperpanjang kontrak Oxlade-Chamberlain sehingga dilepas gratis pada musim panas 2023. Sejauh ini, dia masih berstatus tanpa tim dan tengah mencari pelabuhan baru untuk melanjutkan kariernya.

Kelima pemain tersebut hengkang dari Liverpool secara permanen pada musim panas 2023. The Reds memang tengah melakukan pembenahan di berbagai sektor demi menunjukkan performa yang lebih impresif pada 2023/2024. Tim kota pelabuhan ini masih berpeluang menghadirkan penggawa baru mengingat bursa transfer belum ditutup.

Baca Juga: Pasang Surut Perjalanan Karier Jordan Henderson Bersama Liverpool

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya