3 Pemain Iran yang Mentas di Liga Top Eropa pada 2023/2024

Ada yang berstatus sebagai pemain pinjaman

Iran menjelma jadi salah satu kekuatan sepak bola Asia. Negara berjuluk Team Melli ini mempunyai portofolio menjanjikan karena melahirkan nama-nama legenda di dunia sepak bola, seperti Ali Daei, Ali Karimi, dan Mehdi Mahdavikia yang semuanya pernah mentas di kompetisi Eropa. Hal tersebut membuat banyak tim di Benua Biru tidak ragu mengarahkan radar untuk memantau bakat-bakat menjanjikan asal Iran dewasa ini.

Banyak pemain aktif asal Iran yang berhasil memiliki karier di Benua Biru. Namun, hanya ada sekitar tiga pesepak bola yang tengah mentas di deretan liga sepak bola top Eropa pada 2023/2024. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya sejauh ini?

1. Saman Ghoddos bukan menjadi pilihan utama Brentford

3 Pemain Iran yang Mentas di Liga Top Eropa pada 2023/2024Saman Ghoddos (brentfordfc.com)

Saman Ghoddos adalah gelandang serang yang pertama kali berseragam Brentford dengan status pinjaman dari Amiens SC. Pesepak bola kebangsaan Iran ini bisa memenuhi ekspektasi sehingga dipermanenkan pada musim dingin 2021. Dirinya berjasa ikut menemani langkah The Bees mengarungi Championship hingga mendapat promosi ke EPL. Dia saat ini masih menyisakan kontrak sampai 2024 untuk bertahan di Gtech Community Stadium.

Pada 2023/2024, Saman Ghoddos bukan menjadi pilihan utama Brentford. Dirinya selalu hadir sebagai pelapis dalam skema taktik The Bees. Ini membuatnya minim kontribusi untuk tim. Hingga pekan ke-8, gelandang serang kelahiran Malmo, Swedia, ini baru tampil dalam empat pertandingan di berbagai ajang. Sejauh ini, dia mencatatkan total penampilan sebanyak 92 laga dengan mencetak 5 gol dan 9 assist.

Baca Juga: 4 Pemain Leverkusen yang Pindah ke AS Roma, Sardar Azmoun Terbaru

2. Sardar Azmoun tak langsung debut dengan AS Roma

3 Pemain Iran yang Mentas di Liga Top Eropa pada 2023/2024Sardar Azmoun (twitter.com/OfficialASRoma)

Sardar Azmoun tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya selama membela Bayer Leverkusen. Dirinya lebih sering ditempatkan sebagai pelapis untuk lini depan dari Die Werkself. Pesepak bola kebangsaan Iran ini lantas dipinjamkan ke AS Roma pada musim panas 2023. Dia rencananya akan membela I Giallorossi hingga 2024 dengan opsi pembelian.

Tak langsung debut bersama AS Roma, Sardar Azmoun harus absen dalam beberapa pertandingan untuk menyembuhkan cedera ototnya. Penyerang 28 tahun ini kemudian pulih dan mendapat kesempatan untuk membela I Giallorossi. Sejauh ini, dirinya selalu tampil sebagai pengganti. Sampai minggu ke-8, dia baru mencatatkan tiga pertandingan di Serie A 2023/2024.

3. Alireza Jahanbakhsh kesulitan menjadi starter Feyenoord Rotterdam pada 2023/2024

3 Pemain Iran yang Mentas di Liga Top Eropa pada 2023/2024Alireza Jahanbakhsh (instagram.com/alirezajb_official)

Alireza Jahanbakhsh merupakan penyerang sayap yang bergabung dengan Feyenoord Rotterdam setelah dibeli dari Brighton & Hove Albion pada musim panas 2021. Pemain kelahiran Gilan, Iran, ini setuju untuk menandatangani kontrak sampai 2024 dengan opsi perpanjangan selama 1 tahun. Kehadirannya diplot untuk menambah daya dobrak dan produktivitas lini depan tim asal Belanda tersebut.

Meski begitu, Alireza Jahanbakhsh mulai kesulitan mendapat jatah tampil sebagai starter bersama Feyenoord Rotterdam pada 2023/2024. Ia lebih sering berperan jadi pengganti untuk lini depan. Sampai pekan ke-8, dia bermain dalam 7 laga dengan menyumbang 1 gol di berbagai kompetisi. Pemain asal Iran ini total telah mencatatkan kontribusi dalam 90 pertandingan dengan catatan 17 gol dan 14 assist.

Ketiga pesepak bola kebangsaan Iran tersebut berhasil untuk mentas di liga top Eropa pada 2023/2024. Sejauh ini, mereka semua lebih sering berperan menjadi pelapis. Meski begitu, kehadiran pemain di atas bisa menambah kedalaman untuk timnya masing-masing. Menurutmu, siapakah yang nantinya paling awet berkarier di Benua Biru?

Baca Juga: Mengenal Santiago Gimenez, Penyerang Muda Tajam Feyenoord

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya