6 Pemain Kebangsaan Chile yang Meramaikan Liga Elite Eropa 2023/2024

Ada yang sudah veteran

Chile sukses bertransformasi sebagai salah satu poros kekuatan sepak bola di Amerika Selatan. Negara berjuluk La Roja ini berhasil memenangi Copa America sebanyak dua kali. Selain mentereng dari segi prestasi, mereka juga rutin melahirkan pesepak bola dengan bakat luar biasa. Hal tersebut membuat tim di Eropa saling berebut untuk mendapatkan tanda tangan pemain potensial Chile.

Banyak pesepak bola asal Chile yang akhirnya mempunyai karier dan meraih prestasi di Benua Biru. Mereka dianggap bisa menambah kedalaman sehingga tim tidak ragu-ragu untuk merekrutnya. Pada 2023/2024, ada sebanyak enam pemain Chile yang berhasil menembus liga elite Eropa.

Siapa saja yang dimaksud dan seperti apa performanya sejauh ini? Mari baca tulisan di bawah ini!

1. Lawrence Vigouroux jadi kiper ketiga untuk Burnley pada 2023/2024

6 Pemain Kebangsaan Chile yang Meramaikan Liga Elite Eropa 2023/2024Lawrence Vigouroux (instagram.com/lawrencev93)

Lawrence Vigouroux adalah kiper yang sudah malang melintang membela berbagai tim di Inggris. Pesepak bola kebangsaan Chile ini pernah berseragam klub besar seperti Tottenham Hotspur dan Liverpool. Namun, dia selalu tampil bersama skuad U-21 sehingga tidak pernah mendapat promosi ke tim utama.

Kiper kelahiran London ini kemudian melanjutkan karier membela Burnley setelah didatangkan secara gratis dari Leyton Orient pada musim panas 2023. Lawrence Vigouroux setuju menandatangani kontrak sampai 2026 untuk bertahan di Turf Moor. Dirinya berperan sebagai pelapis dari James Trafford dan Arijanet Muric sehingga belum melakukan debut bersama The Clarets pada 2023/2024.

2. Claudio Bravo harus bergantian dengan Rui Silva menjaga pertahanan Real Betis

6 Pemain Kebangsaan Chile yang Meramaikan Liga Elite Eropa 2023/2024Claudio Bravo (instagram.com/claudiobravo1)

Claudio Bravo merupakan kiper veteran yang gabung dengan Real Betis secara gratis dari Manchester City pada musim panas 2020. Dirinya masih mendapat menit bermain dan beberapa kali dipercaya jadi starter Los Verdiblancos di berbagai kompetisi. Pengalamannya sangat berguna untuk menambah kedalaman lini belakang tim asal Spanyol tersebut. Bravo saat ini masih menyisakan kontrak sampai 2024 untuk bertahan di Benito Villamarin.

Pada 2023/2024, Claudio Bravo tak selalu jadi pilihan utama menjaga pertahanan Real Betis. Dirinya harus bergantian dengan Rui Silva demi mendapat kesempatan secara reguler bersama Los Verdiblancos. Sampai pekan ke-11, kiper 40 tahun ini baru bermain dalam 7 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 6 gol di berbagai kompetisi. Sejauh ini, Bravo total mencatatkan 72 laga dengan kebobolan sebanyak 80 gol.

3. Ben Brereton Diaz didapatkan secara gratis oleh Villarreal pada musim panas 2023

6 Pemain Kebangsaan Chile yang Meramaikan Liga Elite Eropa 2023/2024Ben Brereton Díaz (twitter.com/VillarrealCF)

Ben Brereton Diaz adalah penyerang sayap yang didapatkan oleh Villarreal dari Blackburn Rovers secara gratis pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Stoke-on-Trent ini setuju menandatangani kontrak sampai 2027 bersama Yellow Submarine. Kedatangannya diplot untuk menambah daya gedor dan produktivitas gol tim asal Spanyol tersebut.

Ben Brereton Diaz ternyata lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan Villarreal pada 2023/2024. Hal tersebut membuatnya mendapat menit bermain yang tidak terlalu banyak dan minim kontribusi. Selain penyerang sayap, dia juga pernah diplot sebagai penyerang tengah dalam skema taktik Yellow Submarine. Hingga minggu ke-11, Diaz telah tampil dalam sembilan laga di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 3 Hal Unik soal Michel Sanchez, Sosok Penting Meroketnya Girona

4. Alexis Sanchez kembali memperkuat Inter Milan pada musim panas 2023

6 Pemain Kebangsaan Chile yang Meramaikan Liga Elite Eropa 2023/2024Alexis Sanchez (instagram.com/alexis_officia1)

Alexis Sanchez didatangkan secara gratis oleh Inter Milan dari Olympique Marsille pada musim panas 2023. Pesepak bola 34 tahun ini setuju dengan kontrak sampai 2024. Dirinya bukan sosok asing karena pernah berseragam Nerazzurri kurang lebih selama 3 tahun. Pengalamannya berguna untuk menambah kedalaman lini depan tim asal Italia tersebut.

Alexis Sanchez lebih sering berperan sebagai pengganti dalam skema taktik Inter Milan 2023/2024. Pesepak bola veteran ini mendapat menit bermain yang minim sehingga tidak bisa berkontribusi secara maksimal. Sampai pekan ke-10, dia bermain dalam 10 pertandingan dengan menyumbang 1 gol di berbagai ajang. Sanchez total sudah mencatatkan penampilan sebanyak 116 laga dengan mengukir 21 gol dan 23 assist bersama Nerazzurri.

5. Pablo Galdames sulit mendapat kesempatan reguler bersama Genoa pada 2023/2024

6 Pemain Kebangsaan Chile yang Meramaikan Liga Elite Eropa 2023/2024Pablo Galdames (instagram.com/pablitogaldames)

Pablo Galdames adalah gelandang tengah yang didatangkan oleh Genoa setelah berstatus tanpa tim pada musim panas 2021. Pesepak bola kelahiran Santiago de Chile ini tak selalu jadi pilihan utama  dari Il Grifone. Dirinya bahkan sempat dipinjamkan ke Cremonese selama 6 bulan untuk mendapat menit bermain.

Pada 2023/2024, Pablo Galdames masih kesulitan mendapat kesempatan secara reguler bersama Genoa. Dirinya sering menghabiskan waktu untuk duduk di bangku cadangan Il Grifone. Hingga minggu ke-10, gelandang tengah kebangsaan Chile ini hanya diturunkan dalam dua pertandingan di berbagai kompetisi. Sejauh ini, dia total bermain sebanyak 28 laga bersama tim asal Italia tersebut.

6. Gabriel Suazo, pesepak bola serba bisa di sisi kiri permainan Toulouse

6 Pemain Kebangsaan Chile yang Meramaikan Liga Elite Eropa 2023/2024Gabriel Suazo (instagram.com/toulousefc dan gabrielalonso11)

Gabriel Suazo merupakan bek kiri yang diboyong oleh Toulouse dari Colo-Colo pada musim dingin 2023. Dirinya langsung dipagari kontrak sampai 2026 bersama Les Violets. Tak butuh waktu lama, pesepak bola 26 tahun ini sukses jadi salah satu instrumen penting di lini belakang tim asal Prancis tersebut.

Pada 2023/2024, Gabriel Suazo masih sulit tergeser dari skuad utama Toulouse. Dirinya sering dipasang sebagai starter di berbagai ajang. Tak hanya diplot bek kiri, pesepak bola kelahiran San Bernardo ini bisa berperan jadi gelandang kiri dan penyerang sayap kiri. Hingga pekan ke-10, Suazo sudah berkontribusi dalam 13 pertandingan dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist. Dia total mencatatkan penampilan sebanyak 35 laga dengan mengukir 2 gol dan 3 assist selama berseragam Les Violets.

Keenam pemain kebangsaan Chile, termasuk Alexis Sanchez, meramaikan liga elite Eropa pada 2023/2024. Sebagian besar dari mereka kesulitan menembus skuad utama timnya masing-masing. Meski begitu, para pemain di atas bisa menambah kedalaman sehingga memperbanyak opsi bagi pelatih dalam menentukan strategi.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Kembali Gabung Inter Milan, Ada Alexis Sanchez!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya