8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPL

Aubameyang baru bergabung pada musim panas 2023

Chelsea dan Pierre-Emerick Aubameyang sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih cepat. Penyerang asal Gabon tersebut dilepas secara gratis pada musim panas 2023. Sempat dikabarkan akan melanjutkan karier ke Saudi Pro League, dirinya akhirnya memilih pinangan dari Olympique Marseille.

Kehadiran Pierre-Emerick Aubameyang ternyata menambah daftar pemain aktif Olympique Marseille yang pernah berkarier membela tim di English Premier League (EPL). Termasuk dirinya, ada sekitar delapan penggawa Les Phocees yang sudah mencicipi bergabung dengan klub kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut. Siapa saja pesepak bola yang dimaksud? Baca tulisan di bawah ini, ya!

1. Pierre-Emerick Aubameyang

8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPLPierre-Emerick Aubameyang (premierleague.com)

Jauh sebelum membela Olympique Marseille, Pierre-Emerick Aubameyang pernah merasakan atmosfer EPL dengan membela Arsenal setelah didatangkan dari Borussia Dortmund pada musim dingin 2018. Kehadirannya diplot untuk menggantikan posisi Olivier Giroud yang hengkang ke Chelsea.

Penyerang asal Gabon ini mampu menjadi ujung tombak andalan The Gunners. Dirinya telah tampil dalam 163 laga dengan membuat 92 gol dan 21 assist. Namun, dia berseteru dengan Mikel Arteta sehingga harus dijual ke Barcelona pada musim dingin 2022.

Hanya tampil singkat bersama Barcelona, Chelsea mendatangkannya pada musim panas 2022. Aubameyang setuju menandatangani kontrak hingga 2024 dengan The Blues. Namun, ia ternyata kesulitan menembus skuad utama dan lebih sering dijadikan cadangan. Dia hanya tampil dalam 21 laga dengan menyumbang 3 gol dan 1 assist.

Chelsea dan Aubameyang lantas mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak lebih awal sehingga dilepas gratis pada musim panas 2023. Sempat dikabarkan melanjutkan karier ke Arab Saudi, dirinya ternyata menerima tawaran dari Marseille. Penyerang veteran ini setuju menandatangani kontrak hingga 2026.

2. Pau Lopez

8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPLPau Lopez (twitter.com/SpursOfficial)

Pau Lopez pernah berkarier di English Premier League dengan membela Tottenham Hotspur pada musim panas 2016. Kiper asal Spanyol ini hadir sebagai pinjaman dari Espanyol. Ia berseragam The Lilywhites dengan durasi selama semusim.

Pau Lopez hadir bukan sebagai pilihan utama dari Tottenham. Ia berperan sebagai pelapis dan menambah kedalaman terutama di lini belakang. Kiper kelahiran Girona ini selalu duduk di bangku cadangan. Ia tidak pernah mendapat kesempatan untuk debut membela tim London Utara tersebut. Dia hanya bermain membela skuad U21 dari The Lilywhites.

3. Chancel mbemba

8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPLChancel Mbemba (twitter.com/NUFC)

Chancel Mbemba merupakan bek tengah yang pernah berseragam Newcastle United setelah dibeli dari RSC Anderlecht pada musim panas 2015. Pemain kelahiran Kinshasa ini dianggap sebagai salah satu aset penting sehingga diikat kontrak selama lima tahun. Kehadirannya diproyeksikan untuk menjadi tembok kokoh dari The Magpies.

Bek tengah 28 tahun ini langsung dipercaya menjaga lini belakang Newcastle pada musim pertamanya. Seiring berjalannya waktu, posisi Mbemba mulai tergeser dari skuad utama dan lebih sering duduk di bangku cadangan. Ia hanya tampil dalam 59 laga dengan mencetak 1 gol. Dia mendapat menit bermain yang minim selama membela The Magpies. Mbemba sendiri lantas memilih hengkang setelah mendapat tawaran dari FC Porto pada musim panas 2018.

4. Renan Lodi

8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPLRenan Lodi (nottinghamforest.co.uk)

Renan Lodi merupakan bek kiri yang pernah bermain untuk Nottingham Forest dengan status pinjaman dari Atletico Madrid pada musim panas 2022. Pemain berkebangsaan Brasil ini berseragam The Tricky Trees selama semusim. Kehadirannya untuk menambah kekuatan, terutama di lini belakang tim.

Meski berstatus sebagai pinjaman, Renan Lodi sukses mendapat kesempatan secara reguler membela Nottingham Forest. Posisinya sulit tergantikan di sisi sebelah kiri permainan tim asal Inggris tersebut. Pemain kelahiran Serrana ini sudah tampil dalam 32 pertandingan dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist

Renan Lodi lantas kembali dari masa peminjamannya dan memperkuat Atletico Madrid pada musim panas 2023. Ia ternyata tidak masuk dalam rencana jangka panjang tim berjuluk Los Colchoneros tersebut. Bek kiri 25 tahun ini memilih pergi dengan menerima pinangan dari Olympique Marseille. Dia setuju menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2028.

Baca Juga: Habis Kontrak, 5 Pemain Olympique Marseille Ini Hengkang secara Gratis

5. Jordan Amavi

8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPLJordan Amavi (twitter.com/AVFCOfficial)

Jordan Amavi adalah bek kiri yang didatangkan Aston Villa dari OGC Nice pada musim panas 2015. Dirinya menjadi salah satu rekrutan menjanjikan sehingga mendapat kontrak selama lima tahun. Pemain kelahiran Toulon ini diplot untuk memperkuat lini belakang dan membantu penyerangan melalui sisi kiri permainan The Villans.

Jordan Amavi langsung dipercaya menjadi starter Aston Villa di berbagai ajang pada musim pertamanya. Namun, posisinya mulai tergeser sehingga dipinjamkan ke Marseille selama satu tahun. Ia hanya tampil dalam 48 laga dengan mengukir 4 assist bersama The Villans. Pemain 29 tahun ini lantas dipermanenkan oleh tim asal Prancis tersebut pada musim panas 2018.

6. Jordan Veretout

8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPLJordan Veretout (twitter.com/AVFCOfficial)

Jordan Veretout merupakan gelandang bertahan yang pernah memperkuat Aston Villa setelah didatangkan dari FC Nantes pada musim panas 2015. Pemain asal Prancis ini dianggap sebagai salah satu aset penting sehingga mendapat kontrak selama lima tahun. Ia hadir untuk menambah kekuatan, terutama di lini tengah The Villans.

Gelandang bertahan kelahiran Ancenis ini beberapa kali mendapat kesempatan tampil sebagai starter pada musim perdananya membela Aston Villa. Hanya bertahan singkat, dia dipinjamkan ke AS Saint-Etienne pada musim panas 2016. Ini bertujuan untuk membuat permainannya lebih berkembang.

Jordan Veretout bermain dalam 29 pertandingan dengan menyumbangkan 5 assist selama berseragam Aston Villa. Pemain 30 tahun ini ternyata tidak masuk dalam rencana jangka panjang The Villans. Dirinya kemudian memilih hengkang dengan menerima tawaran dari Fiorentina pada musim panas 2017.

7. Matteo Guendouzi

8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPLMatteo Guendouzi (twitter.com/Arsenal)

Matteo Guendouzi merupakan gelandang tengah yang pernah berkarier di EPL bersama Arsenal. Ia didatangkan dari FC Lorient pada musim panas 2018. Pemain asal Prancis ini mendapat kontrak dengan durasi selama empat tahun dengan The Gunners.

Selain diplot sebagai gelandang tengah, Guendouzi bisa menempati posisi gelandang bertahan dalam skema permainan Arsenal. Pesepak bola 24 tahun ini menjelma sebagai bakat menjanjikan sehingga kerap dipasang sebagai starter. Ia bisa memberikan kontribusi di lini tengah tim asal London Utara tersebut.

Namun, ketatnya persaingan di lini tengah membuat Guendouzi mulai mendapat menit bermain yang minim dan harus dipinjamkan ke beberapa tim. Ia telah tampil dalam 82 pertandingan dengan mengukir 1 gol dan 5 assist bersama The Gunners. Dia kemudian memilih pergi secara permanen setelah menerima tawaran dari Olympique Marseille pada musim panas 2022.

8. Cengiz Under

8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPLCengiz Under (twitter.com/cengizunder)

Cengiz Under pernah membela Leicester City dengan status pinjaman dari AS Roma pada musim panas 2020. Penyerang sayap ini bergabung dengan skuad The Foxes selama satu musim penuh. Dia datang untuk memberi angin segar terutama di lini depan tim.

Cengiz Under ternyata tidak bisa menunjukkan kontribusi maksimal terhadap permainan Leicester City karena menderita cedera. Ia hanya tampil dalam 19 pertandingan dengan menyumbang 2 gol dan 3 assist. Meski begitu, pemain asal Turki ini ikut mengantarkan The Foxes menjadi juara FA Cup 2021.

Kedelapan penggawa aktif Olympique Marseille tersebut pernah merasakan berkarier dengan membela tim di EPL. Aubameyang menjadi rekrutan terbaru dari tim berjuluk Les Phoceens pada musim panas 2023. Pengalamnya diharapkan bisa membantu meningkatkan produktivitas gol tim asal Prancis ini pada 2023/2024.

Baca Juga: 10 Potret Cengiz Under, Winger Turki yang Bersinar bersama Marseille

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya