5 Penggawa Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023, Ada Ziyech 

Sebagian besar masih berusia muda

Setelah gagal hengkang ke Paris Saint-Germain dan Al Nassr, Hakim Ziyech akhirnya meninggalkan Chelsea dengan status pinjaman ke Galatasaray pada musim panas 2023. Pemain kelahiran Dronten ini akan membela tim asal Turki tersebut selama 1 tahun. Kehadirannya untuk menambah kreativitas dan daya gedor lini serang Cimbom.

Ternyata, Hakim Ziyech menambah daftar penggawa Chelsea yang dipinjamkan ke tim lain pada musim panas 2023. Termasuk dirinya, ada sekitar lima pemain The Blues yang tengah menjalani masa peminjaman. Siapa saja mereka? Mari simak tulisan berikut ini!

1. Hakim Ziyech mulai tersisih dari Chelsea sehingga hijrah ke Galatasaray

https://www.youtube.com/embed/SBjTr2Ro6qY

Hakim Ziyech bisa menunjukkan performa mengesankan saat masih membela Ajax Amsterdam. Ini membuat Chelsea memboyongnya pada musim panas 2020. Gelandang serang 30 tahun ini dianggap sebagai salah satu aset masa depan sehingga dipagari kontrak sampai 2025. Dirinya diplot untuk menambah opsi di lini tengah dan penyerangan The Blues.

Pesepak bola berkebangsaan Maroko ini ternyata kesulitan untuk menembus skuad utama Chelsea. Hakim Ziyech lebih sering berperan sebagai pelapis dalam skema permainan tim. Ini membuatnya mendapat menit bermain yang minim. Meski begitu, dia ikut mempersembahkan berbagai gelar bergengsi untuk The Blues. Sejauh ini, dirinya telah tampil dalam 107 laga dengan menyumbang 14 gol dan 13 assist.

Hakim Ziyech tersisih dari skuad utama Chelsea. Dirinya sempat hampir bergabung dengan Paris Saint-Germain dan Al Nassr. Namun, itu semua gagal terwujud karena mengalami beberapa kendala. The Blues lantas menemui kesepakatan dengan Galatasaray pada musim panas 2023. Gelandang 30 tahun ini dipinjamkan ke tim asal Turki tersebut selama 1 tahun. Ini bisa menjadi titik balik dalam kariernya yang mulai menurun.

2. Kepa Arrizabalaga diplot sebagai pengganti Thibaut Courtois di Real Madrid

5 Penggawa Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023, Ada Ziyech Kepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Kepa Arrizabalaga merupakan kiper yang bergabung dengan Chelsea dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018. Pesepak bola kelahiran Ondarroa ini masih menyisakan kontrak hingga 2025 bersama tim asal London tersebut. Kehadirannya saat itu diplot sebagai pengganti Thibaut Courtois yang memilih pindah ke Real Madrid.

Pemain berkebangsaan Spanyol ini mampu menjelma jadi pilihan utama dari Chelsea. Namun, Kepa Arrizabalaga sempat tersisih setelah Edouard Mendy bergabung dengan The Blues. Seiring berjalannya waktu, pesepak bola 28 tahun ini bisa mendapat kepercayaan pelatih lagi sehingga menjadi salah satu instrumen penting di lini belakang. Sejauh ini, dirinya sudah bermain dalam 163 laga dengan kebobolan sebanyak 175 gol di berbagai ajang.

Meski jadi kiper utama, Kepa Arrizabalaga dilepas Chelsea pada musim panas 2023. Dirinya pergi dengan status pinjaman ke Real Madrid. Ini terjadi karena Thibaut Courtois mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Kepa sendiri akan bertahan di Santiago Bernabeu selama 1 tahun.

Baca Juga: Hakim Ziyech di Timnas Maroko, Sempat Pensiun hingga Sumbangkan Gaji

3. David Datro Fofana dipinjamkan ke Union Berlin

https://www.youtube.com/embed/h62aqtwl9-w

David Datro Fofana merupakan penyerang muda potensial yang dibeli Chelsea dari Molde FK pada musim dingin 2023. Pesepak bola kelahiran Ouragahio ini menjadi rekrutan penting sehingga diberikan kontrak hingga 2029. Kehadirannya berguna untuk menambah kedalaman terutama di lini depan The Blues. 

Penyerang 20 tahun ini ternyata kesulitan untuk mendapat kesempatan reguler bersama Chelsea. David Datro Fofana tercatat hanya bermain dalam empat pertandingan di berbagai ajang. Dirinya lantas dipinjamkan ke Union Berlin selama 1 tahun. Ini bertujuan untuk membuat permainannya lebih matang dan berkembang.

4. Gabriel Slonina mencari jam terbang dengan membela KAS Eupen

5 Penggawa Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023, Ada Ziyech Gabriel Slonina (as-eupen.be)

Gabriel Slonina adalah kiper yang diboyong Chelsea dari Chicago Fire pada musim panas 2022. Dirinya setuju untuk menandatangani kontrak hingga 2028 bersama The Blues. Pemain 19 tahun ini diproyeksikan menjadi tembok kokoh pertahanan untuk tim asal London tersebut.

Belum sempat melakukan debut, Gabriel Slonina langsung dipinjamkan kembali ke Chicago Fire. Selepas menyelesaikan masa peminjaman, dirinya lebih sering bermain dengan Chelsea U-21. Sejauh ini, dia tercatat sudah tampil dalam 8 laga dengan kebobolan sebanyak 13 gol.

Gabriel Slonina masih belum mendapat kesempatan untuk tampil membela Chelsea. Dirinya lantas dipinjamkan ke KAS Eupen pada musim panas 2023. Ini bisa menjadi kesempatan untuk membuktikan performanya sehingga dipanggil ke skuad utama The Blues.

5. Angelo Gabriel langsung dipinjamkan ke RC Strasbourg

https://www.youtube.com/embed/uax8lzEi37Y

Angelo Gabriel adalah penyerang sayap potensial yang berhasil diboyong Chelsea dari Santos pada musim panas 2023. The Blues harus menebusnya dengan mahar sekitar 15 juta euro atau Rp250 miliar. Talenta asal Brasil ini langsung dipagari dengan kontrak jangka panjang sampai 2028.

Meski masih berusia muda, Angelo Gabriel mampu menembus skuad utama dari Santos. Dirinya sukses menyuguhkan penampilan yang impresif. Penyerang sayap 18 tahun ini sudah tampil dalam 129 pertandingan dengan mencetak 5 gol dan 10 assist. Performa tersebut sukses memikat Chelsea pada musim panas 2023. Namun, dia belum bisa melakukan debut membela The Blues karena langsung dipinjamkan selama 1 tahun ke RC Strasbourg.

Kelima penggawa Chelsea tersebut dipinjamkan ke tim lain pada musim panas 2023. Beberapa dari mereka masih berusia muda sehingga memerlukan menit bermain untuk membuat performanya lebih matang. Menurutmu, siapakah dari pemain di atas yang akan bersinar pada 2023/2024?

Baca Juga: Kepa Arrizabalaga Berharap Dipermanen Real Madrid

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya