3 Penggawa Manchester United yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024

Jadon Sancho kembali ke Borussia Dortmund

Manchester United menampilkan performa yang cenderung kurang konsisten pada paruh musim 2023/2024. Hal tersebut membuat The Red Devils untuk sementara menduduki peringkat ketujuh di English Premier League (EPL). Selain itu, tim asuhan Erik ten Hag ini juga telah tersingkir dari EFL Cup dan Liga Champions Eropa.

Manchester United lantas dituntut melakukan pembenahan skuad pada musim dingin 2024. The Red Devils langsung mengubah komposisi kekuatan dengan meminjamkan beberapa penggawa yang dirasa sudah tidak sejalan dengan skema taktik. Sejauh ini, ada tiga pemain yang tengah menjalani masa peminjaman ke tim lain.

Siapa saja yang dimaksud tersebut? Mari, baca ulasan di bawah ini!

1. Hannibal Mejbri minim kesempatan sehingga dipinjamkan kepada Sevilla

3 Penggawa Manchester United yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024Hannibal Mejbri (kanan) (instagram.com/hannibal.mj dan sevillafc)

Hannibal Mejbri adalah gelandang serang jebolan akademi Manchester United. Pemain kebangsaan Tunisia ini sudah tampil di berbagai kategori umur. Performanya dianggap mengesankan sehingga beberapa kali diboyong untuk membela skuad senior. Dirinya lantas benar-benar mendapat promosi pada 2022. Namun, dia juga sempat menjalani masa peminjaman ke Birmingham City demi mendapat menit bermain serta pengalaman.

Setelah tampil impresif bersama Birmingham City, Hannibal Mejbri mendapat panggilan lagi untuk memperkuat Manchester United. Dirinya kembali bergabung dengan skuad senior The Red Devils pada 2023/2024. Namun, gelandang serang 20 tahun ini kesulitan menembus tim utama sehingga sering duduk di bangku cadangan. Hingga pekan 21, dia baru diturunkan dalam 10 pertandingan dengan menyumbang 1 gol di semua ajang. Mejbri sendiri berkontribusi dalam 13 laga dengan menorehkan 1 gol.

Minimnya kesempatan bersama Manchester United, Hannibal Mejbri setuju untuk dipinjamkan kepada Sevilla pada musim dingin 2024. Dirinya akan tampil membela Los Nervionenses hingga Juni 2024 dengan opsi pembelian. Pesepak bola kelahiran Ivry-sur-Seine ini berpotensi menambah kedalaman area tengah dan membantu meningkatkan kreativitas lini depan tim asal Spanyol tersebut.

2. Jadon Sancho langsung membuat assist untuk Borussia Dortmund pada 2023/2024

3 Penggawa Manchester United yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024Jadon Sancho (bvb.de)

Jadon Sancho sukses tampil mengesankan saat masih membela Borussia Dortmund. Performa tersebut memikat hati Manchester United sehingga didatangkan pada musim panas 2021. Dirinya dianggap sebagai penyerang sayap dengan prospek menjanjikan dan langsung mendapat kontrak jangka panjang sampai 2026. Pemain kelahiran London ini sendiri cukup sering dipercaya masuk skuad utama The Red Devils.

Namun, kariernya tak berjalan mulus belakangan ini. Jadon Sancho terlibat konflik dengan Erik ten Hag pada paruh musim 2023/2024. Hal ini membuat penyerang sayap 23 tahun tersebut tersingkir dari skuad utama The Red Devils. Hingga pekan 20, dirinya hanya bermain dalam 3 pertandingan di EPL. Sancho sendiri total berkontribusi sebanyak 82 laga dengan 12 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

Manchester United kemudian membuat keputusan untuk meminjamkan Jadon Sancho kepada klub lamanya, Borussia Dortmund, pada musim dingin 2024. Dirinya akan berseragam Die Borussen sampai Juni 2024. Pemain asal Inggris ini langsung diturunkan pada pekan 17 Bundesliga Jerman 2023/2024. Dirinya ternyata bisa berkontribusi dengan menyumbang satu assist.

3. Donny van de Beek langsung jadi starter saat debut bersama Eintracht Frankfurt 2023/2024

3 Penggawa Manchester United yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024Donny van de Beek (profis.eintracht.de)

Donny van de Beek menjadi salah satu instrumen penting saat masih berseragam Ajax Amsterdam. Portofolio meyakinkan tersebut membuat Manchester United merekrutnya pada musim panas 2020. Dirinya juga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2025 demi bertahan di Old Trafford.

Tak berjalan sesuai rencana, Donny van de Beek ternyata sulit menembus skuad utama Manchester United. Gelandang tengah asal Belanda tersebut kerap menghabiskan waktu di bangku cadangan. Dia makin tersisih setelah The Red Devils memutuskan untuk meminjamkannya ke Everton pada musim dingin 2022.

Selepas kembali memperkuat Manchester United, Donny van de Beek masih berjuang mendapat kesempatan reguler. Pada 2023/2024, dirinya hanya dimainkan dalam dua pertandingan di berbagai kompetisi. Pesepak bola 26 tahun ini total mencatatkan penampilan sebanyak 62 laga dengan menorehkan 2 gol dan 2 assist untuk The Red Devils.

Donny van de Beek lantas pergi dari Manchester United dengan status pinjaman menuju Eintracht Frankfurt pada musim dingin 2024. Dia akan membela Die Adler sampai Juni 2024 dengan opsi pembelian. Tak butuh waktu lama, gelandang tengah kelahiran Nijkerkerveen tersebut langsung debut menjadi starter pada pekan 17 Bundesliga Jerman 2023/2024.

Ketiga penggawa Manchester United tersebut tengah menjalani masa peminjaman pada musim dingin 2024. Sebagian besar dari mereka dipinjamkan dengan opsi pembelian pada akhir musim. Ini juga sebagai ajang pembuktian para pesepak bola di atas untuk mengeluarkan kemampuan terbaik sehingga bisa memberi dampak penting bagi tim barunya.

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya