3 Penyerang Berkebangsaan Jepang di Bundesliga 2023/2024

Dua di antaranya bergabung secara gratis

Jika membicarakan poros kekuatan sepak bola Asia, maka Jepang tentu menjadi salah satu nama yang sulit dilewatkan. Negara yang memiliki julukan Samurai Blue ini mampu menunjukkan performa solid di berbagai ajang bergengsi internasional. Tak sia-sia, mereka tercatat sudah memenangkan sebanyak empat Piala Asia.

Jepang tentu melalui proses panjang demi meraih hasil mengesankan tersebut. Mereka memulai dari bawah dengan melakukan pembinaan talenta-talenta muda berbakat. Selain itu, Samurai Blue juga sukses menjalankan salah satu liga terbaik di Asia. Hal ini memberikan dampak besar terhadap kemajuan dan proses regenerasi tim nasional.

Berkat etos kerja menjanjikan, banyak pesepak bola Jepang akhirnya masuk radar transfer tim Eropa. Mereka bahkan bisa menembus ketatnya persaingan di berbagai liga top Benua Biru. Salah satu yang menjadi tujuan favorit untuk melebarkan sayap adalah Bundesliga Jerman. Ada sekitar tiga penyerang Samurai Blue yang mewarnai kasta tertinggi Liga Jerman tersebut pada 2023/2024.

1. Takuma Asano hampir sulit tergantikan di lini depan VfL Bochum 2023/2024

3 Penyerang Berkebangsaan Jepang di Bundesliga 2023/2024Takuma Asano (instagram.com/asatakugram)

Takuma Asano adalah penyerang sayap yang mampu tampil gemilang saat masih berseragam Partizan Belgrade. Meski menunjukkan kinerja solid, pemain berkebangsaan Jepang ini memilih memutus kerja sama karena masalah pembayaran gaji. Dia lantas sempat berstatus tanpa tim. Beruntung, dirinya mendapat tawaran dari VfL Bochum pada musim panas 2021. Talenta kelahiran Komono tersebut menandatangani kontrak hingga 2024. Asano sendiri tentu tidak asing dengan atmosfer sepak bola Jerman karena sebelumnya memperkuat VfB Stuttgart dan Hannover 96.

Benar saja, kedatangan Takuma Asano sukses menambah kedalaman lini serang VfL Bochum. Dirinya sering mendapat kesempatan untuk tampil sejak menit pertama di semua kompetisi. Namun, kariernya tak selalu mulus, dia juga sempat absen cukup lama karena menderita cedera lutut. Selepas pulih, Asano kembali mendapatkan tempat utama dalam skema taktik Die Unabsteigbaren.

Takuma Asano masih dipercaya sebagai salah satu figur penting VfL Bochum 2023/2024. Dirinya hampir sulit tergantikan di lini depan Die Unabsteigbaren. Selain penyerang sayap, talenta yang kini berusia 29 tahun ini bisa diplot menjadi penyerang tengah dan gelandang serang tergantung kebutuhan taktik tim. Sampai pekan ke-31 musim ini, dia bermain sebanyak 28 kali dengan menyumbang 7 gol dan 1 assist di semua ajang. Asano sendiri mencatatkan total kontribusi sebanyak 86 pertandingan dengan membuat 14 gol dan 7 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Memenangkan Bundesliga Jerman Bersama 2 Klub

2. Ritsu Doan bisa mengisi posisi penyerang sayap dan gelandang sayap SC Freiburg 2023/2024

3 Penyerang Berkebangsaan Jepang di Bundesliga 2023/2024Ritsu Doan (instagram.com/doanritsu)

Ritsu Doan merupakan penyerang sayap yang dibeli SC Freiburg dari PSV Eindhoven pada musim panas 2022. Pesepak bola kelahiran Amagasaki ini telah menandatangani kontrak dengan rincian yang dirahasiakan. Tak butuh waktu lama, talenta yang kini berusia 25 tahun tersebut langsung dipercaya sebagai pilihan utama di sisi kanan penyerangan Breisgau-Brasilianer. Hal ini membuatnya mendapat banyak menit bermain dan bisa menunjukkan kontribusi terhadap performa tim.

Masih sulit tergantikan, Ritsu Doan sering diturunkan sebagai starter SC Freiburg 2023/2024. Julian Schuster selaku pelatih biasa memainkan talenta berkebangsaan Jepang ini menjadi penyerang sayap kanan dan gelandang sayap kanan sesuai skema taktik Breisgau-Brasilianer. Hingga pekan ke-31 musim ini, dirinya tampil sebanyak 39 kali dengan membuat 7 gol dan 7 assist di berbagai kompetisi. Doan sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 84 laga dengan menorehkan 14 gol dan 14 assist bersama tim asal Jerman tersebut.

3. Shio Fukuda mendapat promosi ke skuad senior Borussia Moenchengladbach pada musim dingin 2024

3 Penyerang Berkebangsaan Jepang di Bundesliga 2023/2024Shio Fukuda (instagram.com/borussia dan shioufukuda)

Shio Fukuda adalah penyerang tengah yang didapatkan gratis oleh Borussia Moenchengladbach dari Kamimura Gakuen High School pada musim dingin 2023. Tak langsung bergabung dengan tim utama, talenta kelahiran Kanoya ini terlebih dahulu harus ditempa bersama skuad U-19 dan Borussia Moenchengladbach II. Ini demi membuatnya mendapat banyak jam terbang.

Benar saja, Shio Fukuda dianggap menunjukkan kinerja mengesankan sehingga mendapat kesempatan promosi ke skuad senior Borussia Moenchengladbach pada musim dingin 2024. Kehadiran talenta yang kini berusia 20 tahun ini berpotensi menambah variasi serangan lini depan. Sejauh ini, dia selalu memulai laga dari bangku cadangan sehingga masih minim kontribusi. Sampai pekan ke-31 musim ini, Fukuda baru diberikan kesempatan sebanyak empat kali di Bundesliga Jerman 2023/2024.

Ketiga penyerang berkebangsaan Jepang di atas mewarnai Bundesliga Jerman 2023/2024. Musim ini, Takuma Asano dan Ritsu Doan berhasil menghiasi skuad utama sehingga memperoleh banyak menit bermain di masing-masing tim. Sementara, Shio Fukuda menjadi debutan yang masih minim kesempatan bersama Borussia Moenchengladbach.

Baca Juga: 4 Pemain Muda VfB Stuttgart yang Cetak Gol di Bundesliga 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya