Rapor 4 Pemain Turki yang Berkarier di LaLiga 2023/2024, Ada Wonderkid

Sebagian pindah pada musim panas 2023

Turki tak pernah kehabisan talenta dalam dunia sepak bola. Selain itu, negara berjuluk Ay-Yildizlilar ini mampu mengelola kompetisi dengan baik, sehingga diperhitungkan di Eropa. Hal tersebut juga berdampak positif karena banyak pemain asal Turki dilirik oleh tim raksasa dan bisa berkarier di liga top Benua Biru.

LaLiga Spanyol jadi salah satu kompetisi elite yang sering diperkuat oleh pesepak bola asal Turki. Bukan tanpa alasan, mereka dianggap mampu bersaing dan kerap membawa dampak besar terhadap permainan tim.

Pada 2023/2024, ada sebanyak empat pemain kebangsaan Turki yang berkarier di kasta teratas sepak bola Spanyol tersebut. Siapa saja yang dimaksud dan seperti apa rapornya sejauh ini?

1. Arda Guler belum debut bersama Real Madrid karena masih mengalami cedera otot

https://www.youtube.com/embed/xC-Cn_O5KwU

Arda Guler merupakan wonderkid yang menimba ilmu di akademi sepak bola milik Fenerbahce. Gelandang serang kelahiran Ankara ini sudah tampil di berbagai kelompok umur dan menunjukkan performa impresif. Ini mengantarkannya mendapat promosi ke skuad utama pada 2021. Meski masih muda, dirinya perlahan mampu mendapat menit bermain dan jadi faktor pembeda dalam permainan Sari Kanaryalar.

Performa solid ini membuat namanya dikaitkan dengan beberapa tim besar di Eropa. Arda Guler lantas memilih untuk menerima pinangan dari Real Madrid pada musim panas 2023. Pesepak bola 18 tahun ini sudah menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2029 untuk bertahan di Santiago Bernabeu. Namun, dirinya belum melakukan debut bersama Los Blancos karena masih terkendala cedera otot.

2. Cenk Ozkacar dipermanenkan oleh Valencia pada musim panas 2023

Rapor 4 Pemain Turki yang Berkarier di LaLiga 2023/2024, Ada WonderkidCenk Ozkacar (instagram.com/cenkozkacar)

Cenk Ozkacar adalah bek tengah yang datang pertama kai membela Valencia dengan status pinjaman dari Olympique Lyon. Pesepak bola 23 tahun ini mampu memenuhi ekspektasi sehingga dipermanenkan pada musim panas 2023. Dirinya juga dianggap sebagai bagian penting di lini belakang sehingga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028. Kehadirannya menambah kekuatan di jantung pertahanan Los Ches.

Pada 2023/2024, Cenk Ozkacar kerap menjadi pilihan utama untuk menjaga area pertahanan Valencia. Selain diplot sebagai bek tengah, pesepak bola kelahiran Izmir ini mampu menjalankan peran jadi bek kiri dalam skema taktik Los Ches. Hingga minggu ke-10, dirinya sudah bermain dalam delapan pertandingan di LaLiga. Sejauh ini, Ozkacar total mencatatkan kontribusi sebanyak 29 laga dengan 1 assist di berbagai ajang.

Baca Juga: 6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda Guler

3. Caglar Soyuncu gabung secara gratis dengan Atletico Madrid pada musim panas 2023

Rapor 4 Pemain Turki yang Berkarier di LaLiga 2023/2024, Ada WonderkidCaglar Soyuncu (twitter.com/Atleti)

Caglar Soyuncu tidak mencapai kesepakatan dengan Leicester City sehingga dilepas secara gratis pada musim panas 2023. Tak sampai menganggur, bek tengah kebangsaan Turki ini menerima pinangan dari Atletico Madrid. Dirinya setuju untuk menandatangani kontrak sampai 2027 untuk bertahan di Civitas Metropolitano.

Caglar Soyuncu ternyata lebih sering hadir sebagai pelapis di lini belakang Atletico Madrid pada 2023/2024. Selain itu, dirinya juga sempat mengalami cedera sehingga harus absen dalam beberapa pertandingan. Hal tersebut membuatnya mendapat menit bermain yang sedikit bersama Los Colchoneros. Sampai pekan ke-10, dia baru tampil dalam tiga laga di berbagai kompetisi.

4. Enes Unal belum tampil pada 2023/2024 karena berkutat dengan cedera ACL

Rapor 4 Pemain Turki yang Berkarier di LaLiga 2023/2024, Ada WonderkidEnes Unal (instagram.com/enesunal16)

Enes Unal merupakan penyerang yang diboyong oleh Getafe dari Villarreal pada musim panas 2020. Pemain kelahiran Bursa ini dianggap mempunyai masa depan menjanjikan sehingga dipagari kontrak sampai 2025. Dirinya bisa mendapat menit bermain yang banyak dan sering jadi pilihan utama di lini depan tim berjuluk Geta Azulones tersebut.

Enes Unal belum bermain sama sekali pada 2023/2024. Penyerang 26 tahun ini masih mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) sejak Mei 2023. Ini membuatnya harus absen dalam banyak pertandingan. Meski begitu, dirinya total sudah tampil dalam 104 laga dengan mencetak 36 gol dan 8 assist di berbagai kompetisi.

Keempat pesepak bola asal Turki tersebut berkarier di LaLiga 2023/2024. Arda guler dan Enes Unal belum tampil sama sekali pada 2023/2024 karena tengah menderita cedera. Meski begitu, para pemain di atas berpeluang mengangkat performa tim agar lebih diperhitungkan di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Remaja Terakhir yang Diboyong Real Madrid sebelum Arda Guler

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya