Rapor 3 Rekrutan Baru Celtic asal Asia pada Awal 2023/2024, Ada Iwata!

Sebagian besar berkebangsaan Korea Selatan

Ange Postecoglu memilih untuk meninggalkan Celtic setelah menyetujui tawaran untuk melatih Tottenham Hotspur pada musim panas 2023. Klub asal Skotlandia ini lantas mengambil langkah cepat dengan merekrut Brendan Rodgers pada Juli 2023. Juru taktik kebangsaan Irlandia Utara ini mendapat kontrak sampai 2026 bersama The Bhoys.

Brendan Rodgers tentu bukan sosok asing karena sebelumnya pernah melatih Celtic. Juru taktik 50 tahun ini langsung membongkar pasang skuad pada musim panas 2023 yang lalu. The Bhoys harus melepas beberapa pemain dan ada yang memiliki peran kunci seperti Jota yang memilih gabung dengan Al Ittihad.

Celtic lantas aktif mencari pengganti pada musim panas 2023 yang lalu. Di antara penggawa yang berhasil didatangkan ke Celtic Park, ada sebanyak tiga rekrutan baru yang berasal dari Asia. Siapa saja pemain yang dimaksud tersebut dan seperti apa rapornya pada awal 2023/2024? Mari simak ulasannya di bawah ini!

1. Tomoki Iwata dipermanenkan oleh Celtic pada musim panas 2023

Rapor 3 Rekrutan Baru Celtic asal Asia pada Awal 2023/2024, Ada Iwata!Tomoki Iwata (instagram.com/celticfc dan iwata.tomoki29)

Tomoki Iwata adalah gelandang bertahan yang pertama kali membela Celtic dengan status pinjaman dari Yokohama F Marinos pada musim dingin 2023. Pesepak bola kebangsaan Jepang ini ternyata lebih sering diplot sebagai pelapis dalam skema taktik. Meski begitu, pemain 26 tahun tersebut mendapat kontrak permanen pada musim panas 2023 bersama The Bhoys.

Pada 2023/2024, Tomoki Iwata masih kesulitan menjadi pilihan utama dari Celtic. Dirinya selalu memulai pertandingan sebagai pengganti di berbagai kompetisi. Hal tersebut membuatnya mendapat menit bermain yang sedikit. Meski posisi aslinya gelandang bertahan, Brendan Rodgers beberapa kali menugaskannya jadi bek tengah untuk The Bhoys. Sampai pekan ke-14, Iwata sendiri baru berkontribusi sebanyak 6 laga dengan menyumbang 1 assist.

2. Yang Hyun Jun beberapa kali diturunkan jadi starter Celtic

Rapor 3 Rekrutan Baru Celtic asal Asia pada Awal 2023/2024, Ada Iwata!Yang Hyun Jun (instagram.com/yang.hyunjunx)

Yang Hyun Jun adalah penyerang sayap yang diboyong Celtic dari Gangwon FC pada musim panas 2023. Pesepak bola kebangsaan Korea Selatan ini dianggap sebagai rekrutan potensial sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028 demi bertahan di Celtic Park. Pemain 21 tahun tersebut berpeluang meningkatkan kreativitas dan menambah ketajaman lini serang The Bhoys.

Meski berstatus rekrutan baru, Yang beberapa kali mendapat kepercayaan dari Brenden Rodgers untuk tampil sebagai starter Celtic pada 2023/2024. Selain penyerang sayap, pemain kelahiran Busan ini bisa menjalankan tugas jadi penyerang tengah. Hingga minggu ke-14, dia tercatat telah tampil dalam 17 laga dengan mengukir 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang.

3. Kwon Hyeok Kyu masih belum melakukan debut bersama Celtic

Rapor 3 Rekrutan Baru Celtic asal Asia pada Awal 2023/2024, Ada Iwata!Kwon Hyeok Kyu (instagram.com/kwon_hk01)

Kwon Hyeok Kyu merupakan gelandang bertahan yang membela Celtic dari Busan IPark pada musim panas 2023. Pemain asal Korea Selatan ini telah menandatangani kontrak sampai 2028 bersama The Bhoys. Dirinya bisa memperdalam kekuatan di area tengah dan membantu kinerja lini belakang tim asal Skotlandia tersebut.

Sejauh ini, Kwon Hyeok Kyu belum melakukan debut bersama Celtic pada 2023/2024. Pesepak bola 22 tahun tersebut jarang diboyong oleh Brendan Rodgers untuk masuk skuad The Bhoys. Hal ini membuatnya hanya beberapa kali berada di bangku cadangan tim.

Kwon Hyeok Kyu menjadi satu-satunya yang belum mendapat kesempatan untuk melakoni debut bersama Celtic. Sementara itu, Yang Hyun Jun dan Tomoki Iwata sudah berkontribusi terhadap performa The Bhoys pada awal 2023/2024. Mereka semua tetap berpeluang jadi faktor pembeda dalam tim karena musim masih panjang.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang yang Memperkuat Glasgow Celtic 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya