5 Pemain Jepang yang Memperkuat Glasgow Celtic 2023/2024

Andalkan kualitas pemain dari Negeri Sakura

Glasgow Celtic dikenal sebagai salah satu klub yang dihuni oleh banyak pemain asal Asia. Salah satu yang paling banyak adalah pemain yang berasal dari Jepang. Klub asal Skotlandia ini memercayai kualitas mereka untuk bisa bersaing di Eropa.

Hal itu dibuktikan dengan sejumlah pemain yang berada dalam skuad saat ini. Sebanyak lima pemain memperkuat Celtic pada 2023/2024. Siapa saja mereka?

1. Kyogo Furuhasi menjadi tumpuan lini serang

5 Pemain Jepang yang Memperkuat Glasgow Celtic 2023/2024Kyogo Furuhashi (celticfc.com)

Kyogo Furuhasi merupakan andalan Celtic di lini serang. Striker berusia 28 tahun ini sudah berada di Celtic Park sejak 2021 lalu. Ia didatangkan langsung dari klub elite Jepang, Vissel Kobe. Ia mampu beradaptasi dengan baik dan sukses menjadi tumpuan dalam mencetak gol. 

Pemain bertinggi badan 170 cm ini merupakan salah satu sosok kunci Celtic menjuarai Scottish Premiership pada 2022/2023 lalu. Ia bermain dalam 31 pertandingan dan mencetak 27 gol. Ketajamannya itu sekaligus membawanya meraih Golden Boot sebagai pencetak gol terbanyak.

Baca Juga: Celtic dan Hobinya Rekrut Pemain Asia sejak Era Postecoglou

2. Reo Hatate berperan sebagai pengatur lini tengah

5 Pemain Jepang yang Memperkuat Glasgow Celtic 2023/2024Reo Hatate (celticfc.com)

Celtic mulai menggunakan jasa dari Reo Hatate sejak Januari 2022 lalu. Ia diboyong dari Kawasaki Frontale dengan biaya 1,4 juta pound sterling atau Rp26 miliar. Pemain berusia 25 tahun ini berhasil menyegel satu tempat di posisi tengah sebagai gelandang andalan.

Kualitasnya terlihat ketika bermain di atas lapangan bersama Celtic. Hatate merupakan pengatur keseimbangan lini tengah tim. Ia menjadi sosok tak tergantikan di skuad The Bhoys. Sejauh ini, ia sudah mencatatkan 71 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia juga cukup produktif dengan menciptakan 14 gol dan membuat 14 assist.

3. Daizen Maeda mengisi sisi kiri penyerangan

5 Pemain Jepang yang Memperkuat Glasgow Celtic 2023/2024Daizen Maeda (celticfc.com)

Daizen Maeda adalah pemain yang berposisi sebagai winger kiri di Celtic. Awalnya, ia dipinjam dari Yokohama F. Marinos pada Januari 2022. Berkat performa yang menjanjikan, ia dipermanenkan pada musim panas pada tahun yang sama.

Sejauh ini, Maeda sudah terlibat dalam 79 pertandingan. Ia berhasil membuat 20 gol dan menghasilkan 13 assist. Meski posisi utamanya merupakan winger, ia juga sosok pemain yang mempunyai kemampuan serbabisa. Kelebihannya itu yang membuatnya menjadi andalan di lini penyerangan Celtic.

4. Yuki Kobayasahi bersaing untuk mendapatkan tempat di lini belakang

5 Pemain Jepang yang Memperkuat Glasgow Celtic 2023/2024Yuki Kobayashi (celticfc.com)

Yuki Kobayashi merupakan bek muda potensial dari Jepang. Ia menyusul rekannya saat di Vissel Kobe, yakni Kyogo Furuhasi. Keinginanannya untuk berkembang di Eropa membuatnya bergabung dengan Celtic pada Januari 2023.

Pemain berusia 23 tahun ini cukup kesulitan beradaptasi di Celtic. Sejak bergabung pada awal tahun, ia baru bermain sebanyak tujuh kali. Pada 2023/2024, ia belum pernah diturunkan sama sekali. Kendati demikian, dengan usianya yang masih muda maka potensinya masih bisa meningkat. Ia harus berusaha menunjukkan kualitasnya agar bisa menjadi andalan.

5. Tomoki Iwata dipermanenkan pada musim panas 2023

5 Pemain Jepang yang Memperkuat Glasgow Celtic 2023/2024Tomoki Iwata (celticfc.com)

Celtic memutuskan untuk permanenkan status Tomoki Iwata pada musim panas 2023. Sebelumnya, ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari Yokohama F. Marinos. Ia bergabung pada Januari 2023 lalu untuk turut membantu tim bermain kompetitif.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini langsung mencuri perhatian. Iwata turut membantu Celtic menjuarai Scottish Premiership 2022/2023 lalu. Catatan 18 pertandingan membuatnya menjadi salah satu sosok kunci keberhasilan The Bhoys merengkuh juara. 

Glasgow Celtic memang dikenal sebagai salah satu klub yang gemar menggunakan pemain dari Asia, khususnya yang berasal dari Jepang. Banyak pemain memulai kariernya di Eropa dengan bergabung bersama klub Liga Skotlandia ini. Menarik dinantikan kiprah mereka pada 2023/2024.

Baca Juga: 3 Pemain Jepang Tersubur di LaLiga, Takefusa Kubo di Puncak!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya