Profil Aleksandar Pavlovic, Bintang Masa Depan Bayern Munich

Pavlovic cetak assist saat melawan Dortmund

Bayern Munich sukses menumbangkan Borussia Dortmund pada pekan ke-10 Bundesliga Jerman, Minggu (5/11/2023). Die Roten menang telak dengan skor 4-0 tanpa balas berkat gol Dayot Upamecano dan hattrick Harry Kane.

Bayern Munich juga menang pada pekan ke-11. Dengan kemenangan tersebut, mereka belum terkalahkan di Bundesliga. Bayern Munich bertengger di peringkat dua klasemen sementara Bundesliga.

Selain hattrick Kane yang mencuri perhatian pada pertandingan melawan Dortmund, ada salah satu pemain akademi Bayern Munich yang patut mendapat pujian di Der Klassiker. Dia adalah Aleksandar Pavlovic. Pemain berposisi gelandang bertahan ini sukses menyumbangkan assist di pertandingan keduanya bersama tim utama The Bavarians.

Mari kita mengenal pemain satu ini lewat profil Aleksandar Pavlovic berikut!

1. Aleksandar Pavlovic memulai karier sebagai pemain akademi Bayer Munich pada usia 7 tahun

Profil Aleksandar Pavlovic, Bintang Masa Depan Bayern Munichpotret Aleksandar Pavlovic (instagram.com/alekspavlovic_)

Aleksandar Pavlovic lahir di Muenchen, Jerman, pada 3 Mei 2004. Saat ini, ia telah menginjak usia 19 tahun. Meski lahir di Jerman, ia memiliki dua kewarganegaraan, Jerman dan Serbia. Ini lantaran sang ayah merupakan warga negara Serbia.

Kariernya sepak bolanya dimulai dari akademi SC Fuerstenfeldbruck sebelum diboyong Bayern Munich pada usia 7 tahun. Menimba ilmu di akademi Bayern Munich selama 8 tahun, Pavlovic akhirnya menembus Bayern Munich U-16 pada 2019. Setelahnya, ia merangkak ke jenjang umur lebih cepat. Pada 2023, Pavlovic menembus tim utama The Bavarians.

Pavlovic sendiri memenuhi syarat untuk bermain bersama Serbia dan Jerman karena garis keturunan keluarga. Dirinya pernah mendapatkan panggilan dari Serbia U-18 pada 2021. Baru-baru ini, ia mendapat panggilan untuk bermain di Serbia U-21, tetapi menolak tawaran tersebut. Ini berarti Pavlovic belum menentukan masa depan bagi karier internasionalnya.

2. Menjadi pemain ketiga akademi Bayern Munich yang dipromosikan ke tim utama pada 2023

Profil Aleksandar Pavlovic, Bintang Masa Depan Bayern MunichAleksandar Pavlovic (tengah) berfoto dengan CEO (kanan) dan Direktur Olahraga (kiri) Bayern Munich. (fcbayern.com)

Aleksandar Pavlovic bukanlah satu-satunya pemain produk akademi Bayern Munich yang dipromosikan ke tim utama. Dirinya menjadi pemain akademi ketiga yang dipromosikan ke tim senior pada 2023. Ia telah menandatangani kontrak profesionalnya yang berlaku hingga 30 Juni 2027.

Sebelumnya, Die Roten telah mengorbitkan Frans Kraetzig dan Tarek Buchmann pada 2023. Kraetzig yang berposisi sebagai bek kiri telah melakoni laga debutnya kala melawan VfL Bochum pada pekan kelima Bundesliga Jerman. Sementara, Tarek Buchmann yang berposisi sebagai bek tengah belum mendapatkan debutnya karena masih berkutat dengan cedera.

Baca Juga: Kinerja 5 Pemain Baru Bayern Munich pada Awal 2023/2024, Kane Impresif

3. Berposisi sebagai gelandang bertahan, gaya bermain Aleksandar Pavlovic mirip Javi Martinez

Profil Aleksandar Pavlovic, Bintang Masa Depan Bayern Munichpotret Aleksandar Pavlovic (fcbayern.com)

Aleksandar Pavlovic sendiri berposisi sebagai gelandang bertahan. Memiliki tinggi 188 cm dan bertubuh ramping, dirinya dianggap memiliki kemampuan seperti mantan bintang Bayern Munich, Javi Martinez. Kemampuan untuk menguasai bola, melakukan tekel agresif, dan memberikan umpan-umpan akurat merupakan kualitas yang dimiliki Martinez.

Javi Martinez merupakan salah satu pemain kunci bagi Bayern Munich saat memenangi treble pada 2012/2013. Pemain asal Spanyol ini merupakan seorang gelandang solid yang memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama bagusnya. Hal yang sama ditunjukkan Pavlovic ketika melakoni penampilan perdananya melawan SV Darmstadt 98 pada pekan ke-9 Bundesliga Jerman. Ia mencatatkan operan dengan persentase 100 persen dalam 13 menit bermain di lapangan.

4. Aleksandar Pavlovic tampil mengesankan selama diturunkan tim utama Bayern Munich

Profil Aleksandar Pavlovic, Bintang Masa Depan Bayern MunichAleksandar Pavlovic (jersey putih merah) saat mengirimkan assist untuk gol keempat Bayern Munich saat melawan Borussia Dortmund pada pekan ke-10 Bundesliga Jerman. (fcbayern.com)

Aleksandar Pavlovic memperoleh debut seniornya kala menghadapi Liverpool di pertandingan persahabatan pada laga pramusim Juli 2023 lalu. Dirinya kala itu masuk pada menit ke-65 menggantikan Joshua Kimmich sebagai gelandang bertahan. Laga perdananya yang menjanjikan ini akhirnya membuat Pelatih Thomas Tuchel memasukkannya sebagai bagian dari skuad utama Bayern Munich pada 2023/2024.

Di kompetisi resmi, Pavlovic memperoleh debutnya kala menghadapi VfL Bochum pada pekan ke-9 Bundesliga Jerman. Dirinya turun pada menit ke-77 menggantikan Matthijs de Ligt ketika Die Roten telah unggul 7-0. Dirinya mencatatkan umpan sempurna di laga tersebut.

Di pertandingan keduanya kala melawan Borussia Dortmund pada Minggu (5/11/2023) lalu, Pavlovic masuk pada menit ke-60 menggantikan Jamal Musiala. Di laga tersebut, ia sukses mencatatkan satu assist bagi gol keempat Bayern Munich pada menit ke-93 babak tambahan. Ini bermula ketika Niklas Sule melakukan kesalahan umpan yang berhasil dipotong dan dioperkan olehnya kepada Harry Kane dan berhasil dikonversi menjadi gol.

Pavlociv kemudian tampil sebagai starter pada pertandingan terbaru melawan Heidenheim. Bayern Munich menang 4-2. Namun, sang pemain tidak tampil penuh. Ia hanya bermain selama 75 menit.

Dengan penampilan gemilangnya kala menghadapi Borussia Dortmund, Aleksandar Pavlovic menjadi salah satu prospek jangka panjang Bayern Munich yang sangat menjanjikan. Mampukah dirinya membuktikan diri dengan memperoleh menit bermain lebih banyak di skuad Die Roten? Patut kita nantikan penampilan salah satu performa pemain muda Bayern Munich ini pada 2023/2024 ini.

Baca Juga: 3 Pemain Hebat yang Pernah Berseragam Bayern Munich dan Galatasaray

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya