Bournemouth vs. Luton Town Akan Tanding Ulang dengan Waktu Penuh

Diperkirakan akan diadakan pada akhir musim

Laga antara Bournemouth dan Luton Town pada pekan ke-17 English Premier League (EPL) 2023/2024 terpaksa dihentikan setelah kapten Luton, Tom Lockyer, kolaps pada menit ke-59. Ia langsung mendapatkan pertolongan pertama dari tim medis dan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Setelah diperiksa, diketahui bahwa ia mengalami henti jantung.

Premier League selaku penyelenggara mengonfirmasi bahwa mereka akan melakukan pertandingan ulang. Namun, mereka belum memastikan secara pasti kapan pertandingan akan dilaksanakan. Diperkirakan pertemuan ulang kedua tim akan diadakan pada akhir musim liga 2023/2024.

1. Pertandingan harus terhenti setelah Tom Lockyer mengalami henti jantung di tengah laga

Bournemouth vs. Luton Town Akan Tanding Ulang dengan Waktu PenuhPara pemain Luton Town melakukan recognitional applause bersama fans setelah laga dihentikan usai Tom Lockyer kolaps pada Sabtu (16/12/2023). (twitter.com/LutonTown)

Laga AFC Bournemouth dan Luton Town di Vitality Stadium pada Sabtu (16/12/2023) dikejutkan dengan kejadian yang menimpa kapten The Hatters, Tom Lockyer. Pemain asal Wales ini tiba-tiba kolaps pada menit ke-59. Para pemain dan tim medis langsung memberikan pertolongan pertama dan pertandingan pun langsung dihentikan.

Manajer Luton Town, Rob Edwards, terlihat menuju ke tengah lapangan untuk menginstruksikan para pemainnya menepi untuk memberikan ruang kepada staf medis. Laga akhirnya dihentikan sementara saat para pemain dan ofisial pindah ke sisi lapangan sebelum kembali ke ruang ganti beberapa menit kemudian. Lockyer kemudian ditandu keluar lapangan untuk dilarikan ke rumah sakit setempat. Setelah terhenti sekitar 25 menit, wasit Simon Hooper memutuskan untuk tidak melanjutkan pertandingan.

Tak lama setelah laga dihentikan, Luton Town memberikan pernyataan resmi melalui berbagai platform sosial media mereka. Mereka mengatakan bahwa pemain 29 tahun itu mengalami cardiac arrest atau henti jantung. Ia masih harus menjalani pemeriksaan mengenai penyebab henti jantung yang dialaminya.

2. Premier League dan kedua tim sepakat untuk melakukan pertandingan ulang

Bournemouth vs. Luton Town Akan Tanding Ulang dengan Waktu Penuhlogo Premier League (premierleague.com)

Kejadian yang menimpa Tom Lockyer membuat laga harus berakhir lebih cepat dengan skor sama kuat 1-1. Pada Rabu (20/12/2023) waktu setempat, Premier League selaku penyelenggara kasta tertinggi Liga Inggris mengonfirmasi bahwa akan dilakukan pertandingan ulang dengan waktu penuh. Mereka belum memastikan kapan pertandingan akan diselenggarakan. Diperkirakan pertemuan ulang kedua tim akan terjadi pada akhir musim 2023/2024.

"Pertandingan akan dijadwal ulang pada akhir musim dengan tanggal yang akan dikonfirmasi setelah konsultasi dengan pihak terkait. Keputusan untuk menghentikan pertandingan pada menit ke-59 diambil bersama-sama oleh wasit, pemain, manajer dari kedua klub, dan Premier League.

Liga (Premier League) ingin mengucapkan terima kasih kepada staf medis dan semua pihak yang terlibat atas tindakan cepat mereka dalam merespons situasi yang sangat tidak diinginkan bagi semua orang. Kami berharap Tom Lockyer dapat terus pulih dan doa kami ada bersamanya, keluarganya dan semua yang ada di Luton Town FC," begitu pernyataan resmi Premier League dikutip Goal.

3. Luton Town meminta fans dan media untuk menunggu informasi resmi dari mereka

Pihak Luton Town sendiri telah mengonfirmasi pada Minggu (17/12/2023) bahwa Tom Lockyer masih berada di rumah sakit untuk menjalani serangkaian pemeriksaan medis. Mereka belum dapat memberikan komentar lebih lanjut mengenai kondisi yang dialami sang pemain. Selain itu, mereka juga meminta kepada media untuk menunggu informasi resmi lebih lanjut dari tim agar tidak menimbulkan asumsi tak berdasar.

Lockyer sendiri sebelumnya pernah mengalami henti jantung saat final play-off Divisi Championship yang mempertemukan timnya dengan Coventry City pada Mei 2023. Kala itu, ia kolaps di tengah lapangan pada menit ke-11 dan laga pun harus dihentikan sementara. Dirinya kemudian menjalani operasi jantung dan diizinkan kembali merumput pada Juni 2023.

Dengan dilaksanakannya pertandingan ulang antara Bournemouth melawan Luton Town, kedua tim akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil yang lebih adil. Apakah Tom Lockyer akan turun di rematch ini? Semoga ia dapat segera pulih dan kembali bermain sepak bola.

Baca Juga: Profil Tom Lockyer, Pemain Luton Town yang Kolaps saat Pertandingan

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya