CONMEBOL Konfirmasi Copa America 2024 Diadakan di Atlanta dan Miami

Bisa jadi persiapan menyambut Piala Dunia 2026

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) resmi mengumumkan Copa America 2024 di Amerika Serikat. Mereka akan mengadakan pertandingan di dua kota, Atlanta dan Miami. Pembukaan Copa America 2024 diadakan di Atlanta pada Kamis (20/6/2024), sedangkan partai final diadakan di Miami pada Minggu (14/7/2024).

Enam belas peserta diagendakan mengikuti turnamen antarnegara di Amerika Selatan ini. Ini terdiri dari 10 tim dari Amerika Selatan ditambah 6 negara yang diundang dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara (CONCACAF). Ini akan mencakup 4 tim dari CONCACAF Nations League 2023 ditambah 2 wild card.

1. Jadi kali kedua Copa America diadakan di Amerika Serikat

CONMEBOL Konfirmasi Copa America 2024 Diadakan di Atlanta dan Miamipengumuman tuan rumah Copa America 2024 (copaamerica.com)

Copa America 2024 terdiri dari sepuluh tim dari Amerika Selatan yang lolos secara otomatis. Mereka akan bergabung dengan 6 tim peserta CONCACAF yang terdiri dari 4 tim yang melaju ke semifinal CONCACAF Nations League 2023 dan 2 tim yang kalah di pertandingan perempat final. Total peserta terdiri dari 16 tim yang berkompetisi di Copa America 2024.

Ini merupakan Copa Amerika edisi ke-48 dan akan menjadi yang kedua kalinya dalam sejarah turnamen Amerika yang melibatkan 16 tim. Sebelumnya, format 16 tim terjadi pada 2016, melibatkan jumlah tim yang sama dan diselenggarakan di Amerika Serikat. Pengundian turnamen ini akan diadakan pada Kamis (7/12/2023) mendatang. Tempat-tempat tambahan juga direncanakan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan.

Baca Juga: Copa America 2024 Digelar di Amerika Serikat

2. Atlanta dan Miami ditetapkan sebagai dua kota yang akan mengadakan Copa America 2024

CONMEBOL Konfirmasi Copa America 2024 Diadakan di Atlanta dan MiamiMercedes-Benz Stadium, markas Atlanta United (mlssoccer.com)

Atlanta dan Miami ditunjuk sebagai dua kota yang akan mengadakan Copa America 2024. Pembukaan turnamen diadakan pada Kamis (20/6/2024) waktu setempat di Mercedes-Benz Stadium, markas Atlanta United yang berkapasitas 71.000 orang. Venue yang terletak di pusat kota Atlanta ini menjadi salah satu stadion terbesar di Amerika Serikat yang telah menyelenggarakan beberapa acara olahraga besar, termasuk Super Bowl LIII pada 2018.

Sementara, pertandingan final Copa America 2024 akan dilaksanakan pada Minggu (14/7/2024) waktu setempat di Hard Rock Stadium, kandang dari tim NFL Miami Dolphins. Stadion yang memiliki kapasitas lebih dari 65.300 penonton ini terletak di pinggir kota Miami. Stadion ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang canggih, seperti lapangan rumput yang berkualitas, sistem pencahayaan yang canggih, dan sistem suara yang jernih.

"Kami mengharapkan stadion-stadion yang dipenuhi dengan semangat dari seluruh benua Amerika untuk peresmian dan final Copa America CONMEBOL yang tak terlupakan. Di Atlanta, (pertandingan) bola akan mulai bergulir dan tidak akan berhenti selama satu bulan sampai pertandingan final di Miami. Ini adalah stadion megah di kota-kota yang indah," ungkap Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez, dilansir situs resmi Major Soccer League (MLS).

"Kami berterima kasih atas kerja sama yang berharga dari otoritas Amerika Serikat dan teman-teman kami dari CONCACAF dalam menyelenggarakan kompetisi ini. Kami menantikan CONMEBOL Copa America terbaik sepanjang masa," tambahnya.

3. Jadi ajang bagi Amerika Serikat untuk menguji kesiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026

CONMEBOL Konfirmasi Copa America 2024 Diadakan di Atlanta dan Miamisuporter tim sepak bola Amerika Serikat (twitter.com/USMNT)

Amerika Serikat bersiap untuk menjadi tuan rumah dua turnamen sepak bola besar dalam beberapa tahun mendatang: Piala Dunia 2026 dan Copa America 2024. Negara ini berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur dan pelatihan untuk memastikan acara-acara ini sukses. Copa America 2024 bakal menjadi kesempatan tuan rumah untuk menguji infrastruktur dan operasionalnya dalam mempersiapkan Piala Dunia 2026 nanti.

Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko akan menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2026. Ini akan menjadi kali pertama bagi FIFA menerapkan turnamen dengan format 48 tim. Amerika Serikat menjadi tuan rumah untuk 60 dari 80 pertandingan, termasuk semua pertandingan pada fase knockout dan partai final.

Dengan terpilihnya Amerika Serikat sebagai tuan rumah Copa America 2024, turnamen ini akan menjadi ajang yang menarik untuk diikuti. Selain akan menghadirkan persaingan sengit antartim terbaik dari Amerika Selatan dan Amerika Utara, Copa America 2024 juga menjadi kesempatan bagi Amerika Serikat untuk menguji kesiapannya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Messi Mau Main di Copa America 2024, Belum Pikirkan Pensiun

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya