Legenda Man United Merasa Bruno Fernandes Tak Pantas Menjadi Kapten

Dianggap terlalu banyak mengeluh

Kekalahan Manchester United tiga gol tanpa balas atas rival sekota, Manchester City, pada Minggu (29/10/2023) lalu mengundang banyak perhatian. Hasil buruk yang mereka raih di Derbi Manchester menjadi kekalahan ke-34 The Red Devils di Old Trafford usai sepeninggalan Sir Alex Fergusen. Jumlah ini sekaligus menyamai kekalahan kandang yang diderita pelatih legendaris Setan Merah ini selama 26 musim.

Dengan hasil mengecewakan ini, mantan pemain sekaligus legenda Manchester United, Roy Keane, angkat bicara. Keane sangat geram dengan skuad Erik ten Hag yang bermain tanpa semangat. Ia turut mengecam Bruno Fernandes sebagai kapten yang tak mampu memimpin tim di lapangan.

1. Roy Keane merasa Bruno Fernandes tak layak menyandang ban kapten

Legenda Man United Merasa Bruno Fernandes Tak Pantas Menjadi KaptenRoy Keane (manutd.com)

Dilansir Sky Sports, Roy Keane meminta manajer Erik ten Hag untuk segera mencabut ban kapten milik Bruno Fernandes. Menurutnya, pemain asal Portugal itu tidak layak menggunakan ban kapten karena terlalu banyak mengeluh dan melakukan protes tak perlu. Pernyataan ini diungkapkan Roy Keane setelah melihat Bruno Fernandes saat memimpin rekan satu timnya dalam kekalahan memalukan di Derbi Manchester, Minggu (29/10/2023) lalu.

“Setelah pertandingan tadi, saya akan mencopot ban kapten darinya 100 persen. Saya tahu ini adalah keputusan besar saat mereka mengganti posisi kapten dari (Harry) Maguire, akan tetapi Fernandes bukanlah kapten yang layak. Itu benar-benar tidak bisa diterima. Dari apa yang kita lihat hari ini, saya pikir saya akan mencopotnya," tegas Roy Keane.

Baca Juga: 4 Klub Premier League yang Paling Sering Dibobol Bruno Fernandes

2. Meski mengkritik keras Bruno Fernandes, Roy Keane tetap memujinya sebagai pemain berbakat

Legenda Man United Merasa Bruno Fernandes Tak Pantas Menjadi KaptenBruno Fernandes (twitter.com/ManUtd)

Meskipun tidak senang Bruno Fernandes menjadi kapten Manchester United, Roy Keane tetap mengakui kualitas Fernandes sebagai pemain. Mantan pemain MU asal Irlandia ini mengatakan bahwa Fernandes adalah pemain brilian, tetapi tidak memiliki kualitas sebagai pemimpin. Dirinya juga menegaskan bahwa Fernandes bukanlah kapten yang ideal untuk klub sebesar Manchester United.

Bruno Fernandes sudah menjadi wakil kapten sejak 2022/2023. Dirinya baru ditunjuk sebagai kapten utama oleh Manajer Erik ten Hag, menggantikan Harry Maguire yang saat itu mulai kehilangan tempat sebagai pemain reguler. Fernandes telah memimpin rekan-rekannya di lapangan selama 13 pertandingan pada 2023/2024 dengan hasil 6 kali menang dan 7 kali kalah.

3. Bruno Fernandes sudah berkali-kali dikritik oleh beberapa pandit

Legenda Man United Merasa Bruno Fernandes Tak Pantas Menjadi KaptenGary Neville (uefa.com)

Roy Keane bukanlah satu-satunya pandit yang mengkritisi Bruno Fernandes. Dirinya juga pernah disentil oleh sesama legenda Manchester United, Gary Neville, usai kekalahan telak Manchester United 0-7 atas Liverpool pada Maret 2023 lalu. Mirror melansir, ia dikecam karena gestur tubuhnya yang negatif dan perilakunya yang suka marah-marah dan hal tersebut dianggap memalukan bagi Neville.

Pandit dan mantan pemain Manchester City, Micah Richards, turut memberikan pandangannya melalui siniar The Rest is Football mengenai perilaku Kapten Setan Merah itu. Dirinya berpendapat bahwa Fernandes hanya bermain untuk dirinya sendiri saat Derbi Manchester, bukan untuk timnya. Gesturnya saat melempar tangan ke udara ketika memprotes keputusan wasit menjadi salah satu hal yang disorot sebagai hal yang tidak diperlukan.

Kekalahan telak Manchester United atas Manchester City pada pekan ke-10 kasta tertinggi Liga Inggris 2023/2024 menjadi pukulan telak bagi klub berjuluk Setan Merah tersebut. Hasil ini makin mempertegas krisis yang tengah dialami Manchester United, baik secara performa maupun mentalitas.

Baca Juga: Hubungan Bruno Fernandes dan Maguire Tetap Harmonis

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya