Manchester City Kalah Lagi Tanpa Rodri, Pertanda Ketergantungan?

Kalah di tiga pertandingan tanpanya

Manchester City kembali mengalami kekalahan di English Premier League (EPL) usai melawan Arsenal pada Minggu (8/10/2023) lalu. The Cityzens sudah mengalami tiga kekalahan beruntun di kompetisi domestik sejak Rodrigo Hernandez Cascante absen. Pemain asal Spanyol tersebut terkena skorsing akibat kartu merah yang diterimanya saat pertandingan melawan Nottingham Forest pada pekan keenam Premier League.

Rodri saat ini masih dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Perannya sangat penting bagi permainan The Cityzens yang mengandalkan penguasaan bola dan kontrol. Selain menjadi tulang punggung skuad Pep Guardiola, Rodri juga merupakan pemain langganan Timnas Spanyol, menggantikan Sergio Busquets yang termakan usia.

1. Pentingnya kehadiran Rodri dalam skuad Manchester City

Manchester City Kalah Lagi Tanpa Rodri, Pertanda Ketergantungan?Rodri (mancity.com)

Pada 2022/2023, Manchester City hanya kalah dalam dua pertandingan di Premier League yang dilewatkan Rodri karena skorsing. Musim ini, mereka kalah dalam tiga pertandingan domestik yang tidak diperkuatnya sebagai starter. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya Rodri bagi tim.

Dilansir talkSPORT, sejak debutnya pada 2019, Rodri telah melewatkan 16 pertandingan Premier League, termasuk saat melawan Arsenal pada pekan kedelapan. Selama dia absen, The Cityzens telah 9 kali menang dan 6 kali kalah, yang berarti mereka telah kehilangan poin penuh di sepertiga dari pertandingan tanpa dirinya. Namun, dengan Rodri di starting XI, Manchester City hanya kalah 19 kali dalam 144 pertandingan dengan menang dalam 107 laga.

Baca Juga: Akhirnya, Manchester City Kalah Beruntun Lagi di Premier League

2. Dilema Pep Guardiola dalam memilih pemain pengganti Rodri

Manchester City Kalah Lagi Tanpa Rodri, Pertanda Ketergantungan?Pep Guardiola (mancity.com)

Pep Guardiola memiliki sejumlah opsi untuk menggantikan Rodri ketika absen. Sang manajer dapat memainkan Kalvin Phillips yang merupakan seorang gelandang bertahan alami. Namun, Phillips kesulitan untuk memberikan dampak di Manchester City sejak bergabung dari Leeds United pada musim panas 2022 lalu.

Selain itu, pelatih asal Spanyol itu juga bisa memainkan Bernardo Silva sebagai gelandang bertahan. Silva adalah tipe gelandang serbaguna yang dapat bermain di berbagai posisi. Namun, ia tidak pernah bermain sebagai gelandang bertahan secara reguler, sehingga terlalu berisiko untuk memainkannya saat pertandingan besar dan krusial.

3. Punya dampak terhadap perebutan gelar juara 2023/2024

Manchester City Kalah Lagi Tanpa Rodri, Pertanda Ketergantungan?skuad Manchester City 2023/2024 (twitter.com/ManCity)

Dampak absennya Rodri selama tiga pertandingan langsung dirasakan Manchester City. Di pertandingan Premier League, mereka kalah di tangan Wolverhampton Wanderers pada pekan ketujuh dan Arsenal pada pekan kedelapan. Hasil buruk tersebut membuat Manchester City turun ke peringkat tiga Premier League.

Di Carabao Cup, The Cityzens harus gugur pada putaran ketiga, Kamis (28/9/2023), setelah tumbang melawan Newcastle United dengan skor 0-1. Meski mendominasi jalannya pertandingan, Manchester City harus kebobolan melalui gol Alexander Isak pada menit ke-53. Dengan hasil tersebut, kini mereka harus merelakan satu koleksi trofi pada 2023/2024.

Absennya Rodri merupakan sebuah pukulan besar bagi Manchester City. Hal tersebut berhasil dimanfaatkan Arsenal untuk menurunkan mereka dari puncak klasemen Premier League. Walaupun Rodri dipastikan akan kembali pada pekan kesembilan, Pep Guardiola harus memutar otak ketika pemainnya tersebut kembali absen suatu hari nanti.

Baca Juga: 3 Pemain Arsenal yang Mencetak Gol saat Menang Lawan Manchester City

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya