4 Pemain yang Sempat Berseragam Manchester United dan Galatasaray

Tidak semuanya meraih kesuksesan

Pada pertandingan penyisihan grup Liga Champions Eropa musim 2023/2024, Galatasaray sukses meraih kemenangan di kandang Manchester United dengan skor 2-3 pada, Rabu (4/10/2023) dini hari WIB. Hasil ini mematahkan kutukan Galatasaray selama 117 tahun yang belum pernah meraih kemenangan saat berlaga di Inggris. Dengan kemenangan tersebut, klub berjuluk Cimbom Aslan ini naik ke peringkat kedua Grup A Liga Champions.

Dalam pertandingan tersebut, Wilfried Zaha berhasil mencetak gol pertama bagi Galatasaray ke gawang Andre Onana. Sang mantan pemain Manchester United melakukan comeback manis ke Old Trafford setelah meninggalkan klub pada Agustus 2014. Selain Zaha, terhitung ada tiga pesepak bola lainnya yang pernah berseragam Manchester United dan Galatasaray. Siapa saja mereka?

1. Juan Mata sukses raih gelar juara bersama kedua klub

4 Pemain yang Sempat Berseragam Manchester United dan GalatasarayJuan Mata berpose bersama piala Turkey Super Lig (manutd.com)

Juan Mata memulai karier seniornya pada 2007 bersama Valencia CF. Pada Januari 2014, ia dipinang oleh Manchester United setelah menghabiskan 3 musim bersama Chelsea. Bersama Setan Merah, dirinya berhasil meraih 4 gelar juara, di antaranya Liga Europa musim 2016/2017, Piala FA pada 2016, Community Shield pada 2017, dan Carabao Cup pada 2017.

Pada September 2022, Mata memutuskan pindah ke Galatasaray dengan status bebas transfer. Meski hanya bertahan semusim, ia berhasil meraih gelar juara Turkish Super Lig musim 2022/2023 yang menjadi gelar juara liga pertamanya selama berkarier di sepak bola. Kini, Juan Mata masih aktif bermain di Liga J1 Jepang bersama Vissel Kobe.

Baca Juga: 11 Produk Akademi di Tim Utama Manchester United pada 2023

2. Radamel Falcao lebih sukses bersama Galatasaray

4 Pemain yang Sempat Berseragam Manchester United dan GalatasarayRadamel Falcao saat berseragam Galatasaray (twitter.com/Galatasaray)

Striker fenomenal asal Colombia, Radamel Falcao, didatangkan dari AS Monaco ke Manchester United dengan status pinjaman selama satu musim pada 2014/2015. Pencapaiannya selama merumput di Old Trafford bisa dibilang tidak mentereng. Ia hanya bermain di 29 pertandingan dan mencetak 4 gol dalam 1 musim.

Pada September 2019, Falcao pindah ke Galatasaray dari AS Monaco dengan status bebas transfer. Bermain selama 3 musim untuk Cimbom Aslan, ia turun dalam 43 pertandingan dan berhasil mencetak 20 gol. Pada musim 2021/2022, ia pindah ke Rayo Vallecano dan masih bertahan di sana hingga sekarang.

3. Alex Telles menjalani masa peminjaman saat di Galatasaray maupun Manchester United

4 Pemain yang Sempat Berseragam Manchester United dan GalatasarayAlex Telles saat berseragam Galatasaray (twitter.com/Galatasaray)

Sebelum datang ke Manchester United, Alex Telles pernah bermain untuk Galatasaray selama kurang lebih 2,5 tahun. Klub asal Turki itu mendatangkan Telles dari Gremio, klub asal Brasil, pada Januari 2014. Selama bermain di RAMS Park, markas Galatasaray, Alex Telles sempat menjalani masa peminjaman di Inter Milan pada musim 2015/2016 sebelum dijual ke FC Porto pada Juli 2016.

Kemudian, Manchester United memboyong Telles dari FC Porto pada Oktober 2020 dengan biaya 15 juta euro (246 miliar rupiah). Selama 3 tahun kiprahnya bersama Setan Merah, pemain asal Brasil ini hanya bermain dalam 50 pertandingan di semua kompetisi karena kalah saing dengan Luke Shaw yang tampil konsisten. Setelah dipinjamkan ke Sevilla pada musim 2022/2023, ia lantas mengikuti jejak mantan rekan satu timnya di Manchester United, Cristiano Ronaldo, hijrah ke Al-Nassr pada Juli 2023 lalu.

4. Wilfried Zaha cetak gol debutnya di Liga Champions Eropa ke mantan klubnya

4 Pemain yang Sempat Berseragam Manchester United dan GalatasarayWilfried Zaha (twitter.com/Galatasaray)

Wilfried Zaha sempat didatangkan Manchester United pada Januari 2013 dari Crystal Palace. Ia mengalami masa peminjaman terlebih dahulu selama paruh kedua musim 2012/2013. Namun, ia syok mendengar kabar saat Sir Alex Ferguson memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai manajer.

Situasi itu membuatnya kesulitan beradaptasi. Konflik dengan Pelatih David Moyes semakin memperburuk situasinya di Manchester United. Ia pun akhirnya minim mendapatkan menit bermain dan memutuskan kembali ke Crystal Palace pada Februari 2015.

Setelah 8 tahun lebih bermain untuk The Eagles pada periode kedua, ia lantas hengkang ke Galatasaray dengan status bebas transfer pada Juli 2023. Di laga kedua fase grup Liga Champions Eropa menghadapi Manchester United, Rabu (4/9/2023) dini hari WIB, Zaha berhasil mencetak salah satu gol kemenangan Cimbon Aslan di Old Trafford. Gol tersebut sekaligus menjadi gol pertama Zaha di Liga Champions.

Masing-masing pemain memiliki perjalanan karier yang berbeda-beda selama membela Manchester United maupun Galatasaray. Beberapa di antaranya sukses meraih gelar juara dan prestasi penting, sementara yang lain menghadapi tantangan dan perubahan yang beragam dalam karier sepak bola mereka. 

Baca Juga: 3 Eks Manchester United yang Cetak Gol di Old Trafford, Terbaru Zaha!

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya