Profil Halil Umut Meler, Wasit yang Dipukul Presiden Klub Liga Turki

Dikabarkan akan berhenti sebagai wasit

Super Lig Turki 2023/2024 baru-baru ini membuat geger dunia sepak bola. Ada aksi tak terpuji yang dilakukan presiden klub. Ini terjadi pada pekan ke-15 kasta tertinggi Liga Turki kala MKE Ankaragucu menjamu Caykur Rizesport, Selasa (12/12/2023) lalu.

Laga berlangsung sengit dengan diwarnai dua kartu merah yang diterima masing-masing kesebelasan. Keduanya bermain imbang 1-1 setelah gol dramatis Rizespor pada menit ke-97.

Setelah pertandingan, para pendukung dan ofisial Ankaragucu menerobos ke tengah lapangan karena tak puas dengan kepemimpinan wasit. Presiden Klub Ankaragucu, Faruk Koca, bahkan menonjok muka wasit Halil Umut Meler hingga tersungkur. Tak sampai di situ, Umut Meler juga ditendang oleh ofisial Ankaragucu yang belum diketahui namanya.

Siapakah sebenarnya Halil Umur Meler dan seperti apa kiprahnya sebagai wasit? Berikut profil Halil Umut Meler!

1. Halil Umut Meler memulai karier sebagai wasit sejak di bangku kuliah

Profil Halil Umut Meler, Wasit yang Dipukul Presiden Klub Liga TurkiHalil Umut Meler (twitter.com/TFF_Org)

Halil Umut Meler merupakan wasit asal Turki yang lahir di Selcuk pada 1 Agustus 1986. Meski lahir di Turki, ia pernah mengaku bahwa dirinya merupakan imigran yang berasal dari Makedonia Utara. Lulusan Pendidikan Jasmani di Kutahya Dumlupinar University ini sendiri telah memulai karier sebagai wasit sejak di bangku kuliah dengan memimpin pertandingan di tingkat provinsi dan nasional.

Wasit berusia 37 tahun ini melakoni debutnya sebagai wasit profesional pada September 2015. Ia memimpin pertandingan di Super Lig Turki saat Istanbul Basaksehir melawan Akhisarspor. Pada 2017, ia diakui secara resmi sebagai wasit FIFA dan memimpin laga pertamanya di Eropa ketika FK Vojvodina menghadapi MFK Ruzomberok dalam babak Kualifikasi Liga Europa pada Juni 2017. Dirinya pertama kali ditugaskan sebagai wasit di laga final saat UEFA European Championship U-17 pada 2018.

Baca Juga: Profil Faruk Koca, Presiden Klub yang Pukul Wasit di Liga Turki

2. Halil Umut Meler diakui sebagai salah satu wasit elite UEFA

Profil Halil Umut Meler, Wasit yang Dipukul Presiden Klub Liga TurkiHalil Umut Meler (twitter.com/TFF_Org)

Halil Umut Meler kini diakui sebagai wasit elite di UEFA yang telah memimpin banyak laga di kancah domestik maupun internasional. Sesuai data Transfermarkt, Umut Meler telah memimpin 297 pertandingan di kompetisi resmi. Ia terakhir kali menjadi wasit di level Eropa saat Lazio bertemu Glasgow Celtic pada matchday kelima Liga Champions Eropa 2023/2024.

Sementara, laga terakhirnya terjadi ketika dirinya memimpin laga MKE Ankaragucu vs Caykur Rizespor. Pertandingan ini berlangsung di Eryaman Stadium. Ini merupakan lanjutan Super Lig Turki 2023/2024 pekan ke-15.

Ankaragucu berhasil mencetak gol lebih dahulu melalui Olimpiu Morutan pada menit ke-14. Namun, tuan rumah harus bermain dengan sepuluh pemain usai wasit memberi kartu kuning kedua kepada Ali Sowe pada menit ke-50. Pada akhir laga, Rizespor juga bermain dengan sepuluh pemain usai Emir Topcu mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-95. Tim tamu berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-97, yang membuat pertandingan berakhir sama kuat 1-1.

Tak puas dengan hasil pertandingan, para penggemar dan ofisial klub Ankaragucu menyerbu lapangan. Salah satunya Presiden Klub Faruk Koca. Ia tiba-tiba meninju Halil Umut Meler tepat di muka dan langsung tersungkur. Tak sampai di situ, terlihat juga salah seorang ofisial klub yang tidak diketahui namanya menendang wasit setelah jatuh.

3. Halil Umut Meler berencana mundur sebagai wasit setelah kekerasan yang menimpanya

Usai kejadian tersebut, Halil Umut Meler dikawal petugas keamanan keluar lapangan dan dibawa ke rumah sakit setempat untuk perawatan. Sang Wasit diketahui menderita luka lebam dan pendarahan di bagian kiri matanya. Dalam sebuah unggahan di akun resmi sosial media X (dahulunya Twitter) Federasi Sepak Bola Turki (TFF), mereka telah menjenguk Umut Meler yang terlihat masih berbaring di dalam ruang perawatan.

Akibat tindakan tak terpuji Presiden Klub Faruk Koca, TFF langsung mengambil keputusan untuk menangguhkan pertandingan di seluruh divisi Liga Turki. Mereka berencana melaksanakan pertemuan luar biasa menyusul kejadian ini. TFF juga telah mengeluarkan pernyataan resmi melalui berbagai platform media sosial bahwa mereka mengecam kekerasan yang mencoreng sepak bola Turki.

Dilansir NTV,  Mantan Sekretaris Jenderal Majelis Wasit Pusat (MHK), Ali Kunak, memberikan pernyataan mengejutkan terkait rencana Halil Umut Meler yang akan mengundurkan diri sebagai wasit. "Halil masih syok akibat insiden (pemukulan) tersebut. Ketika kami sedang melakukan siaran, ia berkata dengan tegas, 'Ini dia, saya sudah selesai'. Kami mencoba menenangkannya dengan mengatakan, 'Bicaralah dengan istri dan keluargamu saat kamu kembali ke Izmir, buatlah keputusan ini bersama mereka.'"

Halil Umut Meler merupakan wasit terpandang yang telah memimpin banyak pertandingan penting di kancah domestik maupun internasional. Pemukulan yang menimpanya merupakan peristiwa yang sangat memprihatinkan, yang mencoreng sepak bola Turki dan dunia. Tindakan Faruk Koca dan para pelaku lain sepatutnya dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak bahwa kekerasan dan intimidasi tidak boleh ditoleransi dalam sepak bola.

Baca Juga: Liga Super Turki Dibekukan Imbas Insiden Pemukulan oleh Presiden Klub

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya