10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim Utama

Andre Onana menjadi yang termahal

Kiper menjadi sosok krusial pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka diburu bukan hanya untuk menjadi pelapis, melainkan juga menjadi pemain utama. Selain dibeli secara permanen, beberapa dari kiper pada musim panas ini diboyong dengan status pinjaman untuk mengisi kekosongan.

Transfer para kiper tidak hanya menandakan perubahan taktik, tetapi juga memberikan gambaran sekilas mengenai strategi yang berkembang di kalangan para manajer. Dari para pemain berpengalaman hingga pemain muda yang menjanjikan, bursa transfer kali ini berpotensi mengubah dinamika tim.

Berikut sepuluh transfer kiper pada 2023/2024 yang menarik perhatian.

1. Andre Onana menjadi sosok kiper yang dibutuhkan Erik ten Hag

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaAndre Onana (instagram.com/AndreOnana.24)

Andre Onana menjadi salah satu transfer pemain terpanas musim ini. Kiper asal Kamerun tersebut dibeli dari Inter Milan dengan mahar sebesar 51 juta euro (851,7 miliar) dengan 4 juta euro (66,8 miliar) sebagai biaya tambahan. Dirinya dianggap menjawab kebutuhan sang manajer, Erik ten Hag, dalam mencari kiper yang memiliki kemampuan distribusi bola yang baik. Onana mencatatkan clean sheet pada laga pertamanya di English Premier League (EPL) bersama Manchester United saat melawan Wolverhampton pada Senin (14/8) waktu setempat. Namun, ia kebobolan dua gol saat melawan Tottenham Hotspur pada pekan berikutnya.

2. Robert Sanchez langsung menjadi kiper utama Chelsea

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaRobert Sanchez (instagram.com/robertsanchez_1)

Chelsea mendatangkan Robert Sanchez dari Brighton & Hove Albion dengan nilai transfer sebesar 25 juta pound sterling (486,2 miliar), yang termasuk klausul tambahan dan klausul jual. Dirinya telah menandatangani kontrak yang berlaku hingga 7 tahun dengan Chelsea. Pemain asal Spanyol tersebut menggantikan Kepa Arrizabalaga yang dipinjamkan ke Real Madrid. Sanchez sendiri sudah ingin hengkang karena kehilangan posisinya di Brighton sejak Roberto De Zerbi melatih.

3. Kepa Arrizabalaga dipinjamkan ke Real Madrid

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaKepa Arrizabalaga (instagram.com/kepaarrizabalaga)

Kepa Arrizabalaga bergabung ke Real Madrid dengan status pinjaman selama 1 musim. Ia akan berada di Estadio Bernabeu hingga Juni 2024. Kepindahan ini terjadi setelah Thibaut Courtois mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) dan klub membutuhkan seorang kiper pengganti. Dalam 5 musimnya di Chelsea, Kepa sendiri telah memenangi berbagai gelar utama, termasuk Liga Champions Eropa dan Liga Europa. Pemain internasional Spanyol ini dipinjam Real Madrid tak lama setelah kedatangan Robert Sanchez ke Chelsea.

4. David Raya akan bersaing dengan Aaron Ramsdale

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaDavid Raya (instagram.com/d.raya1)

Kiper Brentford, David Raya, bergabung dengan Arsenal dengan kesepakatan pinjaman awal senilai 3 juta pound sterling (58,6 miliar). Arsenal juga memiliki opsi untuk memermanenkannya seharga 27 juta pound sterling (527,4 miliar) pada musim panas mendatang. Kiper asal Spanyol tersebut akan bersaing dengan Aaron Ramsdale untuk memperebutkan posisi kiper nomor satu di Arsenal. Ia sendiri dipinang The Gunners karena pengaruh Inaka Cana, pelatih kiper Arsenal saat ini, yang sebelumnya juga melatih di Brentford.

5. Edouard Mendy mengikuti jejak rekan setimnya di Chelsea

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaEdouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Edouard Mendy telah meninggalkan klub untuk bergabung ke tim Arab Saudi, Al-Ahli, dengan kontrak selama 3 tahun. Biaya transfernya dilaporkan sekitar 17 juta pound sterling (332 miliar). Kepergian Mendy merupakan bagian dari upaya Chelsea untuk memangkas skuad mereka untuk menghadapi 2023/24. Kiper asal Senegal tersebut bergabung dengan Chelsea pada 2020 dan berkontribusi pada kemenangan Liga Champions mereka pada 2021. Kepindahannya ke Arab Saudi ini mengikuti rekan setimnya di Chelsea, seperti N'Golo Kante dan Kalidou Koulibaly.

Baca Juga: Menilik Debut Andre Onana Bersama MU di Premier League

6. Yann Sommer menggantikan Andre Onana yang hijrah ke Manchester United

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaYann Sommer (instagram.com/ysommer1)

Inter Milan merekrut kiper asal Swiss, Yann Sommer, dari Bayern Munich. Ia menggantikan Andre Onana yang pindah ke Manchester United pada Juli 2023 lalu. Transfer Sommer menelan biaya sebesar 6 juta euro (100,1 miliar) bagi Inter Milan, yang dicicil selama 2 tahun. Sommer sebelumnya bermain untuk Bayern Munich Ia sempat menggantikan Manuel Neuer yang mengalami cedera.

7. Emil Audero bakal satu tim dengan Yann Sommer

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaEmil Audero (instagram.com/emil_audero)

Selepas kepergian Andre Onana ke Manchester United dan Samir Handanovic yang tidak diperpanjang kontraknya, Inter Milan langsung berburu dua kiper sekaligus. Setelah mendatangkan Yann Sommer, La Beneamata juga memboyong Emil Audero Mulyadi dari Sampdoria dengan status pinjaman. Kiper yang memiliki darah Indonesia ini akan mengenakan seragam bernomor punggung 77 pada 2023/2024. Ketenangan dan mentalitasnya selama di Sampdoria menjadi salah satu penilaian bagi Inter Milan untuk merekrutnya.

8. Matej Kovar hengkang ke Bundesliga

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaMatej Kovar (instagram.com/mkovar1705)

Manchester United secara resmi mengumumkan penjualan kiper Matej Kovar ke Bayer Leverkusen. Kovar bergabung dengan Setan Merah pada 2018, tetapi tak sekali pun pernah tampil di lever senior. Dia menjalani masa peminjaman ke Swindon Town, Burton Albion, dan tampil cemerlang di Sparta Prague pada 2022/23. Meski terlibat dalam laga pramusim MU, ia kini menandatangani kontrak dengan Bayer Leverkusen, yang berlaku hingga Juni 2027. Transfer tersebut dilaporkan bernilai 5 juta euro (83,4 miliar) pada awal musim dan kemungkinan meningkat menjadi 8 juta euro (133,4 miliar) dengan biaya tambahan.

9. Guglielmo Vicario menggantikan Hugo Lloris

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaGuglielmo Vicario (instagram.com/guglielmovicario)

Tottenham Hotspur telah mengontrak kiper Empoli, Guglielmo Vicario, dengan kontrak berdurasi 5 tahun. Biaya transfernya dilaporkan sebesar 17,2 juta pound sterling (334,5 miliar). Itu menjadikannya sebagai penjualan termahal yang pernah dilakukan Empoli. Kedatangan Vicario ini menyusul niat Hugo Lloris untuk mencari tantangan baru dan menyisakan kontrak 1 tahun lagi dengan Tottenham.

10. Bart Verbruggen sempat diincar MU

10 Transfer Kiper pada 2023/2024, Beberapa Langsung Masuk Tim UtamaBart Verbruggen (instagram.com/bartverbruggen1)

Brighton & Hove Albion mendatangkan kiper Bart Verbruggen dari Anderlecht dengan biaya sebesar 19 juta euro (317,2 miliar). Pemain berusia 20 tahun ini bergabung dengan Brighton dengan kontrak berdurasi 5 tahun, yang berlaku hingga Juni 2028. Verbruggen mengukuhkan dirinya sebagai kiper pilihan utama Anderlecht musim lalu dengan 37 penampilan dan membantu timnya mencapai perempat final Liga Europa. Sebelumnya, dia menjadi target Manchester United dan Burnley.

Itulah sepuluh transfer kiper yang sudah terjadi pada bursa transfer musim panas ini. Kira-kira, klub mana lagi yang akan membeli kiper bagi tim? Patut kita tunggu kejutan yang akan terjadi pada musim panas ini!

Baca Juga: Emil Audero Mulyadi, Pemuda Kelahiran Lombok Jadi Kiper Inter Milan

Widyo Andana Pradiptha Photo Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya