Comscore Tracker

Profil Ansu Fati, Wonderkid Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Sempat cedera serius pada tahun 2019

Klub sepak bola Barcelona memang tidak ada habisnya dalam melahirkan bintang-bintang muda yang diprediksi akan memiliki karier sepak bola cemerlang. Salah satunya adalah Ansu Fati, striker kelahiran tahun 2002 yang saat ini memperkuat tim senior Barcelona.

Ansu Fati juga dipanggil oleh Luis Enrique untuk terlibat bersama Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2022 Qatar. Karier yang terkesan cemerlang ini sebenarnya dilalui dengan susah payah oleh Fati karena ia sempat cedera serius medio tahun 2020. Selepas cedera, sang wonderkid digadang-gadang memiliki karier bagus bersama Barcelona dan Timnas Spanyol.

Mau tahu profil Ansu Fati secara lengkap seputar perjalanan karier dan kehidupan pribadinya? Langsung simak artikel ini sambil menantikan kiprahnya di Piala Dunia 2022 Qatar, yuk!

1. Profil Ansu Fati

Profil Ansu Fati, Wonderkid Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Ansu Fati merayakan gol yang ia cetak ke gawang lawan (uefa.com)

Bernama lengkap Anssumane Fati Vieira, pesepak bola ini lahir di Bissau, Guinea-Bissau, pada 31 Oktober 2002. Ansu Fati mengawali karier sepak bolanya bersama tim lokal Herrera dan tim junior Sevilla. Saat itu, ia masih berusia di bawah 10 tahun. Baru pada tahun 2012 ia merapat ke La Masia, akademi sepak bola tersohor milik Barcelona. 

Pesepak bola dengan tinggi 178 cm yang berposisi sebagai penyerang ini banyak dikait-kaitkan dengan pesepak bola dunia yang juga mantan penyerang Barcelona, Lionel Messi, lantaran gaya bermain mereka yang dinilai mirip. Fati adalah sosok penyerang dengan kecepatan yang bisa mengemban berbagai peran. Belakangan, Ansu Fati banyak dilibatkan di posisi winger kiri.

2. Ayahnya pernah menjadi pesepak bola di Portugal serta imigran di Spanyol

Profil Ansu Fati, Wonderkid Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Ansu Fati bersama ayah dan ibunya (instagram.com/borifati)

Bori Fati, ayah dari Ansu Fati ternyata sempat menjadi pesepak bola di beberapa klub papan bawah Portugal. Kepindahannya ke Portugal karena kondisi ekonomi keluarga yang makin memburuk. Akhirnya, ia terpaksa membawa seluruh keluarganya dari Guinea-Bissau ke Portugal.

Lalu, Bori Fati mendapatkan kabar tentang pekerjaan bagi para imigran di Marinaleda, sebuah kota di Sevilla, Spanyol. Akhirnya, Bori lagi-lagi membawa keluarganya hijrah ke Sevilla dan menjadi pekerja imigran di sana.

Ketika itu, Bori belum menyadari bakat sepak bola yang dimiliki anaknya, Ansu Fati. Saat Fati berusia enam tahun, ia masih bermain sepak bola di klub-klub lokal setempat tanpa mengenakan sepatu dengan fasilitas penunjang yang tak layak.

Seiring waktu, kabar kepiawaian Ansu Fati dalam bermain bola mulai menyebar ke mana-mana. Saat itu, Direktur Akademi Sevilla, Pablo Blanco langsung memboyong Fati ke akademi. Tak butuh waktu lama bagi potensi besar Fati terendus sampai ke telinga dua klub raksasa sepak bola Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Barcelona pun bergerak cepat mengamankan tanda tangan kontrak Ansu Fati remaja bergabung ke La Masia.

3. Sempat cedera parah tahun 2020

Profil Ansu Fati, Wonderkid Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022potret Ansu Fati saat mengalami cedera (fcbarcelonanoticias.com)

Pada tahun 2020, Ansu Fati sempat mengalami cedera lutut yang cukup serius. Saat itu bisa dibilang menjadi masa sulit bagi dirinya sebagai pesepak bola. Sebab, ia baru saja memulai kariernya di Barcelona, namun, ia malah terpaksa menepi untuk pemulihan.

Ansu Fati pun harus absen bermain lebih dari 300 hari. Setelah melewati berbagai rangkaian perawatan dan penyembuhan, akhirnya ia dinyatakan pulih. Namun, pada awal tahun 2022, Ansu Fati kembali diterpa cedera. Kali ini, ia menderita cedera hamstring. Di usia yang masih muda dengan masa depan yang masih terbuka lebar, sangat disayangkan Ansu Fati telah beberapa kali menepi akibat cedera.

4. Karier klub sejak belia, Ansu Fati sempat pecahkan rekor LaLiga Spanyol

Profil Ansu Fati, Wonderkid Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022potret Ansu Fati saat masih di La Masia (instagram.com/ansufati)

Perjalanan karier Ansu Fati sebagai pesepak bola profesional dimulai dari Barcelona. Lulus dari akademi La Masia, akhirnya pada 24 Juli 2019 ia menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Barcelona dengan durasi kontrak hingga tahun 2022. Fati mencetak gol pertamanya pada 31 Agustus 2019, yaitu ketika Barcelona bertemu Osasuna dengan skor akhir 2-2.

Bahkan, Ansu Fati menjadi pemain termuda dalam sejarah La Liga yang mencetak gol dan assist dalam pertandingan yang sama di usia yang baru menginjak 16 tahun 318 hari. Selama itu, Ansu Fati masih bermain sebagai pemain cadangan. Barulah pada 23 September 2020, Fati masuk dalam tim utama Barcelona. Empat hari setelah itu, Fati langsung mencetak dua gol ke gawang Villarreal dalam laga lanjutan La Liga musim 2020/2021.

Baca Juga: Skuad Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022, Tanpa Sergio Ramos

5. Karier internasional yang melesat cepat

Profil Ansu Fati, Wonderkid Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Ansu Fati. (instagram.com/ansufati)

Menariknya, di usia yang masih belia, karier Ansu Fati di timnas juga terbilang gemilang. Meski tidak lahir di Spanyol, Ansu Fati akhirnya menjadi pemain naturalisasi La Furia Roja. Berikut awal mula kariernya hingga saat ini di Timnas Spanyol.

Spanyol U21 (2019-2020)

Pada 20 September 2019, Ansu Fati resmi memiliki kewarganegaraan Spanyol lewat jalur naturalisasi dan melepaskan kewarganegaraan Guinea-Bissau. Lalu, Fati langsung dipanggil ke Timnas Spanyol U21 pada 11 Oktober 2019. Selang empat hari, ia melakukan debutnya saat melawan Montenegro pada 15 Oktober 2019.

Spanyol (2020-sekarang)

Banyak publik tak menyangka karier Ansu Fati langsung melesat di usia muda. Fati dipanggil ke tim nasional senior pada 20 Agustus 2020 untuk bermain di pertandingan awal UEFA Nations League 2020/2021.

Fati debut pada 3 September 2020 saat melawan Jerman. Saat itu, ia masih memulai laga sebagai pemain pengganti. Fati lantas mencetak gol pertamanya bagi tim nasional senior pada 6 September 2020 saat Spanyol bersua Ukraina.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 hingga Partai Final

6. Penghargaan yang diraih Ansu Fati sejauh ini

Profil Ansu Fati, Wonderkid Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Ansu Fati usai mencetak gol ke gawang Villarreal, Senin (28/9/2020) dini hari. Twitter/@championsleague

Meski masih sangat muda, Ansu Fati ternyata sudah pernah merasakan beberapa penghargaan dan gelar juara. Apa saja? Berikut daftarnya.

Barcelona

  1. Copa del Rey 2020-2021

Individu

  1. UEFA La Liga Revelation Team of the Year musim 2019-2020
  2. La Liga Player of the Month pada September 2020
  3. IFFHS Men's World Youth (U20) Team tahun 2020
  4. Goal.com NxGn tahun 2021

Kini Ansu Fati bersiap memasuki jenjang baru dalam kariernya bersama Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Sejauh mana karier sang wonderkid bakal bersinar terang?

Baca Juga: False 4, Konsep Baru Milik Spanyol di Piala Dunia 2022

Topic:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya