Profil Noah Gesser, Eks Ajax yang Buat Hubner Bela Indonesia

Meninggal di usia 16 tahun akibat kecelakaan

Ada momen mengharukan saat laga Indonesia vs Vietnam pada Kamis (21/3/2024) di Gelora Bung Karno. Pada akhir laga, Justin Hubner dan Ivar Jenner berfoto dengan memegang banner bergambar pemain berseragam Ajax Amsterdam bernama Noah Gesser sambil menahan tangis.

Noah Gesser adalah pemain muda Ajax keturunan Indonesia yang meninggal dunia di usia 16 tahun akibat kecelakaan pada 2021 lalu. Sosoknya diketahui menjadi salah satu alasan Justin Hubner ingin membela timnas Indonesia. Berikut profil Noah Gesser yang menarik diketahui.

1. Punya keturunan Indonesia dari ibu

Profil Noah Gesser, Eks Ajax yang Buat Hubner Bela IndonesiaNoah Gesser, pemain Ajax keturunan Indonesia yang meninggal akibat kecelakaan (instagram.com/noah_gesser)

Noah Gesser lahir di IJsselstein, Belanda pada 27 Februari 2005. Noah mempunyai darah Indonesia dari sang ibu yang sering disebutnya merupakan keturunan suku Jawa.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sempat menarik perhatian pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Mantan pemain timnas yang jadi pelatih ini ingin mencoba memanggilnya, tapi sayang kesempatan ini tidak akan terjadi.

2. Mulai karier di klub kecil

Profil Noah Gesser, Eks Ajax yang Buat Hubner Bela IndonesiaNoah Gesser, pemain Ajax keturunan Indonesia yang meninggal akibat kecelakaan (instagram.com/noah_gesser)

Noah Gesser mengawali karier sepak bolanya dengan bergabung ke klub kecil di kota kelahirannya bernama VVIJ. Ketertarikannya dengan sepak bola bermula karena sering ikut mengantarkan saudaranya berlatih ke VVIJ.

Pada 2013-2015, Noah Gesser kemudian menimba ilmu ke klub lain dengan bergabung ke IJFC untuk membela tim U-9 dan U-11. Setelah itu, Noah kembali menekuni ilmu sepak bolanya dengan bermain di Almere City pada 2015-2017. Dia juga sempat membela Alphense pada 2017-2018.

Namanya mulai dikenal oleh perekrut pemain bola di Belanda. Dia sempat menjadi incaran dua klub besar, Ajax Amsterdam dan Feyenoord. Pada 2018, Noah pun memutuskan bergabung ke Ajax Amsterdam untuk membela tim U-15. Pada musim 2021/2022, Noah memperkuat Ajax U-17.

Bersama Ajax Amsterdam, Noah tampil cukup impresif. Pada musim 2019/2020, Noah sukses mengemas 14 gol dan 10 assist dari 19 pertandingan untuk tim Ajax U-15 serta 2 laga Ajax U-16.

3. Sempat berpeluang membela timnas Indonesia

Profil Noah Gesser, Eks Ajax yang Buat Hubner Bela IndonesiaNoah Gesser, pemain Ajax keturunan Indonesia yang meninggal akibat kecelakaan (instagram.com/noah_gesser)

Dalam sebuah wawancara bersama Yussa Nugraha pada Desember 2020, Noah sempat mengatakan kalau tidak keberatan jika dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia di level kelompok umur. Noah sendiri belum pernah memperkuat timnas Belanda, tapi pernah dipanggil mengikuti seleksi.

"Kalau dipanggil timnas Indonesia? Tergantung momennya. Kalau mereka memanggil saya ketika berusia 20 tahun, saya pikir saya sudah memilih untuk membela timnas Belanda," kata Noah.

"Kalau timnas Indonesia memanggil saya sekarang, saya sangat mengapresiasinya. Saya akan datang saat ini juga. Kalau diundang PSSI, saya tentu akan datang. Namun, saya belum melihatnya sebagai pilihan permanen karena saya masih bisa menentukan untuk bermain di timnas Belanda."

4. Meninggal akibat kecelakaan

Profil Noah Gesser, Eks Ajax yang Buat Hubner Bela IndonesiaNoah Gesser, pemain Ajax keturunan Indonesia yang meninggal akibat kecelakaan (instagram.com/noah_gesser)

Belum sempat membela timnas Indonesia, Noah Gesser harus pergi selama-lamanya di usianya yang masih belia, 16 tahun. Noah Gesser meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pada Jumat, 30 Juli 2021.

Mobil yang ditumpanginya bersama saudara laki-lakinya bertabrakan dengan taksi di Weg der Uinted Nations (N210) di daerah Kamerlingh Onneslaan, Belanda Utara. Insiden tragis ini mengakibatkan keduanya harus meregang nyawa.

Baca Juga: Tangis Justin Hubner Pecah Usai Timnas Bekuk Vietnam

5. Jadi salah satu alasan Justin Hubner membela Indonesia

Profil Noah Gesser, Eks Ajax yang Buat Hubner Bela IndonesiaJustin Hubner memegang bendera bergambar foto Noah Gesser, sahabatnya (twitter.com/Box2BoxOfficial)

Noah Gesser diketahui menjalin persahabatan akrab dengan Justin Hubner dan Ivar Jenner, dua pemain naturalisasi yang kini membela timnas Indonesia.

Menariknya, salah satu hal yang menjadi pertimbangan Justin Hubner sebelum menjadi WNI adalah janjinya kepada Noah Gesser. Ketiganya dikabarkan pernah berjanji untuk sama-sama membela timnas Indonesia.

Ivar Jenner lebih dulu memenuhi janji tersebut. Justin Hubner yang sempat bimbang pun akhirnya memutuskan untuk memenuhi janjinya dengan membela timnas Indonesia. Namun sayang, Noah Gesser sudah tidak akan bisa memenuhi janjinya.

Demikianlah profil Noah Gesser, pemain Ajax Amsterdam keturunan Indonesia yang meninggal dunia di usia 16 tahun akibat kecelakaan lalu lintas pada 2021.

Baca Juga: Profil Jay Idzes, Bek Timnas Indonesia yang Bela Venezia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya