Comscore Tracker

Jangan Terburu, 7 Hal Penting Diketahui saat Beli TV Baru

Sesuaikan dulu dengan ukuran ruanganmu

Membeli televisi tidak serta merta mencari yang paling mahal, paling besar, dan paling baru. Kamu perlu menyesuaikan banyak hal.

Mulai dari kondisi ruanganmu, kualitas layar yang kamu inginkan, hingga budget yang kamu miliki. Berikut ini ada beberapa tips untuk membantumu mencari televisi terbaik.

1. Perhatikan ukuran televisimu dan ruanganmu

Jangan Terburu, 7 Hal Penting Diketahui saat Beli TV Baruilustrasi televisi (unsplash.com/Jens Kreuter)

Untuk mendapatkan kualitas menonton yang baik, kamu perlu memperhatikan ukuran layar televisimu. Ukuran yang kecil membuatmu tidak nyaman, namun begitu pula dengan ukuran yang terlalu besar. Agar pengalaman menontonmu maksimal, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu seberapa jauh jarak sofa dengan televisi, yang mana itu sangat dipengaruhi oleh ukuran ruanganmu.

2. Memahami istilah 1080p, 4K, dan 8K

Jangan Terburu, 7 Hal Penting Diketahui saat Beli TV Baruilustrasi televisi (unsplash.com/Glenn Carstens-Peters)

Di detail spesifikasi, layar televisi yang ditawarkan toko-toko pasti diberikan tulisan 1080p, 4K, atau 8K. Ini berhubungan dengan kualitas layar. Pada dasarnya itu adalah jumlah maksimal pixel yang bisa ditawarkan pada televisi tersebut. Televisi bertuliskan 8K berarti jumlah pixelnya mencapai 8.000.

Tentu saja semakin besar jumlah pixel tersebut, semakin bagus pula gambar yang ditawarkan. Akan tetapi semua itu kembali lagi kepada filmnya juga. Jika filmnya hanya memiliki kualitas gambar yang rendah, maka sebagus apa pun televisimu gambarnya akan tetap jelek karena mengikuti filmnya.

3. Pilih jenis televisi terbaikmu

Jangan Terburu, 7 Hal Penting Diketahui saat Beli TV Baruilustrasi televisi (unsplash.com/Ashley Byrd)

Ada pula hal lain yang mempengaruhi kualitas tontonan di layar televisi, yaitu masalah lampu di balik layar: LED atau OLED. Mudahnya layar OLED dapat secara otomatis mati sendiri menyesuaikan gambar filmmu dan itu menghasilkan gambar yang sangat bagus. Berbeda dengan LED. Saat gambar filmmu menjadi gelap, lampu pixel layarnya tidak mati dan hanya menyala gelap.

Secara mudahnya layar OLED memberikan kualitas gambar yang lebih baik daripada layar LED. Hanya saja layar tersebut akan menaikkan harga televisinya.

Bila belum ada dana, tidak masalah untuk mengambil yang layar LED. Itu dapat diimbangi dengan kualitas 4K. Untuk QLED, itu adalah layar OLED yang punya kualitas lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Aplikasi Streaming Terbaik untuk Diinstal di Smart TV

4. Pilih smart atau non-smart

Jangan Terburu, 7 Hal Penting Diketahui saat Beli TV Baruilustrasi televisi (unsplash.com/Mollie Sivaram)

Untuk zaman sekarang, sudah banyak televisi yang memasukkan fitur smart ke dalamnya. Fitur smart membuat televisimu secara otomatis mendapatkan fitur streaming.

Itu artinya kamu tak perlu lagi menyambungkan televisimu dengan komputer, untuk bisa menonton Netflix dan layanan streaming lainnya karena di televisimu itu sudah bisa. Cukup memasukkan akunmu saja.

5. Pastikan ada banyak input di televisimu

Jangan Terburu, 7 Hal Penting Diketahui saat Beli TV Baruilustrasi input smart tv (dedoimedo.com)

Ini tergantung kebutuhan, tetapi alangkah baiknya bila televisi yang kamu incar memiliki beberapa slot USB. Slot ini tergolong penting, terlebih bila kamu punya hobi foto atau videografi.

Itu karena kamu bisa menyambungkan kameramu ke televisi tersebut, untuk melihat langsung hasil gambar yang sudah kamu dapatkan. Apalagi bila kamu punya hobi lain, semacam bermain game atau menonton via DVD.

6. Jika untuk gaming, pastikan televisinya mendukung HDMI 2.1

Jangan Terburu, 7 Hal Penting Diketahui saat Beli TV Baruilustrasi televisi (unsplash.com/Erik Mclean)

Fitur HDMI 2.1 ini jelas akan membuat televisi yang kamu incar semakin mahal. Akan tetapi ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan di sini. Yang pertama, kamu secara otomatis pasti mendapatkan televisi yang mendukung kualitas gambar 4K. Itu berarti kualitas gambarnya jelas selalu bagus.

Yang kedua, refresh rate game akan menjadi lebih mulus. Refresh rate berhubungan dengan responsmu sebagai pemain. Dalam game yang cukup mengandalkan mobilitas dan kompetitif, kecepatan responsmu bisa menjadi kunci memenangkan game tersebut.

7. Tunggu sampai diskonan

Jangan Terburu, 7 Hal Penting Diketahui saat Beli TV Baruilustrasi diskonan (unsplash.com/Markus Spiske)

Salah satu saran terpenting dalam membeli televisi baru adalah jangan terburu-buru. Tidak masalah kamu membeli televisi baru yang bukan keluaran paling akhir, mengingat harganya bisa menurun cukup drastis. Tunggulah sekitar satu tahun dari waktu rilisnya demi mendapatkan harga yang bagus. Menunggu momen diskonan juga sangat baik.

Pada dasarnya memilih televisi juga tidak gampang-gampang amat. Sekalipun kamu punya uang yang memadai untuk membeli televisi super mahal dan super besar, tetapi jika ruanganmu tak mendukung, maka kamu tetap tak bisa merasakan pengalaman menonton maksimal.

Baca Juga: 7 Android TV Box Terbaik, Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya