Comscore Tracker

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkan

iPadOS mengubah iPad menjadi setengah iPhone, setengah Mac

Pada Apple Worldwide Developers Conference 2019 kemarin, Apple mengumumkan kehadiran iOS 13. Yang mengagetkan adalah iOS 13 hanya berlaku untuk iPhone, sedangkan iPad memiliki operating system sendiri. Bernama iPadOS, banyak perubahan yang terjadi di dalam sistemnya. Berikut ini adalah fitur terbaru yang dihadirkan di iPadOS.

1. Multitasking

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkanengadget.com

Di iPad-mu yang sekarang dengan iOS 12, sejujurnya kamu sudah bisa melakukan multitasking dengan membagi dua layar untuk dua program yang berbeda. Namun di iPadOS hal itu lebih dikembangkan lagi. Tak hanya dua, kamu bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan dan berfungsi untuk aplikasi yang sama pula.

2. Home screen baru

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkanidownloadblog.com

Hal paling jelas pertama yang bisa kamu lihat. Dengan iPadOS, sekarang kamu bisa melihat widget-mu langsung di sebelah aplikasi. Maksud dari widget ini adalah kamu bisa melihat berita terbaru dengan Today Widget, membuatmu selalu up-to-date.

3. Bisa menjadi layar kedua Mac

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkancnet.com

Fitur ini bisa berfungsi jika kamu memiliki Mac yang telah mendapat update operating system, yaitu Catalina. Istilahnya sidecar dan ini memungkinkanmu untuk menggambar lebih detail. Fitur ini pun diikuti dengan peningkatan kecepatan latency Apple Pencil serta adanya tools baru.

4. Gestur baru text-editing

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkanioshacker.com

Apple memberikan tambahan untuk masalah gestur edit naskah. Sebagai contoh, kamu bisa melakukan cut satu paragraf dengan gestur tiga jari yang mencomot, lalu mem-paste-nya dengan gestur tiga jari yang sebaliknya, yaitu melepaskannya.

5. Fitur quickpath typing

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkaniphonehacks.com

Ini adalah digital keyboard yang mirip dengan SwiftKey, Swype, Gboard serta lainnya. Digital keyboard ini memungkinkanmu mengetik teks layaknya menulis di iPhone.

Baca Juga: 8 Alasan yang Membuat iPhone 7 Masih Layak Dibeli Tahun 2019 Ini

6. Ada keyboard shortcut

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkanimore.com

iPadOS di-update dengan beberapa tambahan fitur layaknya komputer atau laptop. Salah satunya adalah kehadiran shortcut. Sebagai contoh menekan Command + Alt/Option akan membawamu ke halaman unduh.

7. Peningkatan Safari

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkanimore.com

Berbicara tentang Safari, ada update besar untuk iPadOS. Yang pertama, kamu tidak melihatnya dalam mode mobile, melainkan lebih mengarah ke komputer. Ada pula download manager yang memungkinkanmu melihat apa saja yang sudah kamu unduh.

8. Adanya aplikasi files

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkaniphonejd.com

Lewat ini, kamu bisa melihat dokumen dan data apa saja yang ada di iPad-mu. Bisa kamu share juga lewat iCloud, sehingga kamu dan rekanmu bisa tersambung untuk satu file, hingga kamu bisa melihat secara langsung apa saja perubahan yang terjadi yang dilakukan oleh rekanmu tersebut.

9. Penyimpanan eksternal

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkanimore.com

iPadOS memungkinkanmu menyimpan ke harddisk eksternal atau USB Drive. Ini akan sangat membantu bagi kamu yang berprofesi sebagai fotografer atau videografer mengingat kamu bisa mengedit foto-fotomu langsung dari sana.

10. Manajemen font

iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkanimore.com

Perubahan terbesar di iPad adalah kamu bisa mengunduh dan membeli font di App Store untuk digunakan di dokumenmu atau lainnya. Ini sangat bagus untuk kamu yang memiliki garapan desain grafis.

Diperkirakan iPadOS akan hadir untuk iPad-mu pada sekitaran September atau Oktober. Masih banyak pula perubahan yang terjadi. Seperti kamu bisa menggunakan mouse di iPadOS. 

Untungnya, kamu sudah bisa mencobanya lewat beta version yang ditawarkan Apple. Bersiap-siaplah karena dipastikan masih akan ada banyak bug, namun jika kamu tidak sabar silakan saja meng-install-nya.

Baca Juga: 7 Pengumuman Terbesar dari Apple di WWDC 2019, Penuh Kejutan nih!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya