Comscore Tracker

7 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu Sendiri!

Duit tetap ngalir meskipun sambil rebahan

Dewasa ini, semua orang sudah bisa menciptakan hasil foto yang bagus. Kamu tidak perlu menjadi seorang fotografer atau memiliki kamera DSLR yang canggih supaya bisa mendapatkan foto yang berkualitas. Hal ini disebabkan oleh smartphone yang kebanyakan beredar sekarang sudah memiliki resolusi kamera yang bagus.

Kondisi kamera hp yang semakin bagus tentu membuat banyak orang jadi lebih percaya diri untuk memotret banyak objek. Namun, jangan sampai hasil foto yang kamu jepret itu cuma menuh-menuhin ruang penyimpanan hp saja. Pasalnya, kamu juga bisa mendapatkan uang dari hasil fotomu itu dengan menjualnya loh.

Berikut beberapa aplikasi foto terbaik untuk kamu menjual hasil fotomu. Cukup rebahan sambil cari foto terbaikmu di galeri untuk menghasilkan uang!

1. 500px

7 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu Sendiri!500px.com

Melansir Money Tamer, salah satu aplikasi foto terbaik untuk berjualan foto adalah 500px. Aplikasi ini bisa kamu akses secara gratis maupun berlangganan. Kendati begitu, apabila kamu memilih untuk memiliki akun 500px secara gratis, maka kamu hanya dapat mengunggah 7 foto saja dalam seminggu.

Tapi apabila kamu tidak memiliki terlalu banyak stok foto untuk dijual maka 500px menjadi opsi bagus. Sambil menunggu waktu untuk mengunggah lagi, kamu bisa memanfaatkan jeda tersebut dengan hunting foto.

2. Agora Images

7 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu Sendiri!agoraimages.com

Agora Images menjadi aplikasi foto yang direkomendasikan karena hasil penjualan foto akan kamu terima 100 persen tanpa komisi apapun. Hanya saja ada tingkatan tersendiri bagi masing-masing member yang menentukan seberapa besar penghasilan bisa kamu dapat, mulai dari Junior, Advanced, Pro, dan Master.

Lebih enaknya lagi, di Agora kamu masih tetap memiliki hak atas foto yang kamu jual. Dengan demikian, hasil foto yang sudah kamu jual di Agora Images masih bisa kamu jual di aplikasi foto lain untuk menghasilkan uang. Semakin banyak kamu menjual foto, maka semakin tinggi tingkatan kamu.

3. EyeEm

7 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu Sendiri!eyeem.com

EyeEm memiliki jaringan lebih dari 25 juta fotografer di seluruh dunia. Di EyeEm, apabila kamu mempertahankan hak cipta karyamu, maka kamu hanya mendapatkan komisi sebesar 50 persen. Pendapatan terendah yang EyeEm tawarkan adalah 20 dolar (Rp290 ribu) per foto, sehingga kamu bisa mendapatkan 10 dolar (Rp145 ribu) per foto.

Dengan kamu mempertahankan hak cipta atas foto yang sudah dijual di EyeEm, kamu masih bisa menjualnya ke aplikasi lain. Selain itu, EyeEm juga bertujuan untuk menciptakan fotografer yang kreatif dengan sering memberikan tutorial dan tips gratis supaya kamu bisa meningkatkan keterampilan foto.

Baca Juga: 10 Aplikasi Ini Akan Menyulap Kamera HP Jadi Kamera Film, Estetik!

4. Foap

7 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu Sendiri!petapixel.com

Foap menjadi salah satu aplikasi penjual foto terbesar di dunia. Kalau kamu memilih untuk menjual foto di Foap, kamu akan mendapatkan komisi sebesar 50 persen. Foap juga sering menyelenggarakan kompetisi kepada para pengguna. Cukup keluarkan foto atau video terbaikmu, kamu bisa berpeluang menang dan mendapatkan ratusan dolar.

Perlu diingat, gambar yang kamu jual harus memiliki resolusi minimum 1280 x 960 piksel. Foap juga membuat kamu dapat terus menjual kembali foto yang sama berulang-ulang ke aplikasi lain.

5. Scoopshot

7 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu Sendiri!fstoppers.com

Scoopshot adalah salah satu aplikasi berjualan foto terbaik buat kamu yang ingin menetapkan harga per foto secara bebas. Di sini, kamu berpotensi mendapatkan keuntungan lebih daripada aplikasi foto lainnya. Kamu akan mendapatkan notifikasi apabila seseorang membeli hasil foto kamu. 

6. Shutterstock Contributor

7 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu Sendiri!shutterstock.com

Nama yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Bagaimana tidak, Shutterstock telah ada selama lebih dari 15 tahun dan memiliki jutaan foto. Mereka telah membayar total lebih dari 1 miliar dolar (Rp14,4 triliun) kepada seluruh kontributor mereka. Sebelum menjual foto di sini, kamu harus mendaftar sebagai kontributor Shutterstock terlebih dahulu.

Para kontributor akan mendapat komisi sebesar 20-30 persen dari setiap penjualan. Sayangnya, Shutterstock adalah perusahaan yang sangat besar dan terkenal sehingga kontributor pemula mungkin akan kesulitan dalam menjual foto.

7. Snapwire

7 Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu Sendiri!steemit.com

Hingga saat ini Snapwire sudah memiliki hampir 800 ribu kontributor. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mempertahankan hak cipta dari setiap foto yang kamu jual. Nantinya, kamu akan mendapatkan komisi sebesar 50 persen dari setiap foto. Namun, kalau kamu mengikuti sebuah challenges atau permintaan, maka kamu bisa mendapat pendapatan 100 persen.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk menjual foto terbaik yang bisa kamu coba. Buruan sulap foto-foto kamu di galeri menjadi pundi-pundi uang!

Baca Juga: 10 Aplikasi Galeri Foto HP Terbaik untuk Kamu yang Suka Serba Teratur

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya