Comscore Tracker

iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Sini

Kira-kira worth it gak ya bayar lebih buat iPhone 11...

Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Apple memang hampir selalu membuat penggemar setianya tidak pernah kecewa. Lihat saja, produk-produk Apple selalu laku keras di pasaran, apalagi iPhone-nya. Bahkan, beberapa bulan silam atau lebih tepatnya pada 20 September 2019, mereka baru saja meluncurkan versi terbaru dari iPhone, yakni iPhone 11.

Akan tetapi, iPhone 11 memiliki beban beratnya tersendiri. Bagaimana tidak, menurut Omdia and Informa Tech, versi iPhone sebelumnya, iPhone XR, berhasil menjadi HP paling populer dan terlaris di pasar sepanjang tahun 2019. Tentu saja banyak orang yang berharap Apple mendesain iPhone 11 lebih canggih daripada iPhone XR supaya penggemarnya tidak kecewa. 

Kalau dilihat dari segi harga, memang sih iPhone 11 lebih mahal jika dibandingkan dengan iPhone XR. Namun, dengan harga lebih mahal apakah itu berarti iPhone 11 punya fitur dan spesifikasi yang lebih canggih dari iPhone XR? Berikut beberapa perbedaan yang harus kamu tahu antara kedua hp canggih tersebut!

1. iPhone 11 unggul di baterai

iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Siniyoutube.com

Seberapa besar baterai hp tentu saja menjadi pertimbangan kamu ketika membeli hp. Pasalnya, dengan daya tahan baterai hp yang lebih lama, kamu jadi bisa memainkan hp kamu selama mungkin tanpa perlu takut kehabisan baterai. Apalagi jika kamu adalah orang sibuk yang sulit mencari waktu untuk sekadar mencharge HP.

Dengan begitu, kamu layak untuk membeli iPhone 11 daripada mempertahankan iPhone XR. Usut punya usut, iPhone 11 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar meskipun Apple tidak mencantumkannya.

Melansir GSM Arena, iPhone 11 dilengkapi dengan baterai berkekuatan 3.110 mAh. Sementara itu, iPhone XR hanya punya baterai berkekuatan 2.942 mAh saja.

2. Layar keduanya sama persis

iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Sinimashable.com

Jika kamu bisa menemukan keunggulan iPhone 11 di baterainya, tapi kamu tidak bisa menemukan keunggulannya dari segi layar. Bukan tanpa sebab, iPhone 11 rupanya didesain dengan memiliki layar yang sama persis seperti iPhone XR. Ya, kamu tidak salah baca, sama persis.

Yang pertama, ukuran layar keduanya sama, yaitu sebesar 6,1 inch. Lalu, resolusinya juga sama: 828p. Bahkan sampai bezelnya (frame layar di bagian luar) serta takiknya juga sama.

3. Desain hingga beratnya membuat kedua iPhone ini seolah-olah kembar

iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Sinifrandroid.com

Selain itu, iPhone 11 juga memiliki ukuran, desain, dan berat yang sama dengan iPhone XR, demikian dikutip dari Business Insider. Saking samanya, kedua iPhone tersebut sampai terlihat sangat mirip.

Hanya saja iPhone 11 memang memiliki sistem kamera yang berbeda. Sampai sini, masih relakah kamu untuk mengeluarkan uang lebih demi membeli iPhone 11?

Baca Juga: Antara iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, Mana yang Lebih Cocok untuk Kamu?

4. Chip yang digunakan iPhone 11 lebih terbaru

iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Sinihiptoro.com

iPhone 11 dibekali chip yang membuatnya beroperasi menggunakan chip milik Apple yang terbaru, A13. Kalau iPhone XR, mereka masih menggunakan chip versi yang lebih lama yaitu A12. Walaupun chip yang dipakai sudah lebih tua, tapi tetap saja chip A12 masih layak diperhitungkan.

Oh iya, untuk chip yang ditanam ke dalam iPhone XR itu memiliki ukuran RAM sebesar 3 GB. Lagi-lagi, untuk ukuran RAM yang ditanam di dalam chip A13 kepunyaan iPhone 11 tidak dibocorkan oleh Apple.

Namun laporan meyakini kalau chip A13 punya RAM berkekuatan 4 GB. Sejak dulu Apple memang selalu menghadirkan iPhone yang lebih baru dengan kekuatan lebih sih.

5. iPhone XR kalah telak dari segi kamera belakang

iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Sini9to5mac.com

Secara umum iPhone XR punya kamera belakang 12 MP berlensa tunggal. Nah, kalau iPhone 11 punya sistem kamera dual-lensa 12 MP yang salah satu lensanya bisa dipakai untuk mengambil foto ultra-wide. Lihat perbedaannya di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut seberapa canggih kamera belakang dari iPhone 11:

  • Lensa tambahan yang ada pada iPhone 11 adalah kamera ultrawide dengan lebar pandang sebesar 120 derajat;
  • IPhone 11 dapat melakukan 2x optical zoom dan 5x digital zoom. Kalau IPhone XR hanya dapat melakukan 5x digital zoom. Lebih-lebih, digital zoom tidak sebagus optical zoom;
  • Mode portrait iPhone 11 dibekali pencahayaan khusus, tidak seperti iPhone XR; 
  • iPhone 11 punya mode malam yang lebih baik sehingga bisa mengambil gambar walaupun hanya mendapatkan sedikit cahaya.

6. iPhone 11 juga lebih canggih soal kamera depan

iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Sinimacworld.com

iPhone XR memiliki kamera depan 7 MP, sedangkan iPhone 11 memiliki kamera untuk selfie 12 MP. Jika untuk mengambil video, kamera selfie iPhone 11 dapat mengambil video 4K hingga 60 frame per detik. IPhone XR kalah jauh, hanya bisa mengambil video 1080p hingga 60 frame per detik.

7. iPhone 11 lebih tahan air

iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Sinibustle.com

Dulu, barang elektronik seperti hp memang sangat sensitif terhadap air. Namun kini segalanya telah bertransformasi ke arah yang lebih baik. Termasuk iPhone 11, hp ini dibekali IP68 water resistance (2 meter, 30 menit). Sementara iPhone XR hanya punya water resistance IP67 (1 meter, 30 menit). Gak khawatir tenggelam deh!

Itulah beberapa perbedaan signifikan antara iPhone XR si hp populer nan laris dengan si pendatang baru iPhone 11. Kalau kamu disuruh memilih, kira-kira bakal mempertahankan iPhone XR aja, atau mengeluarkan duit lebih untuk beli iPhone 11?

Sekadar informasi, di laman resmi iBox, harga iPhone XR kini dibanderol sebesar Rp11 juta. Beda tipis sama iPhone 11 yang hanya perlu menambah Rp1-2 juta.

Baca Juga: iPhone SE 2 Murah, HP Mirip iPhone 8 dengan Kualitas Setara iPhone 11!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya