Comscore Tracker

OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro, Spesifikasinya Menggoda Banget!

Keduanya memiliki banyak kesamaan

Salah satu vendor smartphone ternama yaitu OPPO, akhirnya meresmikan jajaran HP Reno9 series untuk pertama kalinya di Cina. Ponsel ini hadir dalam tiga varian model, di antaranya OPPO Reno9 reguler, OPPO Reno9 Pro, dan juga OPPO Reno9 Pro Plus.

Ketiga smartphone tersebut merupakan penerus dari OPPO Reno8 series, yang mana diperkenalkan lebih dulu sejak pertengahan tahun 2022 lalu. Sebagai suksesor, OPPO Reno9 series tentunya memiliki serangkaian peningkatan pada sektor spesifikasinya, yang terbilang cukup bersaing dengan para kompetitornya.

Nah, sesuai dengan judul artikelnya, kali ini kita akan lebih memfokuskan untuk membahas seputar fitur dan keunggulan apa saja yang dimiliki oleh smartphone OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro, mengingat spesifikasi keduanya juga tidak memiliki banyak perbedaan, lho. Langsung di simak, yuk!

1. Desain

OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro, Spesifikasinya Menggoda Banget!Potret OPPO Reno9 Pro (oppo.com)

Dimulai dari yang paling tampak terlebih dahulu yaitu desainnya, keduanya smartphone ini tampaknya memiliki bahasa desain yang cukup mirip, lho. Dimana baik OPPO Reno9 maupun OPPO Reno9 Pro sama-sama memiliki desain bodi yang begitu tipis dan juga ringan, dengan dimensi tinggi sekitar 162,3mm, lebar 74,2mm, ketebalan 7,19mm, dengan bobot sekitar 174 gram.

Begitu pula dengan tampilan layarnya, kedua seri ponsel ini dibekali jenis panel layar yang sama yaitu AMOLED seluas 6,7 inci, dengan rasio 93 persen. Selain itu, layar yang digunakan kedua HP ini juga telah support kecepatan refresh rate mencapai 120Hz, serta mendukung resolusi FHD Plus (2412×1080) dengan kecerahan maksimum 950nits.

2. Kamera

OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro, Spesifikasinya Menggoda Banget!ilustrasi sensor kamera smartphone (oppo.com)

Kesamaan berikutnya yang juga tampak jelas terlihat dari kedua seri smartphone terbaru OPPO ini yaitu pada pembawaan kameranya, di mana OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro sama-sama mengusung setup dua kamera saja di bagian belakangnya.

Sedikit perbedaan mungkin pada resolusi lensa yang digunakan oleh keduanya, di mana untuk OPPO Reno9 dibekali quad kamera utama beresolusi 64MP dan kamera depth sensor 2MP, serta satu kamera selfie beresolusi 32MP. Sementara untuk OPPO Reno9 Pro sendiri hanya memiliki resolusi kamera utama sebesar 50MP, yang disandingkan dengan kamera ultra-wide 8MP dan kamera depan 32MP.

3. Dapur pacu

OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro, Spesifikasinya Menggoda Banget!ilustrasi prosesor smartphone (oppo.com)

OPPO Reno9 hadir mengemas prosesor Snapdragon 778G 5G, yang dibuat dengan proses fabrikasi 5 nanometer. Sedangkan untuk OPPO Reno9 Pro sendiri dibekali dengan jenis prosesor dari pabrikan yang berbeda, yaitu MediaTek Dimensity 8100-MAX fabrikasi 6 nanometer.

Chipset yang digunakan kedua seri HP terbaru OPPO ini juga sama-sama memiliki peningkatan kinerja CPU hingga 45 persen, sehingga mampu menyuguhkan kinerja yang lebih maksimal tentunya. Untuk hasil pengujian AnTuTu Benchmark keduanya, OPPO Reno9 mampu mendapatkan skor sebesar 487966 poin, sedangkan OPPO Reno9 Pro memperoleh 855763 poin.

Baca Juga: OPPO Reno9 Pro Plus, Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1!

4. Baterai dan memori

OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro, Spesifikasinya Menggoda Banget!ilustrasi baterai smartphone (oppo.com)

OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro sama-sama dibekali baterai dengan kapasitas 4500mAh, serta mendukung protokol pengisian cepat SUPERVOOC mencapai 67W. Fitur fast charging yang dimiliki oleh keduanya tersebut diklaim OPPO mampu mengisi penuh baterai dari kosong hingga 100 persen hanya dalam waktu 44 menit saja, lho.

Beralih ke sektor memori atau ruang penyimpanannya, OPPO Reno9 menawarkan tiga opsi RAM LPDDR5 serta internal storage UFS2.2, dengan konfigurasi 8/256GB, 12/256GB, dan 12/512GB. Sementara untuk OPPO Reno9 Pro menawarkan dua opsi RAM LPDDR5 serta ROM UFS3.1, dengan pilihan 16/256GB dan 16/512GB.

5. Fitur pendukung dan harga

OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro, Spesifikasinya Menggoda Banget!ilustrasi sistem pendingin smartphone (oppo.com)

OPPO Reno9 dan OPPO Reno9 Pro sama-sama menjalankan sistem operasi antar muka ColorOS 13 berbasis Android 13, yang mana keduanya juga telah support dengan konektivitas jaringan 5G, Wi-Fi 6, NFC multifungsi, USB Tipe-C, serta mendukung 2×2 MIMO. Selebihnya, kedua HP ini juga dibekali teknologi pendingin liquid cooling system, dengan luas area pendinginan mencapai 5600mm2.

Di Cina, untuk seri OPPO Reno9 dengan opsi memori terendah 8/256GB, dijual seharga 2499 yuan atau sekitar 5,5 jutaan. Sedangkan seri OPPO Reno9 Pro dengan pilihan memori terendah 16/256GB, dibanderol seharga 3499 yuan atau sekitar Rp7,8 jutaan.

Kesimpulannya, harga yang ditawarkan OPPO pada kedua seri terbarunya ini bisa dikatakan cukup affordable, mengingat serangkaian fitur-fitur unggulan yang diberikan juga terbilang cukup worth-it untuk memaksimalkan kegiatan sehari-hari pengguna, ya!

Baca Juga: Review OPPO A77s Vs. OPPO Reno7 4G, si Kembar tapi Beda!

Ahmad Sandi Photo Verified Writer Ahmad Sandi

Menulis itu menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya