Comscore Tracker

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP Android

Buat yang suka derek audio di HP, cocok!

Zaman sekarang, ponsel cerdas atau smartphone, terutama Android, dapat digunakan juga untuk mendengarkan musik. Bukan hanya mencolok headphone, tidak jarang speaker smartphone juga digunakan untuk meramaikan suasana. Bagi yang bermodal lebih, maka speaker Bluetooth pun juga ikut diborong!

Namun, mendengarkan lagu lewat smartphone kadang bikin repot sendiri. Tidak jarang, speaker HP malah tidak optimal, kadang terlalu kecil atau malah terlalu sember dan bikin sakit kuping.

Nah, para pencinta audio (audiophile), itukah dilemamu? Untungnya, ada berbagai cara untuk meningkatkan kinerja audio di HP Android. Simak, inilah 8 cara yang dapat kamu pakai untuk meningkatkan kinerja audio di HP Android agar kualitas musik tetap terjaga dan tidak sember.

1. Cek pengaturan suara pada HP

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP AndroidPengaturan Sound & Vibration. IDN Times/Alfonsus Adi Putra

Trik pertama yang dapat kamu tempuh adalah menggeser pengontrolan volume audio. Simpel bukan? Namun, trik ini terbukti dapat meningkatkan kinerja speaker. Caranya (bisa berbeda, tergantung dari HP-mu):

  • Buka Settings; Lalu
  • Cari opsi Sound and Vibration.

Di opsi Sound and Vibration, kamu akan menemukan slider volume speaker HP, alarm, dan notifikasi. Nah, cobalah mengutak-atik slider volume media di HP sampai kamu menemukan volume yang pas di mana suara tidak sember dan bisa tetap terdengar.

Selain itu, Sound and Vibration juga memiliki pengaturan efek suara khusus lain. Dengan menggeser ke bawah, kamu dapat menemukan opsi Sound effects. Buka opsi tersebut, maka kamu bisa memilih preset atau mengatur ekualiser (EQ) suara hingga sesuai dengan seleramu.

2. Gunakan aplikasi volume booster

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP AndroidSuper Volume Booster. play.google.com

Tetap terdengar kecil? Kalau begitu, cobalah pakai aplikasi pihak ketiga untuk mendongkrak volume! Buka Play Store dan cari aplikasi volume booster. Sesuai namanya, aplikasi volume booster berguna untuk meningkatkan volume HP ke frekuensi optimalnya. Salah satu rekomendasi kami adalah Super Volume Booster dari SoulApps.

Dengan rating 4.8 dari 5, Super Volume Booster mengklaim dapat meningkatkan volume hingga ke ambang 200 persen! Jangan senang dulu! Kami peringatkan, menggunakan aplikasi pembesar volume pihak ketiga dapat merusak hardware speaker di ponsel Android. Pilihanmu: Jangan gunakan atau gunakan dengan volume yang sewajarnya.

3. Pastikan speaker bersih dari debu

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP AndroidFitur membersihkan speaker pada Poco X3 NFC. IDN Times/Alfonsus Adi Putra

Mayoritas pemilik smartphone Android menggunakan casing HP agar terlindung dari kerusakan. Aman, bukan tidak mungkin, casing tersebut justru biang kerok mengapa kinerja audio HP-mu jadi minim! Jadi, kami sarankan, carilah casing HP yang membuka speaker cukup lebar agar suara tidak tersumbat.

Selain casing, faktor kedua adalah jaring-jaring speaker HP yang berdebu. HP masa kini memiliki fitur pembersih speaker. Dengan suara bising yang dinyalakan dengan volume maksimal, maka speaker HP pun bersih dalam waktu 1 - 2 menit. Cara lain, kamu bisa menempelkan selotip pada speaker. Cabut selotipnya, dan seluruh debu serta partikel akan tersingkirkan!

Ketiga, jika kamu mendengarkan musik HP dengan headphone, cobalah membersihkan lubang jack headphone pada HP. Kamu bisa menggunakan cottonbud dan secara hati-hati, masuk dan keluarkan cottonbud ke dalam jack untuk membersihkan debu atau partikel yang menyumbat jack.

4. Install aplikasi musik dan audio yang memang direkomendasikan

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP AndroidPowerAmp. androidauthority.com

Untuk menyetel musik dan media di Android, Play Store tidak kekurangan aplikasi media player. Kamu dapat meng-install aplikasi pemutar media yang direkomendasikan seperti jetAudio, PowerAmp, Neutron, MediaMonkey, hingga USB Audio Player PRO. Aplikasi-aplikasi musik yang bagus memiliki fitur pengaturan EQ, sehingga menambah kinerja audio, lho!

Seperti yang kami ceritakan sebelumnya, Android memiliki fitur pengaturan EQ mandiri. Tetapi, Play Store pun memiliki aplikasi EQ yang bisa meningkatkan kinerja audio HP Android, seperti Bass Booster & Equalizer (Coocent), Flat Equalizer (jApp) atau Equalizer Pro (iJoysoft). Sama dengan aplikasi volume booster, kami sarankan untuk berhati-hati saat memakai EQ pihak ketiga karena dapat mengalami malfungsi pada HP Android.

Baca Juga: 7 Cara Kreatif Penggunaan USB OTG di Android, yuk Coba!

5. Layanan berbayar pada aplikasi music streaming

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP AndroidAplikasi music streaming. profileplaylist.net

Kamu tipe yang mendengarkan musik dengan layangan music streaming seperti Spotify Apple Music, atau JOOX? Tergantung preferensimu, kemungkinan besar aplikasi-aplikasi ini tidak menawarkan audio beresolusi tinggi. Apalagi, jika kamu hanya menggunakan mode gratis. Kami mengerti, ada prioritas lain yang harus kamu penuhi, dan itu normal!

Pertama, kamu dapat mengatur setting audio di aplikasi ke resolusi yang lebih tinggi agar mendapatkan pengalaman terbaik. Selain itu, kamu juga bisa berlangganan layanan VIP di layanan music streaming tersebut.

Jika kamu membaca fitur apa saja yang akan kamu dapatkan, salah satunya adalah download musik berkualitas tinggi. Dengan begitu, kamu dapat mendengarkan musik berkualitas tanpa terkoneksi ke internet.

6. Pakai headphone berkualitas bagus

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP Androidunsplash.com/Ovinuchi Ejiohuo

Aplikasi volume, EQ, dan media player tidak bekerja? Kalau begitu, cobalah mengganti headphone-mu. Merogoh kocek lebih dalam untuk membeli headphone in-ear atau over-ear yang didesain dengan noise-canceling dan beresolusi tinggi (Hi-Res) dapat meningkatkan pengalaman audiomu. Terkesan boros? Buat kuping, jangan setengah-setengah. Toh, pengalaman audio yang nyaman sepadan, kan?

"Mending nyesel beli daripada nyesel gak beli!"

Jadi, pertama carilah dahulu informasi spesifikasi headphone yang akan kamu beli. Kamu bisa membeli in-ear yang "kecil-kecil cabai rawit" atau over-ear yang klasik, besar, dan dijamin mengunci telingamu dari bunyi luar. Saran kami, jangan sampai salah beli, karena penyesalannya bisa bikin kamu galau dalam jangka panjang.

7. Gunakan portable DAC

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP Androidthewirecutter.com

Jika headphone yang dibeli dirasa tidak cukup saat dicolok ke HP, para audiophile biasa membeli Digital-to-Analogue Converter (DAC) eksternal untuk memperkuat frekuensi suara headphone. Dari ratusan ribu hingga jutaan, harga DAC eksternal memang tidak murah.

DAC eksternal dijamin dapat meningkatkan kualitas audio dari smartphone ke headphone. Malah, dengan maraknya headphone wireless, tidak jarang DAC masa kini memiliki fitur yang mendukung wireless. Beberapa DAC eksternal yang direkomendasikan antara lain Chord Mojo, Creative SoundBlasterX G5, FiiO A1, iFi xDSD, Sony PHA-3, dan banyak lagi.

8. Gunakan smart atau Bluetooth speaker

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP AndroidBluetooth speaker (IDN Times/Umi Kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Cara terakhir untuk meningkatkan HP, ya... tidak dimungkiri adalah menyambungkannya dengan speaker eksternal. Di masa kini, agar mudah dibawa ke mana-mana, maka kamu bisa mempertimbangkan Bluetooth atau smart speaker yang bisa disambungkan dengan ponsel Android-mu. Terutama untuk ice-breaking atau tidak ingin menggunakan headphone, kamu dapat menggunakan speaker eksternal untuk memecah keheningan.

Seperti mencari headphone, kami sarankan untuk mencari terlebih dahulu spesifikasi Bluetooth atau smart speaker agar tidak menyesal. Jika kamu mencari Bluetooth atau smart speaker yang baik, kamu bisa menggunakan Google Home, Harman Kardon Citation, Anker Soundcore Model Zero Plus, Xiaomi Mi Bluetooth Speaker Mini, JBL Flip 4, dan banyak lagi. Dijamin, satu ruangan jedag-jedug!

Ini 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Audio di HP AndroidSmartphone dan audio. pixabay.com/kaboompics

Kesimpulannya, kinerja audio HP Android-mu dapat kamu tingkatkan via mengatur volume, meng-install pemutar media yang bagus, membeli headphone beresolusi tinggi, berlangganan dengan layanan VIP aplikasi music streaming, hingga menggunakan DAC dan speaker eksternal.

Itulah 8 cara yang dapat kamu tempuh untuk mendongkrak kinerja audio smartphone Android-mu baik menggunakan speaker atau headphone. Sesuka-sukanya kamu dengan musik jedag-jedug, kami sarankan untuk mendengarkannya di volume yang wajar, agar telinga dan HP kamu tetap sehat.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Ubah Font di Android

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya