Comscore Tracker

Efektif! 7 Cara Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di Rumah

Biar tidak tambah stres...

Tok! Pemerintah Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 28 hari hingga 22 Mei dalam upaya untuk menahan penyebaran penyakit virus corona baru (COVID-19). Artinya? Masa kerja di rumah atau work from home (WFH) pun juga diperpanjang.

"Aduh...!"

Tentunya, di masa-masa seperti ini, koneksi internet yang cepat dan tanpa lagging benar-benar penting. Bukan hanya untuk hiburan, tetapi demi lancarnya pekerjaan juga.

Namun, semakin banyak yang tetap di rumah, beban pada koneksi internet juga semakin besar. Mengingat hal tersebut, inilah cara-cara untuk membuat koneksi internetmu lebih cepat.

1. Kurangi beban pada koneksi internet

Efektif! 7 Cara Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di RumahPixabay/SerenaWong

Tips pertama untuk membuat internet lebih cepat adalah dengan mengurangi bebannya. Maksudnya, jumlah perangkat yang memakai koneksi internet. Ibaratkan koneksi internetmu seperti sebuah kapal kecil. Jika terlalu banyak muatan, kapal bisa oleh lalu tenggelam.

Jika kamu memiliki lebih dari satu perangkat yang terkoneksi dengan internet, lihat yang mana yang kamu pakai. Tablet atau ponsel cerdas yang terhubung dengan internet akan tetap menjalankan background process.

Jika tidak perlu, jangan sambungkan dengan internet. Dijamin, koneksi internetmu terasa lebih cepat.

Selain itu, manajer PR di Uswitch (mesin pencari belanja di Inggris), Rory Stoves, mengingatkan bahwa jika kamu menggunakan laptop untuk bekerja, usahakan untuk hanya menggunakan piranti lunak yang diperlukan.

Jangan menyalakan seabrek piranti lunak yang tidak perlu. Hal tersebut sama saja membebani koneksi internet.

2. Jauhkan router dari perangkat elektronik dan reboot secara rutin

Efektif! 7 Cara Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di RumahIlustrasi WIFI (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain itu, Stoves juga mengingatkan untuk tidak menaruh router di dekat perangkat-perangkat elektronik. Hal itu dapat menyebabkan gangguan pada koneksi internet. Perangkat-perangkat seperti speaker, TV monitor, hingga telepon harus jauh dari router. Tetapi, jangan letakkan router di lantai.

“Pastikan router ada di tempat di mana kamu paling sering mengakses internet,” kata Stoves.

Mungkin beberapa tidak tahu, kamu disarankan untuk me-reboot router secara rutin. Apa yang perusahaan penyedia layanan internetmu katakan jika kamu mengeluhkan koneksi yang lambat?

Ya, "di-restart dulu modemnya", kan? Hal itu memang efektif untuk membetulkan koneksi internet yang lambat. Jadi, jangan lupa untuk reboot router-mu secara rutin.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

3. Cek kecepatan koneksi secara rutin

Efektif! 7 Cara Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di Rumahgfycat.com

Kemudian, trik yang bisa kamu pakai untuk melancarkan koneksi internet adalah dengan selalu mengecek kecepatan internetmu. Gunakan layanan speed test yang tersebar secara gratis dan daring.

Mengecek kecepatan internet penting untuk mengetahui apakah kamu mendapatkan kecepatan yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia. Pastinya, juga untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan koneksimu.

Situs-situs gratis, salah satunya Speedtest.net, juga menyediakan jasa untuk mengukur kelincahan koneksi internetmu. Pastikan untuk menjaga ping rendah sementara kecepatan unduh (download) dan unggah (upload) tetap tinggi.

Baca Juga: 7 Game Android Offline Terbaik yang Tak Butuh Koneksi Internet

4. Ganti router jika sudah tidak layak pakai

Efektif! 7 Cara Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di RumahTechz

Kamu sudah berlangganan dengan satu layanan sejak 2010, dan belum ganti router hingga sekarang? Mungkin, inilah saatnya bagimu untuk mengucapkan "Selamat tinggal" pada router lamamu.

"Yah, sayang... Kita sudah melewati segalanya bersama."

Bukan begitu! Dengan membarui router-mu, kamu bisa mendapatkan yang versinya lebih baru, juga lebih cepat dari router lama kesayanganmu.

Segera hubungi perusahaan penyedia layanan internetmu untuk membarui router. Tentunya, ada beberapa ketentuan yang harus ditandatangani dan harga yang dibayar untuk membarui router-mu. Worth it!

5. Router kabel lebih baik daripada nirkabel

Efektif! 7 Cara Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di RumahUnsplash/Thomas Jensen

Nah, jika kamu sudah memutuskan untuk membarui router-mu, inilah saran selanjutnya dari kami. Kalau kamu diharuskan memilih, menurutmu, apakah yang nirkabel lebih baik daripada kabel?

"Iya, dong. Kan, sesuai dengan perkembangan zaman. Semuanya wireless."

Tidak selalu begitu, ternyata.

Selain lebih murah, kamu router kabel menawarkan koneksi internet yang jauh lebih handal dan cepat dibandingkan dengan nirkabel. Tinggal colokkan ke PC atau laptopmu dan nikmati koneksi internet super cepat itu.

Sebelum memilih router kabelmu, pastikan untuk melihat nomor "Cat"-nya. Bukan kucing, ya. Nomor Cat terdapat pada kabel router yang akan kamu beli (dari 5 hingga 8). Semakin tinggi nomor Cat-nya, semakin tinggi juga kecepatan transmisi dan bandwidth yang akan kamu dapat. Minimal, dapatkan router dengan Cat 5.

Untuk saran yang satu ini, dengan catatan, penggunaan internet hanya terbatas untuk dirimu sendiri. Jika kamu mendaftarkan internet untuk satu rumah, tentu saja router nirkabel lebih baik.

6. Pakai penguat sinyal jika perlu

Efektif! 7 Cara Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di Rumahlifewire.com

Jika kamu ingin memperkuat koneksi internet pada router-mu, kamu juga bisa mempertimbangkan memperlengkapinya dengan penguat sinyal, atau WiFi extender.

Mungkin solusi ini terdengar seperti hoaks, akan tetapi, beberapa peralatan penguat sinyal WiFi yang seringkali dikira hanya gimmick untuk menarik pelanggan, ternyata memang melakukan tugasnya dengan baik. Tinggal colokkan di tempat yang susah sinyal, maka sinyal akan langsung menuju ke tempat itu juga.

WiFi extender dapat kamu dapatkan dengan harga murah, di kisaran 100 ribu hingga 200 ribu saja, di toko daring dan luring. Tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

7. Turunkan resolusi streaming

Efektif! 7 Cara Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di Rumahguidingtech.com

Kamu suka nonton YouTube atau streaming film, drama, dan hal-hal lainnya di Netflix? Saran terakhir adalah, kamu juga harus mengetahui batas internetmu. Jika internetmu tidak memadai untuk menonton dengan kualitas HD hingga 4K... Jangan dipaksa!

"Jika kamu sering streaming, jangan nyalakan hingga kualitas HD," ujar Stoves.

Paling tidak, taruh resolusinya di kisaran 480p atau 720p, bukan mentok ke 1080p. Internet pada masa kini paling tidak, tetap mampu mendongkrak resolusi hingga 480p.

Jika kamu pengguna Netflix, begini cara untuk tetap meringankan bebannya dari router-mu. Pertama, masuk ke akun Netflix-mu (lewat laman web), dan lalu tutup di bawah opsi "My Profile", pilih "Playback Settings". Pada opsi tersebut, pilih pemakaian data yang lebih ringan (antara "Low" atau "Medium") dan "Save".

Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat koneksi internetmu selagi masa-masa PSBB dan WFH. Selamat mencoba, dan selalu ingat untuk tetap di rumah serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri!

Baca Juga: 10 Penyebab Paling Sering Kenapa Koneksi Internet HP Kamu Lemot

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya