TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Rekomendasi Air Purifier Murah di Bawah Rp2 Juta

Bantu bersihkan udara di ruangan

ilustrasi air purifier dan tanaman dalam ruangan (freepik.com/opatsuvi)

Kualitas udara ramai menjadi concern warga setelah berbagai aplikasi menunjukkan skor  di atas batas aman. Ini artinya, udara yang kita hirup sangat tidak layak dan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Utamanya, akibat polusi udara di Jakarta. 

Air purifier lantas dipilih sebagai salah satu langkah untuk membersihkan udara di rumah. Buat kamu yang juga mau coba, rekomendasi air purifier murah di bawah Rp2 juta ini cocok jadi pilihan. Pemilihan produknya, tetap sesuaikan dengan luas ruangan juga, ya.

Rekomendasi air purifier murah

Kualitas udara dengan skor buruk bukan hanya terjadi di Jakarta. Beberapa wilayah besar seperti Yogyakarta, Tangerang, hingga Surabaya terpantau juga mengalami hal serupa. Demi mencegah masalah kesehatan akibat kondisi tersebut, tidak sedikit yang akhirnya memilih menggunakan air purifier di rumah. 

Perangkat rumah tangga satu ini bekerja dengan tiga cara utama. Pertama, menjebak partikel di udara seperti debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan; membantu menghilangkan bau dari udara; dan membantu mencegah kontaminan dari udara disirkulasikan kembali ke udara, melansir Carrier.

Tidak harus mahal, terdapat beberapa pilihan produk penjernih udara ruangan yang dibanderol dengan harga terjangkau. Berikut pilihannya untukmu.

1. Blue Sky Air Purifier Lite Touch Display

ilustrasi Blue Sky Air Purifier Lite Touch Display (shopee.com/bluesky.internasional)

Rekomendasi air purifier murah pertama hadir dari brand Blue Sky. Produk asal China ini punya berbagai fitur unggulan. Paling dasar yakni anti-alergi, antibakteri, antivirus, HEPA, dan filter yang bisa dicuci. Pada versi lanjutan, semua kontrol sudah bisa dijalankan secara touchable.

Di luar itu, perangkat ini mendukung pembersihan udara dalam ruangan hingga ukuran 30 meter persegi. Tegangan dayanya 220 V dengan konsumsi daya 35W. Kamu juga bisa mengatur pengaturan menggunakan remote control.

  • Harga: Rp300-Rp440 ribuan (tergantung jumlah filter dan versi perangkat)

2. Polytron Air Purifier 5 Filtrasi

ilustrasi Polytron Air Purifier 5 Filtrasi (dok. Polytron)

Produk air purifier dengan harga kurang dari Rp2 juta juga ada dari brand lokal. Polytron Air Purifier 5 Filtrasi ini sudah punya sejumlah fungsi yang membantu menjernihkan udara. Pada produk ini tersemt HEPA filter yang membantu menangkap partikel, alergen, serbuk sari, debu, asap, hingga bulu hewan peliharaan.

Perangkat ini juga dilengkapi carbon filter yang membantu mengurangi bau ruangan. Sementara, UVC lamp-nya diklaim dapat membunuh 99,9 persen bakteri dan virus. Kamu juga bisa menambahkan aroma therapy yang membantu membuat ruangan lebih wangi.

  • Harga: Rp419 ribuan

Baca Juga: 7 Air Purifier Terbaik dari Berbagai Harga, Sudah Punya?

3. Daikin Air Purifier MC30VVM

ilustrasi Daikin Air Purifier MC30VVM (dok. Daikin Indonesia)

Daikin jadi salah satu brand elektronik rumah tangga yang sudah teruji. Salah satu produk yang dirilis adalah air purifier dengan seri MC30VVM. Perangkat ini diklaim  punya daya isap kuat dari tiga arah yang mampu membuat udara lebih bersih secara cepat.

Mirip dengan device serupa, fitur dasarnya yakni filter HEPA dan filter pengurang bau ruangan. Sementar,a fitur spesialnya termasuk mode Econo yang memungkinkan suara senyap sesuai tingkat polusi dan ada kipas otomatis. Untuk kapasitas, perangkat ini bisa digunakan di luar surangan 21,5 meter persegi.

  • Harga: Rp800 ribuan

4. Sharp Air Purifier IG-NX2Y-W

ilustrasi Sharp Air Purifier IG-NX2Y-W (dok. Sharp Indonesia)

Rekomendasi air purifier murah di bawah Rp2 juta berikutnya adalah produk dari Sharp. Pembersih udara seri IG-NX2Y-W ini cocok digunakan untuk ruangan kecil. Misalnya kamar tidur dengan luas tidak lebih dari 3,6 meter persegi. Perangkatnya slim dengan tampilan mewah.

Fiturnya termasuk dual USB portdual air inlet, dual usage, micro particle pre-filter, dan coanda effect. Seluruhnya bekerja untuk menjernihkan udara dengan menyaring sampai bagian terkecil dengan tanpa suara berisik.

  • Harga: Rp1,3 jutaan

5. LEKA AP7809 Rechargeable Air Purifier

ilustrasi LEKA AP7809 Rechargeable Air Purifier (tokopedia.com/LEKA Official)

Kecil-kecil cabai rawit. Kamu mungkin melihat ukuran perangkat ini cukup mini. Namun, LEKA AP7809 Rechargeable Air Purifier punya kekuatan membersihkan udara dengan jangkauan area hingga 20 meter persegi, lho.

Air purifier dari LEKA ini juga memiliki berbagai filter untuk menyaring udara hingga bersih. Selain itu, ada tambahan sinar UV-C yang dikatakan mampu membunuh bakteri, kuman, dan virus. Dengan berbagai fitur tersebut, perangkat ini membutuhkan daya 37W dengan kapasitas baterai 10 ribu mAh. Bisa di-charge dan dibawa secara portable.

  • Harga: mulai Rp1,5 jutaan (tergantung pada paket yang dipilih)

Baca Juga: Cara Cek Kualitas Udara Hari Ini di HP dengan Aplikasi AirVisual

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya