Comscore Tracker

Tembus 18TB, Ini 7 Media Penyimpanan Terbesar di 2021

Mulai dari SSD, HDD, kartu microSD hingga flashdisk

Baik mereka yang bekerja profesional seperti sebagai fotografer maupun yang hanya sekadar gemar mengkoleksi banyak game, dibutuhkan penyimpanan yang tidak bisa disebut sedikit. Benar memang jika ada penyimpanan alternatif yaitu cloud yang terkadang bahkan menawarkan penyimpanan dengan kapasitas tak terbatas, namun tetap, penyimpanan fisik jadi pilihan utama bagi sebagian besar orang.

Di luar sana, terdapat banyak pilihan media penyimpanan dari berbagai jenis dengan kapasitas yang luar biasa besar, mulai dari 1TB hingga 18TB. Berikut beberapa di antaranya yang mungkin menarik perhatian kamu.

1. Sabrent Rocket Q 8TB NVMe M.2 SSD

Tembus 18TB, Ini 7 Media Penyimpanan Terbesar di 2021ilustrasi Sabrent Rocket Q 8TB NVMe M.2 SSD (sabrent.com)

Jika kamu tidak hanya ingin kapasitas dengan penyimpanan besar namun juga butuh yang punya kecepatan transfer yang cepat, maka opsi terbaik adalah Sabrent Rocket Q 8TB NVMe M.2 SSD. Sesuai namanya, SSD ini punya kapasitas penyimpanan 8TB yang sangat luas di samping kecepatan baca/tulis yang juga cepat.

SSD yang juga hemat konsumsi daya ini cocok untuk menyimpan hasil edit video yang umumnya memang punya file dengan ukuran besar. Selain untuk PC, kamu juga bisa menggunakan SSD berjenis M.2 ini ke laptop, mengingat sebagian besar laptop modern saat ini sudah dibekali dengan slot M.2 tambahan.

2. Seagate Expansion 18TB External HDD

Tembus 18TB, Ini 7 Media Penyimpanan Terbesar di 2021ilustrasi Seagate Expansion 18TB External HDD (bestbuy.com)

Butuh penyimpanan eksternal untuk membackup data? Seagate Expansion 18TB External HDD jadi pilihan yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. HDD eksternal ini menawarkan kapasitas yang tidak main-main yaitu 18TB, yang dikombinasikan dengan port USB 3.1, membuatnya pas untuk melakukan backup data atau sekedar menyimpan file dengan ukuran besar.

Kerennya lagi, meski punya kapasitas yang sangat jumbo, bobot HDD eksternal ini terbilang sangat ringan yaitu seberat 980g saja. Di dalam paket pembelian, kamu juga akan mendapatkan kabel dengan panjang 18 inci untuk pemasangan lebih mudah ketika digunakan bersama dengan PC.

3. Western Digital My Passport 5TB Portable HDD

Tembus 18TB, Ini 7 Media Penyimpanan Terbesar di 2021ilustrasi Western Digital My Passport 5TB Portable HDD (westerndigital.com)

Western Digital My Passport 5TB Portable HDD merupakan HDD eksternal yang cocok untuk mereka yang sering bepergian atau bekerja on-the-go. Media penyimpanan yang satu ini punya form factor compact, yang ketika disandingkan dengan kapasitas 5TB yang diusungnya, membuatnya sangat aman untuk menyimpan file apapun dan sebesar apapun. Sama seperti media penyimpanan buatan WD lainnya, HDD eksternal ini juga telah mendukug WD Discovery di mana pengguna bisa dengan mudah mengimpor file dari layanan cloud dan WD Security untuk keamanan file lebih baik lewat enkripsi AES 256-bit.

Baca Juga: 7 Penyimpanan Cloud Alternatif Google Drive yang Patut Kamu Coba

4. Seagate IronWolf Pro 18TB NAS HDD

Tembus 18TB, Ini 7 Media Penyimpanan Terbesar di 2021ilustrasi Seagate IronWolf Pro 18TB NAS HDD (nextmedia.com.au)

Alternatif lebih mudah daripada harus bergantung pada server eksternal untuk menyimpan file adalah membuat penyimpanan NAS sendiri. Untuk memaksimalkan kapasitas, kamu bisa memilih IronWolf Pro 18TB NAS HDD dari Seagate.

HDD NAS berkualitas tinggi ini dirancang untuk bisa aktif terus menerus, guna memastikan bahwa kamu bisa mengaksesnya dengan mudah dan tanpa hambatan di mana pun dan kapan pun. Jika 18TB masih kurang, kamu juga bisa menambahkan 23 HDD NAS lainnya dalam konfigurasi NAS yang kamu memiliki, mengingat HDD NAS yang satu ini telah mendukung konfigurasi dengan jumlah HDD NAS sebanyak itu.

5. Western Digital WD_BLACK 10TB Internal HDD

Tembus 18TB, Ini 7 Media Penyimpanan Terbesar di 2021Western Digital WD_BLACK 10TB Internal HDD (westerndigital.com)

Selain kelas entry-level, diluar sana juga terdapat sejumlah HDD flagship yang cocok digunakan untuk menyimpan game. Salah satu yang terbaik adalah Western Digital WD_BLACK 10TB Internal HDD, yang diklaim bisa menyimpan hingga 40 game AAA, sehingga kamu tidak perlu menghapus game lama ketika ingin memainkan game baru.

Selain itu, meski hanya HDD dan bukan SSD, cache 256MB DRAM dan kecepatan 7200rpm yang dimiliki HDD ini, mampu menjamin jika kamu tidak perlu menunggu lama ketika loading masuk ke dalam game. HDD dari WD ini masih termasuk yang paling cepat untuk digunakan bermain game dalam sesi lama.

6. Lexar PLAY 1TB microSDXC UHS-I Card

Tembus 18TB, Ini 7 Media Penyimpanan Terbesar di 2021ilustrasi Lexar PLAY 1TB microSDXC UHS-I Card (bhphotovideo.com)

Tidak seperti laptop, perangkat mobile seperti smartphone punya kapasitas yang termasuk terbatas. Karenanya, menyimpan banyak game, film atau lagu terkadang tidak cukup karena keterbatasan itu tadi. Untungnya, Lexar menciptakan PLAY 1TB microSDXC UHS-I Card – sebuah kartu microSD dengan kapasitas 1TB yang memungkinkan kamu menyimpan berbagai jenis file, entah itu game, film atau lagu dalam jumlah yang banyak.

Di samping itu, kartu microSD ini juga termasuk kartu dengan Class 10 A2-Rated yang artinya, punya kecepatan baca/tulis di atas rata-rata. Selain HP, kamu juga bisa menggunakan kartu microSD ini di Switch dan GoPro.

7. SanDisk Ultra Dual Drive Luxe 1TB USB Type-C Flash Drive

Tembus 18TB, Ini 7 Media Penyimpanan Terbesar di 2021ilustrasi SanDisk Ultra Dual Drive Luxe 1TB USB Type-C Flash Drive (westerndigital.com)

Pada era di mana penyimpanan cloud merajalela, banyak yang menilai jika flashdisk telah usang dan tak layak digunakan lagi. Padahal, flashdisk masih jadi salah satu media penyimpanan terbaik untuk memindah file dari satu perangkat ke perangkat lain. Dari sekian banyaknya yang ada saat ini, SanDisk Ultra Dual Drive Luxe 1TB USB Type-C Flash Drive jadi salah satu yang direkomendasikan untuk dibeli.

Alasannya simpel yaitu flashdisk yang satu ini punya kapasitas 1TB yang luas dan cocok untuk digunakan memindah file dengan ukuran besar seperti video 8K. Tidak hanya di laptop dan PC, flashdisk ini juga bisa digunakan di HP via OTG.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa media penyimpanan terbesar untuk dibeli di 2021. Tertarik dengan salah satu media penyimpanan di atas?

Baca Juga: 7 HDD dan SSD Terbaik untuk Penyimpanan Ekstra di PS5

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya