6 Trik Sederhana Hemat Data Seluler iPhone

#ANGPOIN Mengurangi pemborosan data lho!

Boros data seluler merupakan momok bagi semua pengguna ponsel modern, tak terkecuali yang berbasis iOS macam iPhone dan sejenisnya. Untuk ponsel besutan Apple itu, ada beberapa trik yang bisa ditempuh untuk mengurangi pemborosan data seluler, atau paling tidak bisa meminimalisir penggunaan data yang tidak perlu.

Bagaimana? Berikut beberapa trik sederhana untuk menghemat data seluler pada iPhone. Simak ulasannya!

1. Matikan off background app refresh

6 Trik Sederhana Hemat Data Seluler iPhonetechentice.com

Ketika diaktifkan, fitur ini berguna agar aplikasi smartphone bisa mendapat update informasi tanpa terlalu menghabiskan daya perangkat. Namun, tak semua aplikasi ini perlu senantiasa update.

Untuk iPhone, kamu bisa mematikan fitur dengan klik Settings > General > Background App Refresh. Kamu bisa mematikan fitur ini pada semua aplikasi atau kamu bisa memilih aplikasi tertentu.

2. Matikan aplikasi yang menyedot banyak data

6 Trik Sederhana Hemat Data Seluler iPhonerd.com

Ada aplikasi-aplikasi tertentu yang menyedot banyak data dibanding yang lainnya, meski kamu tidak terlalu sering menggunakannya. Untuk aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan, matikan saja data selulernya. Caranya dengan klik Settings > Cellular > kemudian matikan aplikasi pada "Use Cellular Data For."

3. Matikan app updates

6 Trik Sederhana Hemat Data Seluler iPhoneapowersoft.com

Jika fitur apps update aktif, ponselmu akan secara otomatis melakukan unduh aplikasi meski tidak terhubung Wi-Fi. Matikan saja fitur iPhone ini, klik Settings > iTunes & App Stores > matikan fitur apps update. Sehingga, aplikasi pada iPhone hanya akan update jika terhubung Wi-Fi.

Baca Juga: 6 Trik Jitu Hasilkan Foto Menarik Setara DSLR Pakai Ponsel iPhone

4. Matikan Wi-Fi assist

6 Trik Sederhana Hemat Data Seluler iPhoneconfluence.bruford.ac.uk

Fitur Wi-Fi assist secara otomatis akan menyedot data seluler ketika jaringan Wi-Fi lemah. Untuk mematikannya di iPhone, kamu bisa klik Settings > Cellular > matikan Wi-Fi Assist.

5. Matikan iCloud drive

6 Trik Sederhana Hemat Data Seluler iPhonerd.com

Ketika fitur iCloud diaktifkan, maka dokumen apa pun yang ada di ponselmu akan masuk ke dalam cloud. Untuk menghemat penggunaan data, matikan saja iCloud. Pada iPhone, kamu bisa mematikannya dengan klik Settings > iCloud > matikan iCloud Drive. Selanjutnya, dokumen-dokumen di ponsel bisa dialihkan ke memori penyimpanan internal atau pun eksternal.

6. Batasi streaming musik dan video

6 Trik Sederhana Hemat Data Seluler iPhonerd.com

Tanpa sadar, kegiatan streaming musik, podcast, atau nonton video bisa sangat banyak menyedot data. Namun, baik ponsel iPhone atau Android bisa dilakukan pembatasan hanya dengan Wi-Fi. Pembatasan itu akan membuatmu hanya bisa mengunduhnya jika terhubung ke jaringan Wi-Fi, selain hemat data, kamu bisa mendengar musik dengan gratis.

Nah, itu tadi beberapa trik sederhana agar kamu bisa menghemat data seluler di iPhone. Sudahkah kamu mencobanya? Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Fitur di Ponsel Android Ini Mirip dengan iPhone XS Max

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You